Kabar Gembira
Setiap orang senang jika di kabarkan dengan hal yang membuat hati senang, kabar tersebut biasanya berisikan hal-hal yang tak terduga-duga. Kadang mengagetkan kadang juga biasa saja. Tergantung bagaiamana orang menyikapinya.
Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kebahagiannya masing-masing, jangan sesekali kalian menilai orang itu sesuai dengan standar kalian. Manusia itu universal, dia bisa dan bole melakukannya sesuai apa yang dia suka, selagi tidak merugikan diri kamu dan orang lain.
Belajar untuk tidak julid dan iri terhadap kebahagian orang lain adalah hal yang sulit dilakukan oleh generasi sekarang ini. Jangankan melihat mendengar dari teman saja hatinya sudah mulai mengerutu tidak karuan, ingin sekali mulut sampah ini mendoakan yang buruk untuk meregut kebahagian.
Beberapa minggu berlalu, pertanda bahwa kegiatan Raimuna Nasional Sudah semakain dekat, dimana semangat dalam jiwanya sudah sangat membara.
Jumat, seperti bisa latihan dilaksakan pada pukul 14.00 dilapangan sekolah. Arnold pada saat itu sangat senang sekali, karena yang ditunggu-tunggu setiap minggunya.
"Bukan aku alay, tapi aku bahagia dengan ikut pramuka" batin Arnold.Sepulang sekolah, Arnold mempelajari kembali materi yang disampaikan oleh guru di sekolah termasuk materi kepramukaan. Dia ingin bisa menguasai materi kepramukaan itu dan dia menebak-nebak materi apa yang akan di berikan nanti pada saat latihan.
Latihan pun tiba, Arnold datang dengan penuh semangat, sesampainya di sekolah dia langsung duduk dan masuk kedalam ruangan. Hari ini adalah kegiatan indoor yaitu materi, sepertinya ada yang menganjal. Materi hari ini disampaikan oleh kak Natasya, beliau menjelaskan mengenai sejarah kepramukaan dunia
"Sejarah pramuka dunia sudah ada sejak dahulu kala, bapak pramuka dunia adalah Lord Robert Stephenson Smyth Baden-Powell namun lebih dikenal dengan BP. Baden powel lahir pada tanggal 22 Febuari 1857 di london inggris" Ujar kak Natasya sambil menjelaskan biografi baden powell.
Panjang lebar sudah dijelaskan oleh kak Natasya mengenai sejarah kepramukaan, diminta oleh seluruh anggota pramuka untuk dapat memahami dan mengetahui sejarah kepramukaan tersebut. Pramuka sebagai organisasi dunia sudah sangat diakui oleh banyak orang, karena kegiatannya yang bersifat baik dan bermanfaat.
Untuk mengikuti kegiatan Raimuna Nasional, seorang pramuka harus bisa mengendalikan dirinya sendiri dan bisa amanah dalam memilkul tanggung jawab di pundaknya itu. Seorang pramuka penegak harus berada minimal pada penegak bantara, salah satu tingkatan di pramuka penegak, tidak mudah untuk mendapatkannya.
Setelah selesai menjelaskan materi tersebut, datang seorang alumni ke sekolah, beliau adalah senior pramuka yang sudah lulus sejak tahun 2018 silam. Perkenalkan nama beliau adalah Kak Torik. Beliau adalah Kaka alumni disana yang sangat peduli terhadap adik-adik generasi penerus di gugus depan.
Beliau banyak cerita mengenai kehidupannya selama menjadi seorang pramuka penegak. Pengalaman yang beliau ceritakan seketika membuat bulu kudukku merinding mendengar ceritanya, berharap aku bisa mengikuti jejaknya.
Beliau menceritakan betapa enak dan serunya ketika berkegiatan, beliau juga menceritakan betapa serunya berkemah dan Cinlok, mendengar kata cinlok membuat Arnold bertanya-tanya apa itu cinlok.
"Kak cinlok itu apa?" Tanya Arnold.
"Cinlok itu adalah Cinta lokasi" jawab kak Torik.
Beliau menjelaskan, bahwa cinlok itu sangat seru dan menantang, disanalah kita ditantang untuk mencari seorang gadis di tegah ribuan orang. Dan rasanya bikin kangen, karena anak pramuka itu sudah pasti cantik-cantik dan ganteng-ganteng.
Tidak hanya itu, beliau juga menceritakan mengenai keseruannya ketika mengikuti perkemahan di Cibubur Jakarta, beliau menjelaskan bahwa seluruh pembiayaan itu gratis dan diberikan uang saku oleh pemerintah daerah, dan mendapatkan banyak sekali teman.Mendengar cerita kaka tersebut, membuat hatiku semakin membara karena tidak sabar untuk mengikuti kegiatan Raimuna Nasional Tahun depan.
Aku mau membuktikan cerita kaka tersebut, apakah benar atau hanya fiktif belaka.Selesai cerita-cerita kami diberikan pengumuman oleh kaka senior. Dimana pengumuman tersebut adalah pengumuman yang aku tunggu-tunggu!.
"Asslamualikum semuanya, beruhubung kalian sudah latihan hampir 3 bulan, maka kaka akan memberitahukan minggu depan akan diadakan Penerimaan Tamu Ambalan yang diadakan di sekolah ini, seluruh anggota wajib mengikuti kegiatan ini, karena ini merupakan persyarataan untuk dapat bergabung menjadi bagian dari gugus depan" ucap kak Ahmad.
"Waalaikum salam kak" sahutan semuanya.
"Jadi kaka harap, kalian dapat mempersiapkan fisik, mental dan materi karena ini semua akan di uji ketika PTA nanti. Untuk perlengkapan dan pembagian kelompok akan kaka umumin di grup Wa" ujar kak Ahmad.
"Ada yang ingin ditanyakan?" Tanya kak ahmad.
"Siap izin nanya kak, saya zaza ingin bertanya, Apakah itu menginap kak? Jika iya apakah ada surat izin untuk orang tua? Terimakasih kak" tanya Zaza.
"Terimakasih pertanyaannya, iya jadi kegiatan ini menginap dua hari satu malam, dan untuk surat izin nanti akan di berikan pada saat latihan minggu depan sebelum kegiatan" jawab kak Ahmad.
"Apakah masih ada lagi yang ingin ditanyakan?" Tanya kak ahmad kembali.
"Saya kak, Izin bertanya, apa aja kak yg perlu di siapakan?" Tanya Zuzu.
"Kan kaka sudah bilang, yang perlu di siapkan adalah Fisik, Mental dan Materi, materi yang sudah di sampaikan oleh kaka-kakanya setiap pertemuan itu yang akan diuji, dan perlengkapan pribadi dan kelompok akan di umumkan di grup Wa" Jawab kak Ahmad.
"Baik kak terimakasih" balas Zuzu.
"Jika tidak ada lagi pertanyaan, kaka akhiri, wassalmualikum warahmatulahi wabarakatu" ucap kak Ahmad.
"Walaikumsalam wr wb" jawab semuanya.
Setelah pengumuman itu membuat Arnold semakin tidak sabar menanti minggu depan, ternyata benar saja ada pengumuman penting hari ini, rugi jika tadi saya tidak datang. Ini adalah kegiatan pertamaku di pramuka, jadi aku harus mempersiapkannya matang-matang dan aku harus belajar supaya aku bisa menjawab seluruh materi yang akan di uji.
Seorang pramuka harus memiliki jiwa yang semangat dan pantang menyerah termasuk jiwa ambisi. Karena itu adalah landasan atau faktor yang dapat memperkuat tekad kita sebagai seorang pramuka.
Sesampainya dirumah, Arnold pun menceritakan kepada ibunya terkait kegiatan ini dengan sangat Excited.
"Ibu, adek minggu depan mau kemah di sekolah" ujar Arnold dengan nada gembira.
"Berapa hari dek?" Tanya ibu.
"Dua hari satu malam bu, ini merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh setiap anggota, ini adalah kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan bu, syarat menjadi anggota di gugus depan." Jelas Arnold.
"Owh gitu, ibu tidak terlalu faham, yang penting ibu selalu dukung apa yang kamu suka dan apa yang kamu inginkan, selagi itu positig ikut akan dukung terus" ucap ibu.
"Terimakasih banyak buu" sambil mengium dan memeluk ibu.
Peran ibu sebagai suport system itu sangat penting, membuat anak menjadi tahan banting, bisa semangat dalam situasi genting, suatu saat bisa jadi orang penting. Ibuku merupakan orang yang sangat baik dan pengertian kepadaku, apa saja kegiatan yang aku lakukan selalu didukung penuh oleh ibuku, aku beruntung memiliki ibu seperti ini, yang tidak menuntut anaknya diatas kemauannya, yang membebaskan anaknya sesuai dengan apa yang dia sukai, dan memberi ruang anaknya untuk bebas mengespresikan diri.
"Ternyata benar, Setiap orang punya Privilege, dan aku tinggal bersyukur"
KAMU SEDANG MEMBACA
BUPER BAPER
RomanceSudah pernah ngerasain CINLOK saat di BUPER? sebagian orang pasti sudah pernah merasakan CINLOK saat di BUPER, Bukan masalah perasaannya tetapi masalah pengalaman yang kita dapatkan wkwk