Sudah hampir dua minggu sejak aku tinggal di rumah Phraya Phichai Phakdi. Phraya dan Bibi Ying sangat memperhatikanku, seolah-olah aku adalah anggota keluarga mereka. Bahkan orang-orang yang sombong di rumah yang tidak menyukaiku tidak berani melanggarku. Mungkin karena Klao menyerang secara agresif terhadap semua orang. Kebanyakan pelayan di rumah itu baik padaku, dan karena aku tidak berperilaku seperti atasan mereka, mereka memperlakukanku lebih baik lagi.Bahkan bisa dibilang aku beruntung memiliki tubuh Klao. Aku bahkan tidak ingin memikirkan bagaimana jadinya jika aku berakhir di era itu sebagai budak. Kehidupan seorang budak bergantung sepenuhnya pada karakter dan kebaikannya. Jika Kamu memiliki guru yang baik, Kamu beruntung. Tetapi jika seorang budak mempunyai tuan yang berubah-ubah, dia tidak ada bedanya dengan karung tinju yang hidup. Aku sering mendengar gosip dari para budak tentang budak lain yang berdetak hingga mati atau dilukai. Serius, kalaupun aku selamat, aku akan tetap cacat. Jika aku menjadi budak di rumah seperti itu, aku mungkin akan memilih untuk menenggelamkan diri.
"Kamu kenyang?" Orang yang makan di sebelahku berbicara dengan suara yang dalam, sementara aku tenggelam dalam pikiranku.
"Ya." Jawabku sambil menoleh ke arah Phop yang berseragam sambil mengangkat segelas air melati untuk diminum.
Sejak orang-orang bergosip tentangku (maksudku, tentang Klao), ketika aku sedang berjalan-jalan di pasar dan Phop datang untuk melindungiku, aku mulai melihatnya dengan lebih banyak kebaikan dan simpati. Padahal, aku tahu dia bukan orang jahat, dia enggan mencari kesalahanku karena dia punya akal sehat. Tapi senyuman kecil itu sangat menggangguku, hingga membuatku menaruh sedikit prasangka padanya. Namun setelah hari itu ketika dia membelaku, aku mencoba berbicara dengannya lebih sering, dengan kata-kata yang lebih ramah, setidaknya untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas nama Klao yang asli.
Dia melindungiku dengan reputasinya. Aku harusnya bersyukur, bukan?
"Apakah makanannya tidak enak?" Dia bertanya.
"Sangat lezat."
"Jadi, apakah kamu merasa sakit?"
"Tidak, aku baik-baik saja. P'Phop, pesan kenapa aku sakit?"
"Aku pikir kamu sakit ketika aku tidak melihatmu meminta nasi atau makanan ringan lagi, seperti yang biasa kamu lakukan. Aku akan meminta Jom untuk melihatmu." Matanya yang tajam bersinar saat dia menggodaku, membuatku mengerutkan kening sebagai jawaban.
Yah, bukankah dia mengolok-olok nafsu makanku?
Bibi, bisakah kamu mengambilkanku jeruk? Aku bertanya kepada kepala pelayan, yang sedang berjongkok tidak jauh dari situ.
"Ya, Khun Klao. Berapa banyak yang kamu inginkan?"
"Satu atau dua saja sudah cukup untuk meyakinkan orang-orang di sekitar sini bahwa aku baik-baik saja." Aku menekankan kata terakhir saat aku memandangnya sambil tersenyum. Lalu aku mengambil jeruk dari pelayan, mengupasnya, memasukkan satu ruas ke dalam mulutku dan mengunyahnya.
Aku selalu menjadi paranoid setiap kali dia mengatakan sesuatu. Mungkin karena aku cenderung bias, tapi dia juga begitu. Aku telah mencoba melihatnya secara positif dan berbicara dengannya, tetapi dia selalu membuat aku gelisah seperti ini.
Jadi kamu tidak ingin hubungan kita baik-baik saja kan? Pikirku.
"Oke, aku senang melihat nafsu makanmu kembali sehat." Kata Phop sambil tersenyum sebelum berbalik dan memerintahkan pelayan untuk membawakannya jeruk juga. Aku berhenti sejenak sambil membaca dan meletakkannya di pipiku.
Berbicara tentang nafsu makan, sepertinya aku makan lebih banyak sejak aku di sana. Meskipun sebenarnya tidak ada MSG pada masa bersejarah itu, mereka tetap memasak makanan yang sangat lezat, baik buatan sendiri atau dibeli di toko. Mungkin kombinasi bahan-bahan segar dan keahlian tradisional menjadi alasan kelezatan makanan tersebut. Sebagian besar bahan mentah ditangkap oleh pembantu rumah tangga; mereka membungkuk untuk menangkap udang dan dalam sekejap keranjang sudah penuh. Aku mengetahui bahwa Ayutthaya itu seperti perkebunan, tidak berlebihan.