Halo.
Lembar ini disediakan untuk memberi catatan, peringatan, dan konteks panjang lebar yang tidak efektif bila diletakkan pada catatan cerita.
Begini rangkumannya:
1. Segara Operation telah ditulis, setidaknya di kepala saya, sejak tahun 2022. Judul awalnya adalah Adicita Operation, namun nama "Adicita" akhirnya saya gunakan di karya fiksi saya yang lain karena konsep cerita ini tidak kunjung rampung. Maka, cerita ini tidak ada hubungannya dengan kontestasi politik 2024 dan seterusnya.
2. Cerita ini adalah karya fiksi dengan sedikit tujuan edukasi hanya agar kita lebih mengerti apa yang terjadi dalam kancah perpolitikan dan sebab-akibatnya. Cerita ini tidak ditujukan untuk menjatuhkan atau meroketkan nama pihak manapun. Seluruh aspek dalam cerita ini, kalau toh mirip dengan kejadian nyata, adalah bagian dari inspirasi atau kebetulan semata.
3. Cerita ini tidak berusaha membongkar atau mengungkapkan apa-apa, benar-benar fiksi belaka. Substansi di dalamnya saya siapkan matang-matang supaya jauh sejauh-jauhnya dari kepentingan pribadi saya betapapun saya tidak bisa berlepas diri dari berbagai bias sudut pandang.
4. Tidak, saya tidak berencana menjadi pahlawan atau "pembuka mata" atas apapun dalam konteks apapun. Bagi saya, kapabilitas untuk memahami suatu substansi sangat dipengaruhi oleh eksposur. Kadang-kadang orang gagal memahami bagaimana cara menangani orang yang sedang pingsan bukan karena dia bodoh, tapi karena orang di sekitarnya tidak pernah pingsan dan dia sendiri belum pernah melihat orang pingsan. Paling jauh, karya fiksi ini hanya sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran kita tentang bagaimana politik bekerja dan mempengaruhi kita semua. Perkara apakah pembacanya akan mendapatkan kesimpulan yang sama dengan yang saya rencanakan adalah sesuatu yang sama sekali di luar kendali saya.
5. Saya tidak menutup diri dari berbagai kritik dan koreksi, justru potensi kesalahan saya besar sekali. Mohon jangan ragu dan sungkan apabila ingin memberikan pendapat :)
Baik, sudah. Singkat saja.
Selamat berpetualang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Segara Operation
General FictionSelain kantor pemerintahan, Segara adalah tempat paling rawan skandal yang pernah kuketahui. Ada anak anggota dewan di kamar asramaku, anak pengusaha perusahaan furnitur di organisasiku- lalu di sudut-sudut lain ada penerus tunggal perusahaan pangan...