Chapter 7

95 8 0
                                    

Hidup di masa lalu, dalam masyarakat yang belum pernah aku tinggali, selalu membuat aku stres. Namun, aku tidak punya pilihan selain mencoba beradaptasi dengan tempat itu, belajar tentang masyarakat dan budaya pada waktu itu, hingga suatu hari aku akhirnya dapat menemukan jalan kembali ke dunia aku. Setelah tinggal di sana selama kurang lebih tiga minggu, saya melihat banyak perbedaan antara masa itu hampir empat ratus tahun sebelumnya dan masa kini, baik kelebihan maupun kekurangannya.

Mari kita bicara tentang manfaatnya terlebih dahulu. Lingkungan alam sangat berlimpah. Hasil panen dan kelimpahan ikan, tidak ada yang kelaparan. Ke mana pun aku memandang, aku dikelilingi oleh sungai, sawah, rumah-rumah bergaya Thailand, dan kuil. Tidak ada gedung tinggi atau pabrik industri, yang merupakan penyebab utama polusi udara pada zaman aku. Aku dapat bernapas dengan baik dan tanpa rasa takut, dan aku yakin bahwa aku tidak menghirup debu halus yang berbahaya. Udaranya selalu bersih dan segar. Bahkan tanpa kipas angin pun aku tidak mengeluarkan keringat setetespun. Bahkan saat ini, di puncak musim panas, cuaca masih lebih sejuk dibandingkan musim dingin di Bangkok.

Apalagi gaya hidup masyarakat tersebut sederhana dan tidak semrawut. Waktu terasa berjalan lambat. Terlepas dari kenyataan bahwa aku menghabiskan setiap hari menunggu waktu pulang, menjalani kehidupan sederhana telah sangat memerdekakan pikiran aku yang lelah dari hiruk pikuk kehidupan kota modern.

Tentu saja, ada juga beberapa kekurangan yang sangat membuat saya bosan, karena terbiasa hidup dengan kemudahan teknologi modern. Kelemahan nomor satu adalah tidak ada internet, telepon, Netflix, atau permainan untuk dimainkan. Transportasi tidak nyaman. Jika Kamu tidak bepergian dengan perahu, Kamu harus berjalan kaki, atau menunggang kuda, atau menunggangi gajah (ya, mereka sebenarnya menunggangi gajah saat bepergian ke tempat yang jauh atau melewati medan yang berat), atau naik kereta jika Kamu mau. pergi lebih jauh. Komunikasi juga sulit. Di zaman aku, jika Kamu ingin terhubung dengan seseorang, Kamu dapat menelepon atau mengirim SMS ke Line, meskipun orang tersebut tinggal di belahan dunia lain. Namun sebelumnya hanya ada kemungkinan untuk mengirim surat atau, jika ada berita penting, mengirimkan pelayan untuk menyampaikan pesan secara langsung, yang prosesnya masih sangat lambat.

Mengapa sistem sosial menganggap manusia begitu tidak setara? Ini adalah sesuatu yang selalu mengganggu saya ketika saya mendengarkan penjelasan guru saya di kelas mereka. Ketika saya mempelajari materi di buku teks saya, saya tidak terlalu memaafkan, tetapi melihatnya dengan mata kepala sendiri, saya hanya bisa mengatakan bahwa saya merasa sangat beruntung telah dilahirkan di masa setelah penutupan. Kalau tidak, aku bisa saja menjadi pembantu di rumah orang lain.

"Klao..."

Dan tidak banyak yang bisa dilakukan di sini. Aku hanya bergantian makan dan tidur setiap hari. Baru tiga minggu berlalu, pipiku sudah mulai montok. Akankah aku segera mulai beredar alih-alih berjalan...?

"Klao."

Selain itu, tidak ada shabu shabu atau babi panggang di sini. Kapan aku bisa pulang? Aku tidak sabar untuk makan daging babi panggang.

"Klao."

"..."

"HAI!" Suara berat yang terdengar di telingaku membuatku tersadar dari lamunanku. Terkejut, aku segera menoleh untuk melihatnya. Jantungku mulai berdebar kencang saat menyadari tajamnya wajah pemilik suara itu hanya dalam jarak satu langkah dariku.

"Apa yang terjadi? Aku sudah mendengarkanmu berkali-kali, Phop menambahkan pandangan dan mengamatiku, sementara aku masih duduk menonton dengan pandangan berpikir.

"Maaf... Aku sedang beberapa mempertimbangkan hal... Yah... Uh, kenapa kamu meneleponku?" Aku tergagap dan berjalan pergi, berkemah di muka darinya. Aku benar-benar tidak mendengar dia memanggilku. Aku terlalu sibuk memikirkan betapa aku rindu shabu shabu dan babi panggang.

Love Upon A Time [LUAT] _ NETJJTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang