[ dia bilang, “terserah.” ]
===
Jendra berjalan melewati ruang tamu dimana sang Ibu—Faranisa sedang mengajarkan anak bungsunya—Hasan tugas sekolahnya. Faranisa yang mendapati anak sulungnya dengan penampilan rapi pun bertanya, “mau kemana kamu malem-malem begini? Ngapelin Reva, ya?”
Jendra tersenyum lebar dan menghampiri Faranisa. Ia memeluk Ibunya dan kemudian mengecup singkat pipi wanita itu. “Iya nih. Menantu Mama itu tadi ngode posting gambar seblak di Instagram. Sebagai pacar yang baik, Jendra kudu peka dong. Mau ngajakin Reva makan seblak di warung deket taman kulineran,” jawabnya.
Faranisa tersenyum kecil dan menjawab, “bisa banget deh. Memang persis kayak Papa kamu yang peka sama semua kodenya Mama waktu pacaran dulu.”
Jendra menepuk dadanya dengan bangga. “Jelas dong. Anaknya nih!” ucapnya.
Hasan mendongak dan menyeletuk, “beliin bolu pisang kalo balik, Bang.” Jendra menatap Hasan dan menjawab, “makan mulu. Abangnya enggak pernah dikasih kalo makan bolu pisang. Heran deh, pelitnya nurun siapa sih?”
Hasan menatap Jendra dengan tatapan malas. Faranisa pun menengahi. “Udah deh. Oh, Mama nitip martabak manis rasa kacang ya, Bang.”
Jendra menatap Faranisa dengan tatapan seolah-olah tersakiti. “Astaghfirullah, Mama. Abang tetep dijadiin kurir ternyata. Jahat nian dirimu, Ibunda Ratu!” ucapnya dengan penuh drama.
“Bang, mending pergi deh. Nanti Kak Reva ngamuk gara-gara lo telat.” Hasan menimpali.
Jendra langsung menatap Hasan dan berkata, “orang dia aja enggak tau gue mau ke sana. Hahahaha!” Faranisa menggelengkan kepalanya pelan. “Nanti kamu malah kena amuk dia gara-gara datang enggak ngabarin. Mana mau ngajak makan seblak lagi. Pasti dia ngamuk gara-gara kamu ngajak pergi dianya enggak dikasih waktu siap-siap,” ucapnya.
Jendra tersenyum lebar. “Bagus dong.”
Hasan menatap Jendra dengan tatapan datar. “Emang hobi banget deh bikin Kak Reva kesel,” ucapnya.
Jendra tertawa geli dan kemudian pamit pergi. Faranisa tersenyum kecil dan kemudian menatap anak bungsunya. “Mama waktu hamil Abang tuh ngidam apa sih? Kesian Kak Reva, emosi mulu gara-gara abang.” Hasan berkata.
Faranisa terlihat berpikir sejenak sebelum membalas dengan senyuman kecil, “waktu hamil Abang tuh Mama lagi nyelesain tugas akhir S2 Mama kalo enggak salah. Trus suka emosi gara-gara dosen pembimbing Mama yang suka banget ngasih revisi.”
Hasan menggelengkan kepalanya takjub. “Pantesan kelakuan Abang tuh ajaib. Rupanya otaknya konslet gara-gara Mama stres bimbingan, ya.”
Faranisa menyentil keningnya Hasan dan berkata, “sembarangan aja. Udah kerjain lagi yang bener. Tadi udah Mama ajarin cara sama rumusnya.”
===
Jendra tersenyum ketika pintu dibuka oleh Ibunya sang pacar. Nidya Paramitha, di hadapan Jendra terlihat menatapnya dengan tatapan bingung. Wanita itu masih memakai daster dan juga roll rambut.
“Paketnya, Tante. COD atas nama Reva,” ucap Jendra dengan senyuman.
Nidya menatapnya geli. “Ada-ada aja kamu ih. Mau nyari Reva, ya? Kok Reva enggak bilang kalo kamu mau mampir?” tanyanya.
Jendra membalas, “Jendra mau ajak anak Tante makan seblak. Soalnya dia ngode posting di Instagram. Jendra ke sini juga enggak ngabarin dia. Mau ngasih surprise buat Reva.”
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] A Match Made in Chaos
أدب المراهقين[ B E L U M R E V I S I ] Sudah tahu kalau kesabaran Reva itu setipis tisu yang terkena air lalu dibelah-belah lagi jadi tujuh bagian, Jendra malah hobi sekali membuatnya pacarnya itu mengamuk. Herannya, hubungan mereka sudah berjalan dua tahun lebi...