Sebelumnya, jika ada yang mengatakan kepada aku bahwa perjalanan melintasi ruang dan waktu itu nyata, aku akan mengira orang tersebut terlalu banyak menonton film sejarah. Tapi sepertinya aku harus berpikir ulang sekarang, karena situasi yang aku hadapi cukup...sangat aneh."Siapa kamu?" Aku akhirnya menemukan suara aku dan berani mengajukan pertanyaan. Namun, reaksi orang-orang di depanku berubah menjadi cukup mengejutkan. Cara mereka menatapku penuh keheranan, seolah-olah mereka tidak mengerti pertanyaannya.
"Ada apa, Khun Klao?"
"Siapa kamu? Dimana kita berada?" Aku bertanya lagi, tapi itu hanya membuat mereka semakin bingung.
"Khun Klao, kamu tidak ingat?" pemuda yang berada di barisan depan bertanya dengan tatapan khawatir dan mendatangiku. Entah kenapa, wajahnya terasa familier, namun aku terkejut mendengar aku dipanggil dengan nama seseorang yang tidak kukenal. Itu membuatku sangat bingung sehingga aku tidak bisa memikirkan siapa mereka.
"Tidak, aku... Itu bukan namaku..." Tapi sebelum aku bisa menyelesaikan kalimatnya, aku disela oleh suara sekelompok besar orang yang menginjak-injak dedaunan saat mereka mendekat. Saat mataku bertemu dengan tatapan orang yang berjalan di depan, jantungku tiba-tiba berdebar kencang tanpa alasan yang jelas.
"Aku menemukanmu." Suara rendah pendatang baru itu keluar dari bibirnya.
Dia adalah seorang pemuda jangkung berkulit kecokelatan yang usianya mungkin mendekati aku. Ia mengenakan kemeja lengan panjang dengan kerah ala China yang terlihat anggun dan mahal. Dia memiliki celana dengan ikat pinggang di pinggang dan gaya rambut Mahad Thai yang tidak berbeda dengan orang lain. Namun yang berbeda adalah sikap dan ekspresinya yang bermartabat. Hasilnya, dia tampak jauh lebih dewasa daripada aku.Ia memiliki paras yang cantik, alisnya yang hitam terangkat ke atas dipadukan dengan mata tajam yang juga sedikit mengarah ke atas, hidung yang berkerut dan bibir yang penuh. Penampilannya secara keseluruhan membangkitkan citra seorang pria asli Thailand, dan semua ciri khas ini jelas membuatnya menonjol di antara orang lain.
"Baik tuan ku."
Pemuda yang menemukanku berbalik dengan cepat, menjawab dengan membungkuk hormat. Mata safir Than Muen kembali menatapku, dan aku balas menatap tanpa sadar.
Aku yakin aku belum pernah melihat pria itu. Aku belum pernah bertemu dengannya sebelumnya, tapi jauh di lubuk hatiku, anehnya dia tampak familier. Seolah-olah dia adalah teman masa kecil yang telah aku lupakan dan bertemu kembali secara langsung."Bagaimana kamu sampai di sini?"
Nada suaranya menunjukkan sedikit celaan bercampur kelegaan saat dia mendekat, matanya yang tajam mengamatiku dari ujung kepala sampai ujung kaki. Namun tiba-tiba, saat mata kami bertemu untuk pertama kalinya, kekhawatiran di matanya berubah menjadi ketegangan, hingga aku harus segera memalingkan muka darinya.
Meski orientasi seksualku bukan hanya sebatas perempuan, aku bersumpah menghindari tatapannya bukan karena aku tertarik padanya, tapi karena aku sangat takut dengan sorot matanya yang tajam. Mereka cantik, tapi galak... Mereka juga tidak terlihat ramah sama sekali, membuatku merasa tidak nyaman, seperti sedang panik."Akhirnya kau menemukannya."
Di tengah kesunyian yang menyesakkan, sebuah suara terdengar familiar di telingaku. Sesosok pendatang baru melintasi lingkaran dan berhenti di depanku. Ketika aku melihatnya, aku terdiam.
"Ini!" Aku berteriak kepada teman aku dengan rasa kaget bercampur kegembiraan yang luar biasa. Tapi orang yang dipanggil itu memasang ekspresi bingung di wajahnya.
"Kamu memanggilku?"
"Ya, bagaimana kamu bisa sampai di sini, Thi? Situasi siapa sih..."
"Apa yang kamu bicarakan?"