Itu adalah satu malam lagi aku tidak tidur.Aku mendapati diriku tenggelam dalam mimpi yang berulang, sebuah kisah dari masa kecil aku. Saat itu, aku adalah seorang anak nakal berseragam sekolah dasar, menyebabkan masalah dengan teman-teman tetangganya dan dengan keras kepala menolak untuk mengindahkan kata-kata orang tuanya. Suatu hari, ketika diam-diam mengumpulkan pohon mangga saat berkunjung ke kuil, aku mengalami kecelakaan: aku terjatuh dari pohon, kaki aku patah dan hidung aku tergores di lantai beton halaman, meninggalkan bekas luka yang masih tersisa. hari. .
Anak laki-laki kecil itu menetap-angsur tumbuh, melewati sekolah dasar dan menengah, meninggalkan sikap keras kepala dan secara bertahap menjadi lebih patuh. Aku mulai tekun, belajar dengan tekun agar bisa lulus ujian masuk universitas terbaik di negeri ini. Dan aku berhasil. Bayangan senyuman orang tuaku dan kegembiraan mereka di hari penerimaanku membanjiri pikiranku. Mereka membantuku menetap di asrama, memberiku berkah dan harapan yang baik, mendesakku untuk menemukan teman yang baik dan bahagia.
Bahkan dalam mimpiku, aku mendapati diriku merindukan hari-hari yang telah berlalu. Mereka tampak jauh, sangat jauh dari kenyataan saat ini. Sudah lama sejak aku jauh dari keluargaku, dan aku sudah terbiasa dengan cara hidup saat ini sehingga segala sesuatu tentang masa laluku mulai tampak seperti mimpi belaka, sedangkan era di mana aku diposting sekarang tampak seperti mimpi. nyata dan nyata.
Mimpiku berubah.
Pemandangan di hadapanku berubah menjadi bayangan tak berujung. Aku tidak mengerti berapa lama aku tetap tenggelam dalam jurang yang sunyi itu sebelum perlahan menghilang, memberi jalan pada penampakan cahaya yang muncul satu demi satu, khawatir hingga semuanya menjadi jelas kembali. Tapi apa yang muncul di depan mataku bukan lagi ingatanku.
Aku mendapati diriku berada di halaman sebuah rumah kecil Thailand di properti Phraya Pichai Phakdi, tempat aku tinggal ketika pertama kali tiba di sana. Ada beberapa orang di sekitar, diam-diam membawa kotak ke dalam rumah. Meskipun terdapat pergerakan yang konstan, suasana malu dan kenyamanan atmosfer.
Pandanganku terlihat pada sosok yang berdiri di depanku: itu adalah Phop, versi dirinya yang sama yang kukenal, dan dia menatap.
"Ayah memberikan rumah ini agar kamu bisa hidup dengan damai. Jika kamu membicarakan masalah apa pun, silakan datang kepadaku dan sampaikan kekhawatiranmu. Jangan takut." Suaranya, meski ringan, menyampaikan kebaikan, sama seperti dia biasa berbicara dengan Klao. Namun bagi saya, para pendengar, hal itu sepertinya tidak bisa diterima.
"Kamu sudah selesai sekarang, kan?"
Phop tetap diam.
"Kalau sudah selesai, silakan pergi." Suara itu kembali.
Mengingat apa yang diberitahukan kepada Phop, orang yang membantu, saya menyadari bahwa orang lain mungkin menganggap pembicara tersebut sangat kasar. Tapi ini bukan urusanku. Klao tiba-tiba memasuki salah satu kamar dan membanting pintunya. Dia tidak bermaksud kasar, terutama jika menyangkut orang yang berdiri di belakang pintu.
Sekali lagi, aku berjuang untuk mengendalikan pikiranku, menyadari bahwa aku sedang menyaksikan kenangan orang lain. Situasinya tampak aneh. Meski aku bisa merasakan kebencian Klao yang mendalam terhadap Phop, aku juga merasakan kesedihannya. Di tengah semua itu, ada satu sentimen yang paling menonjol dibandingkan apa pun:
Aku, atau lebih tepatnya Klao, merasa bersalah dan menyesali tindakan tersebut.
Mimpiku terus berubah. Meskipun sudah jelas bahwa Klao tidak ingin berbicara dengan Phop, Phop tetap mengunjunginya, hanya disambut dengan ketidakpedulian, bahkan agresi, yang mengakibatkan Klao bahkan mengusirnya dari rumah. Tak ingin menghadapi Phop, Klao pun mulai meninggalkan rumah, terlibat pertengkaran dengan para berandalan.