Chapter 10

148 5 1
                                    

POV Orang ke-3

Baik waktu maupun udara hanya bisa bergerak maju, tanpa henti. Seringkali Phop terlalu fokus pada pekerjaannya sehingga dia bahkan tidak memperhatikan berapa hari telah berlalu. Tanpa dia sadari, dia sudah bertugas di patroli selama hampir dua tahun.

"Than Muen, apakah kamu berjaga hari ini?"

"Ya, aku akan menggantikanmu. Kamu harus segera pulang menemui istri dan anakmu setelah kamu meninggalkan stasiun. Jangan berlama-lama di toko minuman keras di pasar." Kata Phop sambil tersenyum kepada bawahan yang lebih tua darinya. Pria itu tertawa, melambai dengan hormat sebelum pergi. Phop ambruk ke salah satu kursi kayu.

Awalnya, Phop tidak punya ambisi untuk mengabdi pada pemerintah seperti anak bangsawan lainnya. Dia ingin hidup damai dan membantu orang miskin. Dia bercita-cita menjadi apoteker seperti sahabatnya. Namun dia dan Jom berbeda, karena Jom adalah anak bungsu di keluarganya. Kakak laki-lakinya sudah memasuki pelayanan publik. Oleh karena itu, ayah Jom tidak keberatan jika putra bungsunya ingin mengambil jalan yang berbeda dari saudara-saudaranya yang lain. Phop adalah putra tertua Phraya Phichai Phakdi dan juga satu-satunya anak yang lahir dari istri pertamanya. Ayahnya mengharapkan lebih dari dia daripada orang lain dan, sebagai hasilnya, dia berakhir di patroli Departemen Metropolitan.

Dua tahun terakhir Phop bekerja di layanan pemerintah tidak sepenuhnya mulus. Meski merupakan putra Phraya yang menguasai Departemen Metropolitan, ia tetap menghadapi kendala yang menghalangi jalannya, seperti tidak diterima oleh pejabat seniornya namun berpangkat lebih rendah. Perasaan itu sangat familiar baginya. Dia baru berusia dua puluh tahun, dia tidak memiliki pengalaman kerja, tetapi dia telah memperoleh posisi yang lebih tinggi dari mereka. Hal ini menyinggung perasaan orang yang lebih tua, karena mereka percaya bahwa orang seperti dia belum pernah mengalami kesulitan sebelumnya. Meskipun perlawanan menghadang Phop, dia masih berhasil membuktikan kepada mereka bahwa dia mampu. Hambatan dalam permanen-angsur hilang. Semua orang di departemen mulai memperlakukannya dengan lebih ramah. Kini, ia merasa tugas tugasnya telah dilaksanakan dengan cukup baik.

Meskipun Phop tidak pernah bermaksud memasuki layanan publik, pekerjaan ini juga tidak memaksanya. Dia mempunyai keinginan yang luar biasa untuk membantu mereka yang membutuhkan. Meski ia tidak menjadi apoteker seperti yang diharapkannya, menjadi polisi tetap memberikan kemampuan untuk meringankan penderitaan dan menyemangati orang lain. Tujuan dan impiannya adalah melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya.

"Semua orang berubah seiring berjalannya waktu. Siapa yang tetap sama selamanya?"

Dalam keheningan malam, suara manis orang yang mengucapkan kalimat itu tiba-tiba muncul di ingatan. Than Muen tersenyum tipis sambil mengambil korek api dari kotak untuk menyalakan lampu.

Apa yang dia katakan itu benar. Perubahan adalah hal yang normal di dunia. Bahkan Phop pun tidak bisa lepas dari kebenaran ini. Dia tahu bahwa dia sendiri telah berubah seiring berjalannya waktu. Yang terpenting, perasaannya terhadap orang yang mengatakan pernyataan yang sama telah berubah.

Dia pernah melihatnya sebagai adik laki-laki yang ingin mengejarnya, tapi dia tidak lagi merasakan hal yang sama. Dia sangat prihatin setiap kali mendengar tentang Klao yang pergi mengunjungi bar atau rumah bordil. Tapi ini hanya sebagian saja. Jauh di lubuk hatinya, dia tahu dia cemburu. Dia tidak ingin Klao menjalin hubungan dengan orang lain. Phop menjadi cemas ketika dia mendengar Klao mengoceh yang tidak masuk akal selama pertemuan antara dia dan Wanna, pertemuan yang sangat dinantikan oleh para tetua.

Kenapa dia harus merasa seperti ini? Phop mempunyai jawaban yang tidak jelas, tapi dia agak terlalu aneh. Terlalu luar biasa.

"Oh, Phop, kita akan tidur di tempat yang sama malam ini." Suara orang yang baru saja memasuki ruangan membuat Than Muen tersadar dari lamunannya. Cahaya lampu menyinari wajah Muen Harn, berkilau karena keringat. Phop melihat penampilan rekannya dan memperhatikan bahwa pakaiannya kusut, sangat berbeda dari biasanya.

Love Upon A Time [LUAT] _ NETJJTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang