“Menurut gue tuh, Wilo kalah cantik sama gue.”
Becca, Hanna, dan Tama udah capek banget, mental mereka lemah, fisiknya udah mau pergi dari posisi mereka sekarang.
Gavin dengan wajah seriusnya, mulut mengunyah kuaci, dan tangan yang menyisir rambut—lagi-lagi berbicara soal omong kosong, memang udah khasnya.
“Iya, Vin.” Ujar Tama, ngangguk-ngangguk aja.
Gavin mengernyitkan dahinya, menatap Tama dengan picingan, “Vin?????” Sinisnya.
“?? Ya kan nama lu Gavin.”
“Princess.”
“Gue doain lu mati abis dari kantin, Vin, bangsat.”
“PRINCESSNYA MANA????!?!?!”
Gavin menggerakan tangannya kesal, payah banget main basket satu ronde doang tangannya langsung pegel, udah gitu kalah lagi. Gavin jadi nyesel udah nantangin Al, mana taruhannya kalau yang kalah harus traktir marugame udon. Tekor deh dia.
Hari ini Gavin harus les di inten, makanya tadi Gavin main basket dulu biar gak usah pulang jadi langsung menuju ke tempat lesnya aja, deh.
Mamanya Gavin emang maksa dia buat masuk peminatan yang condong ke IPA, walau sebenernya Gavin ngincer sosiologi buat masuk ke kriminologi UI. Tapi yaaa gimanaa? Mamanya kekeuh mau masukkin Gavin ke ITS atau ke UB dengan jurusan teknik atau kedokteran.
Gavin juga awalnya mau banget masuk SMAN 55 aja ketimbang masuk sekolah swasta mahal yang dia tempatin sekarang, apalagi abang-abangnya sekolah di situ, ya Gavin makin mau. Bahkan Gavin udah daftar lewat jalur prestasi yang nilai akhirnya cukup besar karena dia pernah menangin lomba basket sama lomba lari marathon, tapi Gavin akhirnya gak lapor diri jadi dia gagal masuk SMA tujuanya. Alasannya? Lagi-lagi sayangnya, mamanya Gavin gak suka kalau Gavin masuk ke SMA negeri yang berfokusnya ke jalur undangan rapor buat ke universitas, mamanya Gavin juga gak suka sama sekolah negeri yang gurunya suka semena-mena karena dibayar pemerintah, mamanya Gavin pokoknya gak suka.
Iya, seluruh hidup Gavin itu adalah keterpaksaan.
Mama sama ayahnya cerai begitu ia menginjak usia 15 tahun, masa-masa satu tahun pertama SMP nya di sekolah favorit jadi gak berkesan buat Gavin, bahkan Gavin selalu berharap buat dirinya bisa melompat dari usia 15 tahun langsung ke 16 tahun aja saat itu.
Mama dan ayah ribut besar, ayah kepala sekolah di SMA favorit di Jakarta Selatan, dan itu salah satu alasan terbesar kenapa mama gak suka sama kualitas dari guru di SMA negeri.
Karena ayah adalah manusia yang semena-mena.
Dan Gavin akan selalu membenci ayahnya yang bahkan gak pernah mencoba berhubungan lagi dengan Gavin setelah Mama dan ayah pisah.
Gavin sayang mama, mama udah melewati dua perceraian dalam hidupnya. Gavin gak tau wajah papa—ayah kandungnya gimana, gak tau juga kenapa sama papa cerai, mama gak pernah bahas atau bahkan ngejelek-jelekkin papa.
Tapi Gavin tetep gak suka sama papa. Kenapa sih papa harus ninggalin mama dan bikin mama hidup sama ayah?
Pulang dari les inten, Gavin jadi kepikiran. Mama pernah gak ya punya mimpi selain menjadi mama dan pekerjaannya sekarang yang ngebuat mama lembur terus?
“Assalamualaikum, Gavin pulang.” Gavin meilirik jam dinding, pukul delapan malam. Semoga mama gak lembur lagi, harapnya.
“Waalaikumsalam. Ayo makan.” Terlihat mama turun dari lantai atas, membuat Gavin membentuk senyumnya.
Tanpa mengganti pakainnya, Gavin menaruh ranselnya di sofa, mendudukkan bokongnya di kursi meja makan, berhadapan dengan mama. Gavin mengambil nasi, memilih lauk, lalu membuka perbincangan,
“Mama. Aku.. penasaran, deh.” Ucapnya.
Mama mendongak, “penasaran sama apa?”
Gavin berdehem, “sama papa.”
“YA ALLAH SHOPEE COCOKI STRESS AKU AMPE SESEK. PEGANG DADAMU ADA GARUDA DI DADAMU? ADA! ADA! ADA! MANA MATAMU? MATA KIRI MATAKU. MATA KANAN MATAKU. MATA-MATA. MANK BOLEH TIAP HARI SE—‘palungnya ngga terlalu dalem kok’ INI? MAS PANDU TOLONG DIJAWAB~”
Juan menghela napas gusar, lelah.
“Gavin, udah please.” Kata Yura, kepalang lelah jadi cuma bisa menegur. Padahal biasanya Yura rela memukul si ketua kelas bawelnya itu.
“Princess Gavin.” Balas Gavin.
Hanna udah murka. Ini lagi belajar fisika, terus disebelah lu ada orang modelan Gavin, coba kasih alasan ke Hanna buat gak mukul Gavin.
“ADAW SHOPEE COCOKI” Gavin mengelus-elus bagian lengannya yang menjadi korban pukulan si Hanna, bibirnya dimanyunkan.
Hanna sebenernya pengen pukul lagi, tapi Ashel keburu ketawa lepas ngeliat kelakuan Gavin. “AHAHAHAHAHAH lucu banget kesakitannya malah ngomong gitu.”
Gavin menggelengkan kepalanya, lalu berdehem samar. “gue nyerah jadi princess kalau ternyata jodoh gue princess begini.”
Arkan ketawa renyah.
Sedangkan Juan, Becca, Hanna, Yura yang masih ngerjain laporan praktek fisika:
KAMU SEDANG MEMBACA
where shale stayed [revisi]
FanficDo you find yourself comfortable, Shale? About Shale, friends, and every coincidence that leads her to Raven. teen-romance-slice of life-comedy-chick lit