Cinta pertamaku terjadi saat aku berumur dua puluh."Klao, aku harus memberitahumu sekali lagi bahwa... aku mencintaimu." dia mengaku.
Pernyataannya membuatku merasa campur aduk antara senang dan bingung. Aku membiarkan diriku terjebak dalam pelukan hangatnya, pipiku memanas. Aku tidak tahu seperti apa rupaku saat itu, tapi pipiku pasti lebih merah dari udang rebus. Bahkan hembusan angin sejuk dan gemerisik tidak mampu meredam rasa panas yang menyelimuti tubuhku.
"Dan kamu? Apakah kamu juga mencintaiku?" Suara berat Phop bergema di telingaku; sepertinya dia sedang memohon. Dia mencium pipiku, menolak untuk melepaskannya dengan mudah. Aku merasa malu dan pertanyaannya berhasil membawaku kembali ke dunia nyata, memperlambat detak jantungku yang panik.
"P'Phop, lepaskan aku." Kataku, perlahan-lahan sadar kembali dan dengan lembut melepaskan diriku dari cengkeramannya. Dia berhenti, matanya berkabut karena kebingungan, saat dia melihatku menarik napas dalam-dalam.
Momen manis itu hanyalah ilusi yang kubiarkan diriku nikmati, tapi aku tidak akan pernah membiarkan diriku melakukannya lagi. Dunia nyata tidak manis. Jika aku membalas perasaannya, aku tahu kami tidak akan menghadapi apa pun selain rasa sakit dan kesedihan di masa depan. Aku telah memutuskan bahwa yang terbaik adalah melawan perasaanku yang sebenarnya dan mengakhirinya sekarang.
"Terima kasih telah berbagi perasaanmu terhadapku, P'Phop, tapi aku... aku tidak bisa menerima kasih sayangmu." Aku bilang. Keheningan setelahnya terasa memekakkan telinga, kecuali desiran angin yang samar-samar.
Aku melihat keterkejutan, kebingungan, dan ketidakpercayaan bercampur di mata Phop. Tapi aku harus tetap kuat, menyembunyikan emosiku. Phop adalah pria yang sangat perseptif, jadi aku tidak bisa membiarkan diri aku melakukan kesalahan atau dia akan mengetahui tentang aku.
"Maksudmu kamu tidak merasakan hal yang sama denganku, Klao?" dia bertanya, tidak percaya.
"Tolong, aku benar-benar minta maaf, P'Phop."
"Aku tidak percaya padamu, Klao." dia membalas. Jawabannya jelas.
"Aku hanya mengatakan yang sebenarnya."
"Tetapi apa yang aku amati sejauh ini benar." dia membalas. Penampilannya yang penuh tekad membuat hatiku tenggelam dan aku tahu betul bahwa dia tidak akan mudah menyerah.
"Saat kita bersama, kamu selalu gugup. Kamu selalu tersipu saat kita dekat. Bukankah itu hal yang tidak biasa bagi saudara kandung? Saat aku menciummu, kamu membalas ciumanku. Jika kamu benar-benar tidak merasakan apa-apa, bukankah kamu sudah mendorongku pergi sejak awal?"
"Aku hanya bingung. Sekarang, aku sadar kalau aku tidak lagi menganggapmu sebagai apa pun kecuali saudara." Aku menyatakan, suaraku pantang menyerah. Dia diam, ekspresinya tidak bisa dipahami.
"Kamu tidak mengatakan yang sebenarnya, Klao."
"Kamu pikir apa yang kamu pikirkan itu adalah kebenaran, tapi ini adalah kebenaranku, P'Phop. Aku masih ingin kita menjaga hubungan kita sebagai saudara, jadi tolong jangan mempersulitku."
Keheningan yang canggung menyelimuti udara, membuatku sulit bernapas. Tidak dapat menahan diri lagi, aku berbalik, mulai berlari menuju rumah. Dia tidak bersuara atau mengikutiku, dan aku tidak tahu apakah harus merasa lega atau menyesal karena dia tidak melakukannya.
"Oh, kamu sudah kembali, Klao. Apakah kamu sudah makan?" tanya Khun Yin Prayong yang sedang duduk di paviliun sambil melambaikan kipas angin ke wajahnya dan dipijat oleh para pelayannya.
Aku bergumam menanggapi pertanyaannya dan segera meminta maaf. Setelah memperbolehkanku, aku kembali ke kamar tidurku, meredam suara Chuay yang memanggilku. Aku mengunci pintu dan terjatuh ke lantai, kelelahan dan kewalahan. Dua orang yang cocok dalam segala hal. Ceritanya akan berakhir bahagia, tapi tidak dalam kasus kami.