Sebelumnya, ketika Thi mendorongku untuk pergi menemui peramal dan mengumpulkan pahala, aku tidak pernah memperhatikan kata-katanya, namun sekarang aku menyesalinya. Mau tidak mau aku berpikir, jika saja aku mendengarkan perkataannya hari itu, mungkin aku tidak akan mengalami hal-hal buruk seperti yang aku alami sekarang."Ayahku memerintahkan agar kamarmu ditempatkan di sebelah kamarku, sehingga aku bisa menjagamu dengan mudah." ucap suara pelan di suasana senja yang tenang, kicauan jangkrik saat kami berjalan menyusuri koridor rumah Phraya Phichai Phakdi.
Kata-kata Phop membuatku putus asa saat aku melihat punggungnya yang lebar menghilang di depan mataku.
Phraya mungkin belum memesan apa pun dan aku curiga dia telah memutuskan segalanya. Dan itu persis seperti yang aku pikirkan. Aku tidak salah. Meski terlihat lebih ramah, Phop masih belum sepenuhnya percaya bahwa aku adalah Klao. Untuk membuka kedokku dengan mudah, anak laki-laki itu menarikku lebih dekat padanya."Beberapa masalah?"
"Aku hanya seorang tamu. Bagaimana aku bisa berpendapat dalam hal ini?" Aku menjawab dengan suara tanpa ekspresi, berpikir dalam hatiku bahwa mulai sekarang aku harus sangat berhati-hati. Jika aku bisa menghindarinya, aku seharusnya menghindari bertemu dengannya. Karena aku bukan pembohong yang baik, aku takut suatu hari nanti aku akan jatuh ke dalam perangkapnya.
"Dengan baik." Anak laki-laki itu mengangkat sudut mulutnya, wajahnya menerima cahaya lentera yang tergantung di samping pilar rumah. Phop membawaku ke rumahnya, yang terhubung ke rumah utama melalui teras, dan berhenti di depan sebuah ruangan.
"Ini kamarmu. Aku sudah menyuruh para pelayan menyiapkan tempat tidur dan semua yang kamu butuhkan. Periksalah untuk melihat apakah ada hal lain yang kamu perlukan." Dia membuka pintu ruangan itu dan memberi isyarat agar aku masuk. Aku mengamati sekeliling dengan mataku saat aku masuk.
Ruangan itu lebih besar dari yang ada di rumah asliku dan terasa lebih mewah. Kayu jati telah dibuat dan diukir dengan indah. Tempat tidur bertiang empat, dihiasi dengan tirai yang terbungkus dan mengkilat, cukup luas untuk dua orang. Bahkan tirai jendela pun terbuat dari kain yang tampak mahal yang ditenun dengan pola bunga yang rumit.
Aku berkesempatan menjelajahi rumah seorang jutawan pada zaman Ayutthaya. Di sisi positifnya, ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Berapa banyak orang yang pernah berkesempatan melihat dengan mata kepala sendiri sebuah artefak dalam kondisi baru yang seharusnya ada di museum? Tapi selain itu, sejujurnya aku harus mengakui bahwa aku tidak ingin mengalami perlakuan VIP seperti itu.
Aku ingin pulang ke rumah. Adakah yang bisa mendengarku?"Tidak, itu sudah cukup." Jawabku setelah melihat sekeliling sekilas.
"Kamarku ada di sana. Jika terjadi sesuatu, kamu bisa meneleponku. Tidak perlu ragu." dia menunjuk dengan tangannya ke kiri. Ada halaman besar lain di sana, dan mudah untuk mengatakan bahwa itu adalah wilayah pribadi Phop. Kamarnya berjarak kurang dari sepuluh langkah dari kamarku.
Dia pada dasarnya akan menjadi tetanggaku. Sekarang aku seperti tahanan polisi sepanjang waktu. Wah, luar biasa.
"Kenapa kamu menatapku seperti itu?" Sudut mulut pria tua itu melengkung lagi saat aku mengalihkan pandanganku padanya. Matanya yang tenang membuatku semakin kesal.
"Aku hanya menonton. Tidak bisakah aku melihat wajahmu sesekali?" Aku mengerutkan kening saat bertanya. Senyuman yang lain melebar sebelum mengucapkan kalimat yang hampir membuatku tersedak air liurku.
"Aku pikir kamu aneh. Aku pikir kamu tidak ingin tidur sendirian dan kamu memberi isyarat kepadaku dengan matamu untuk ikut tidur denganmu."
"Apa?! Tidak, tidak, tidak!" Aku memutar mataku dan berusaha membentuk penyangkalan yang masuk akal. Matanya sedikit menyipit saat dia menatapku sambil tersenyum.