06. Awal dari hubungan mereka

64 5 2
                                    

[ dia bilang, “gue suka sama lo. Jadian yuk? ]

===

Pada akhirnya Reva malah menginap di rumah Jendra karena Faranisa tak mengizinkannya untuk pulang. Bahkan wanita itu menelpon Ibunya Reva untuk meminta agar Reva diizinkan menginap, kebetulan juga besok hari Sabtu dan sekolah libur karena sistem full day school.

Karena Reva menginap, maka Jendra tidur bersama Hasan dan kamarnya Jendra akan dipakai oleh Reva. Jendra membereskan beberapa baju-baju berserakan di kamarnya dan Reva duduk di atas kasur menunggu hingga pacarnya itu keluar. Kaki Reva yang terkilir juga sudah diurut oleh Faranisa dan setelah itu ia mandi. Faranisa memberikannya set pakaian baru yang seperti kata Jendra memang sering dibeli oleh Faranisa kalau membelikan pakaian untuk anak-anaknya.

Mencoba mengabaikan Jendra, Reva menatap sekeliling kamar Jendra. Kamar khas anak laki-laki pada umumnya. Ada laptop di atas meja belajar, rak buku yang isinya kebanyakan adalah komik serta lemari di samping ranjang queen size yang ia duduki. Kamar mandi plus toilet di sudut ruangan dan juga beberapa peralatan game lainnya. Bahkan karpet bulu di depan peralatan game itu serta beberapa toples camilan di bawah laci di sana. Mungkin Mada serta Ilyas sering mampir untuk bermain game makanya disediakan camilan di sana.

“Lo enggak nyimpen komik porno, ’kan?” tanya Reva tiba-tiba.

Jendra langsung berhenti merapikan baju-bajunya yang berserakan. Pemuda itu menatap Reva dengan tatapan horor. “Sembarangan. Kalo gue nyimpen yang begituan yang ada dikebiri sama Mama! Lagian aneh-aneh aja deh, masa nanyain itu sih?” sungut Jendra.

Reva mengangkat bahunya. “Kirain. Biasanya cowok ’kan suka tuh yang begituan. Oh, atau jangan-jangan lo nyimpen videonya di laptop?” tuding Reva lagi.

“Astaghfirullah, enggak. Mana berani gue, Re. Sesesat-sesatnya gue, mana berani nyimpen yang begituan. Jangankan Mama, Ilyas kalo tau bisa diceramahin dua puluh empat jam guenya,” ucap Jendra.

Reva mengangguk paham. “Bagus deh lo ada temen modelan Ilyas. Biar enggak nimbun dosa. Mada noh, kalo bisa biar ikutan tobat.”

“Dia ’kan kristen, Re. Tobatnya dia sama kita beda. Masa nyuruh Mada masuk Islam dulu baru diajakin tobat bareng-bareng?” balas Jendra dengan niat bercanda.

“Emangnya di kristen enggak ada tobat? Bisa ’kan dia ke gereja trus tanya-tanya sama pendeta di sana cara tobat. Kebanyakan temenan sama lo sih makanya jadi enggak bener anak orang,” ucap Reva.

“Iya deh. Nanti gue tanyain ke dia. Suruh dia tobat biar dosanya enggak banyak-banyak amat. Eh!” Jendra menatap Reva dan berkata lagi, “kalo gitu kita kudu putus dong. Soalnya pacaran ’kan enggak boleh dalam Islam. Argh! Gue enggak mau putus, Re. Nikah aja yok. Besok!”

Reva melemparkan guling ke arah Jendra dengan kesal. “Nikah pala lo! Gampang banget tuh mulut ngomong nikah. Lo kira nikah kayak ngajakin liburan langsung ngomong besok? Masih sekolah, Jen. Gue juga mau kuliah abis itu kerja. Mau nikmatin masa muda gue dulu. Puas-puasin dulu sama hidup trus baru deh nikah. Itu juga belum tentu sama lo.”

Jendra langsung menghempaskan baju-baju yang ia kumpulkan dan duduk di samping Reva. “Kok gitu?” tanya Jendra tak terima.

“Naik darah gue yang ada kalo nikah sama lo. Pacaran aja udah sering emosi apalagi nikah sama lo!” balas Reva.

Jendra berdecih kesal. Kedua terdiam dalam lamunan masing-masing sampai Jendra bersuara.

“Lo inget enggak awal kita pacaran?”

Reva mengangguk. “Inget. Gue sampe sekarang bertanya-tanya kok bisa gue terima tuh pernyataan cinta lo yang kayak ngajakin jajan bocah,” ucapnya tak habis pikir.

Jendra terkekeh kecil. Ia ingat bagaimana ia mengajak Reva berpacaran dulu. Saat itu hari pertama mereka masuk SMA setelah menyelesaikan MPLS. Jendra bahkan hanya bertemu dengan Reva sekali saat MPLS karena saat itu Reva terkena hukuman sebab tak membawa papan namanya dan Jendra kebetulan berbaris di paling depan. Ia bisa melihat bagaimana raut wajah kesal Reva kepada semua panitia MPLS.

“Pertama kali gue ngeliat lo tuh pas lo kena hukum enggak bawa papan nama trus di suruh berdiri di depan semua peserta MPLS. Gue kebetulan baris di paling depan, mungkin bisa dibilang beberapa orang aja dari depan lo,” ucap Jendra.

Reva menatapnya dan kemudian menyahut, “gue pertama kali ngeliat lo waktu disuruh minta tandatangan panitia. Waktu itu kalo enggak salah gue mau minta tandatangan ketua panitia dan enggak sengaja ngeliat lo manjat pager sambil bawa cilok sebungkus. Abis itu lo diteriakin sama panitia.”

“Hahaha ... serius? Gue enggak ngeliat lo soalnya panik dikejar-kejar panitia. Takut cilok gue dimintain,” ucap Jendra.

“Mereka juga bawa duit sendiri kali, Jen. Ngapain malakin anak baru?” balas Reva.

Jendra tertawa dibuatnya. “Abis itu tepat di hari pertama sekolah lo malah narik gue ke koridor yang cukup rame dan tiba-tiba ngajak pacaran. Gue kira lo cuma bercanda atau lagi taruhan sama temen lo. Makanya gue terima biar lo enggak kena hukuman eh taunya beneran sampe sekarang hubungan kitanya,” ucap Reva lagi.

“Oh, itu? Sebenarnya gue enggak sengaja ngeliat lo trus karna gue inget ya udah gue tarik aja lo ke sana. Ucapan gue juga spontan keluar aja ngajakin lo pacaran. Gue kira bakal ditolak taunya malah diterima dan malah awet sampe sekarang,” ucap Jendra.

Keduanya mengingat bagaimana saat itu Jendra mengatakan dua kalimat yang siapa sangka akan membuat keduanya bertahan dalam hubungan yang menurut keduanya lucu.

“Gue suka sama lo. Jadian yuk?”

Itulah yang dilontarkan oleh Jendra kepada Reva saat itu. Siapa sangka, Reva malah menerimanya dengan menjawab, “oke.”

Banyak murid yang melihatnya dan berkata mungkin tak sampai seminggu, keduanya akan putus. Nyatanya hubungan keduanya bertahan lebih dari dua tahun. Jika mereka lulus tahun ini, maka hubungan mereka akan memasuki usia tiga tahun.

“Re ... ”

Reva menoleh seolah menunggu Jendra melanjutkan ucapannya. Pemuda itu malah tersenyum dan berkata, “ ... nungguin, ya?”

Reva mendatarkan tatapannya dan menendang Jendra hingga jatuh tersungkur ke lantai. “Buruan keluar. Gue ngantuk!” seru Reva.

Jendra tertawa dan kemudian memungut pakaiannya yang berantakan dan membawanya keluar kamar. Ia akan meletakkannya ke mesin cuci di lantai bawah. Sebelum menutup pintu kamarnya, ia memanggil Reva lagi. Gadis itu hanya menatapnya dengan tatapan malas.

“Mimpiin calon suamimu ini, ya?” ucap Jendra dengan nada genit.

“Jijik, Jen! Minggat sono!” seru Reva.

Jendra tertawa terbahak-bahak dan kemudian menutup pintu kamarnya meninggalkan Reva yang langsung menutupi dirinya dengan selimut. Pipinya memerah.

Di luar kamar, Jendra masih terkekeh geli sampai membuat Hasan yang kebetulan dari dapur untuk mengambil segelas air pun menatapnya heran.

“Kenapa, Bang? Kesurupan lo?” tanya Hasan.

“Iya. Kesurupan pengen nikah,” balas Jendra.

“Bilang Papa gih. Siapa tau nanti kena jitak soalnya ’kan lo masih sekolah, Bang. Pikirannya malah pengen nikah mulu. Kayak Kak Reva mau aja ama lo,” balas Hasan.

“Jomblo iri aja. Makanya cari pacar sana,” ucap Jendra.

“Males ah. Cewek kebanyakan maunya. Mending nanti aja,” tolak Hasan.

Jendra menatapnya geli. “Jadi bujang lapuk baru tau lo,” ucapnya mengejek adiknya.

“Pengen ta'aruf aja. Biar keren,” ucap Hasan yang kemudian meninggalkan Jendra untuk masuk ke kamarnya sendiri.

“Ini si Hasan adek gue apa adeknya Ilyas sih?” ucap Jendra bergumam kecil.

===

to be continued.

[END] A Match Made in Chaos Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang