Chris membuka pintu apartemennya dan membiarkan Oat masuk terlebih dahulu. Oat sangat pendiam sepanjang perjalanan pulang. Untuk pertama kalinya, dia benar-benar mengerti bahwa dia telah bertindak terlalu jauh dan Forth kali ini serius: dia sudah selesai dengan Oat. Oat melepas sepatunya dan merosot ke dalam kamar.
"Kenapa dia harus begitu marah?" Oat akhirnya berkata. "Kita hanya bermain-main dengannya. Bagaimana aku tahu bahwa dia benar-benar akan mengajak pria itu berkencan?"
"Hanya itu yang kau lakukan untuk mengganggunya, Oat. Kau agresif dan menyebalkan." Chris berkata dengan suaranya yang rendah dan tenang.
Chris melepas sepatunya juga dan memasukkan kakinya ke dalam sandal yang biasa dia pakai di sekitar rumah. Dia melepas jaket tekniknya untuk memperlihatkan kemeja putih polos yang terlalu ketat di otot besarnya.
"Astaga, Chris. Pakai itu." Oat merajuk sambil memandangi lengan Chris. Chris berbalik dan melihat Oat menatapnya. Alih-alih mengenakan kembali kausnya, ia melenturkan otot-ototnya dan mulai menggerakkan otot-otot dada. Oat mendengus dan membuang muka sementara Chris tertawa.
Oat kembali mengeluh tentang Forth sementara dia duduk di lantai di meja Chris tempat mereka biasanya belajar. Chris mulai mengeluarkan buku dan catatannya dari tasnya saat Oat mengeluh.
"Aku tidak percaya dia menyuruhku untuk tidak ikut campur dalam hidupnya! Aku adalah teman pertamanya di universitas ini dan ini adalah ucapan terima kasih yang kudapat!"
"Keluarkan catatanmu, Oat."
Oat mengeluarkan catatannya tanpa henti dalam keluhannya.
"Aku hanya mencoba membantunya dengan mencarikannya teman dan mencoba membuatnya bersenang-senang dan lihat apa yang terjadi. Dia meledak di depan wajahku!"
"Shia, Meung!" Chris berbicara dengan suaranya yang lebih keras dan tegas, membuat Oat langsung terdiam. "Apa kau pernah berpikir bahwa Forth tidak menginginkan bantuanmu dalam 'mencari pasangan'?" Dia bertanya.
"Tapi itulah gunanya teman-"
"Tidak, Oat." Chris memotongnya. "Kau melewati terlalu banyak batasan. Dan kau benar-benar perlu belajar bagaimana menerima isyarat sosial. Perhatikan teman-temanmu. Lihatlah bahasa tubuh mereka. Lihatlah mata dan gerakan tangan mereka. Orang-orang juga berbicara seperti itu, kau tahu."
Oat tampak bingung ketika Chris berjalan mendekat dan duduk di sampingnya di lantai di depan sofa.
"Itu salahmu sendiri kalau Forth marah padamu. Kau perlu belajar bahwa 'tidak' berarti persis seperti itu. Artinya tidak. Jika seseorang diam-diam menyuruhmu diam, maka lakukanlah. Diam. Berhenti bicara. Hanya itu. Situasinya memalukan jadi aku benar-benar merasa kasihan pada Forth. Memang benar, tidak ada yang memaksanya untuk benar-benar melakukannya, tapi harus kau akui, kita memberikan banyak tekanan padanya. Kita telah mempermalukannya bahkan sebelum dia memintanya."
"Aku juga malu! Aku hampir menjatuhkan semua minumannya. Dia mendorongku tepat di tengah kantin." Oat membungkuk dengan punggung menempel di sofa.
"Sejujurnya, jika itu aku, aku juga ingin memukulmu." Chris berkata dengan nada datar sambil meletakkan buku dan catatannya di atas meja.
"Apa-?" Oat tampak kaget sambil mendorong kacamata besar berbingkai hitamnya. "Lalu...kenapa kau melindungiku?"
Chris mendongak dari buku teks yang dia buka di sebelah catatannya.
"Di atap. Dia hendak memukulku. Kenapa kau melindungiku jika kau ingin memukulku juga?" Oat bertanya.
"Aku juga menanyakan pertanyaan itu pada diriku sendiri." Dia menggelengkan kepalanya. "Kau benar-benar tidak menyadarinya."
KAMU SEDANG MEMBACA
JUST BY CHANCE (TAMAT)
Storie d'amoreBeam jatuh cinta pada Forth sejak tahun pertama mereka di universitas. Semua berawal ketika bertemu selama kontes Bulan dan Bintang. Namun Forth yang dingin, tidak pernah menyadarinya. Sekarang, mereka telah berada di tahun kedua, tapi segalanya m...