"kesedihan itu ialah ketika kamu mencintai seseorang yang tak memikirkan cintamu" ~Gayatri Kencono
🕰️Selamat Membaca🕰️
-
-
-
-
-"
Ayu!!"
_______________
Ayu yang bersiap siap menaiki kereta pun mengurungkan niatnya sejenak. Ia menoleh ke belakang.
Panggilan itu ternyata berasal dari seorang gadis berambut pendek berwarna coklat dengan gaun pendek seperti gaun gadis gadis saat pesta zaman modern namun gaun nya terlihat sangat tradisional.
Gadis itu segera berlari kecil menghampiri Ayu.
"Ayu!! Sudah lama aku tidak berjumpa dengan mu! Bagaimana kabarmu? Apakah kau masih menjalin hubungan dengan tuan Hendra? Oh astaga aku dengar kau akan segera bertunangan!" Heboh gadis itu membuat raut bertanya tanya diwajah Ayu.
"Siapa anda?"
Gadis yang tadinya tersenyum lebar seketika senyum itu meredup. Lalengka yang melihat kejadian itu dari dalam kereta segera turun untuk menengahi nya.
"Sebelumnya maaf Gayatri... Ayu mengalami hilang ingatan beberapa minggu yang lalu. Jadi mohon dimaklumi atas pertanyaan yang dilontarkan Ayu tadi" jelas Lalengka kepada gadis berambut coklat yang bernama Gayatri.
Gayatri segera memeluk tubuh Ayu dan menangis. "Apa yang terjadi dengan mu Ayu?! Bagaimana bisa kau hilang ingatan? Apakah kau juga melupakan kenangan kenangan kita bersama saat kecil?!" Tanya Gayatri dengan raut khawatir.
Ayu mengangguk pelan mendengar pertanyaan Gayatri. Gayatri seketika menghentikan tangisan nya kemudian murung.
"Apakah besok kamu memiliki waktu luang, Ayu?" Tanya Gayatri.
"Hmm, sepertinya ada" jawab Ayu.
"Datanglah ke ujung selatan dari benteng Vredeburg saat matahari berada di puncaknya" pinta Gayatri.
"Baiklah, aku pergi dulu, sampai jumpa besok" Ayu melambai lambaikan tangan nya. Gayatri membalas lambaian itu.
Ayu pun masuk ke dalam kereta. Kereta pun melaju pergi meninggalkan kediaman tuan Wilder.
Gayatri memandangi kereta kuda itu hingga hilang seiring waktu.
"Apakah perasaan Ayu masih sama seperti dulu? A-aku harus mengatakan hal ini besok, aku tidak ingin terus terusan mengalami sakit hati" monolog Gayatri dengan mata berkaca kaca.
*********
"Mbak..." Panggil Ayu. Lalengka seketika menoleh ke arah Ayu.
"Kenapa?" Tanya Lalengka dengan nada ketusnya.
"Gayatri siapa?" Tanya Ayu dengan wajah penasaran.
Lalengka menghela nafas pendek. "Gayatri adalah teman masa kecilmu sekaligus teman dekatmu. Gayatri, Herman, Hendra dan kamu dulunya adalah sahabat karib, namun semua itu berubah saat kalian beranjak remaja. Mbak Dinda berkata kepada bapak untuk menjauhkan mu dari Gayatri karena Gayatri hanyalah anak di luar nikah ibunya dari prajurit Belanda, katanya ibu Gayatri di perk*sa oleh prajurit Belanda saat remaja. Dan Ayah Gayatri tidak mengakui nya dan mengusir Gayatri kecil dan ibunya. Beruntung sekali nasib Gayatri sekarang, ibunya berhasil menikah dengan seorang pangreh praja terdahulu sebelum Herman, hidup Gayatri yang awalnya sangat miskin dan sederhana mulai berubah.
Namun ingatan masyarakat tentang kelahiran Gayatri membuatnya dikucilkan dan tidak ada yang menghormati nya sebagai anak pangreh praja. Berbeda dengan kamu yang malah berteman dengannya, bahkan saat bapak dan mbak Dinda melarangmu, kamu masih bertemu Gayatri diam diam hingga akhirnya kalian tidak bertemu kembali setelah kamu koma" jelas Lalengka panjang lebar dengan nada malas.
"Kenapa mbak Dinda jahat sekali ingin menjauhkan ku dari Gayatri? Bukankah hal yang dialami oleh ibu Gayatri sekaligus kelahiran Gayatri tidak disengaja," tanya Ayu yang kebingungan.
"Ternyata sentimen masyarakat Nusantara modern dan kuno sama saja. Sama sama membenci orang yang lahir di luar nikah, padahal itu juga bukan keinginan sang wanita jika diperk*sa" batin Ayu.
"Kamu belum waktunya mengetahui watak asli dari mbak Dinda, Ayu..." Batin Lalengka.
Bersambung......
1. Kenapa Gayatri merasakan sakit hati?
2. Apa yang disembunyikan oleh Lalengka?
Oke Liderss tersayang.... Aku sudah menepati janji ku dengan triple update, mohon maklum jika alur nya lambat, karena author pengen ngebuat nya rada detail.
Author bakal rajin update 1 Minggu sekali ya!! Setiap malam Sabtu🤓 pantengin aja ya...
See you next time😘
KAMU SEDANG MEMBACA
Ku Pegang Janjimu Tuan Meneer
Historical Fiction[Hanya Karya Fiksi Semata📍] 🔑Hanya Mengambil Beberapa Sampel Sejarah🔑 {Sinopsis} 📜🕰️Terjebak dalam perjalanan waktu dan mendarat di era penjajahan kolonial Belanda di Nusantara. Apa yang akan terjadi ketika jiwa dari masa modern bertemu dengan...