Keesokan paginya, aku terbangun dengan harapan sia-sia bahwa semua yang terjadi hanyalah mimpi. Namun dunia seringkali kejam, terutama bagi mereka yang terlalu berharap, karena ketika aku membuka mata dan melihat balok kayu di atas tempat tidur tempat aku tidur, aku harus menerima bahwa yang terjadi adalah kenyataan."Dia sudah bangun, Khun Klao. Apakah kamu mau mandi dulu?"
Saat membuka pintu, aku menemukan Chuay duduk di depan ruangan dengan penuh semangat mengajukan pertanyaan. Aku mengangguk dengan mengantuk dan memperhatikan pelayan itu dengan rajin menyiapkan perlengkapan mandi dan pakaianku sebelum mengantarku dari rumah ke dermaga.
"Tidak ada kamar mandi?" Tanyaku malu-malu, aku hanya mengenakan celana dalam dan sehelai kain kecil yang disampirkan di bahuku. Ini adalah pertama kalinya aku mandi di tempat terbuka. Walaupun aku seorang laki-laki, harus membasuh diriku di air sungai dengan perahu yang melaju di daerah itu sudah cukup.....
"Mandi? Khun Klao, maksudmu vej*?"
"Ya?" Aku mengangkat alisku sedikit. Dari sedikit ingatanku saat menonton drama sejarah, samar-samar aku ingat bahwa kata itu mungkin berarti "toilet".
(*Disingkat dari kata "Vejkudi", artinya "gubuk". Dalam hal ini berarti "tempat yang digunakan untuk buang air besar". Terima kasih atas informasinya dari laman Departemen Bahasa Asia Selatan, Fakultas Seni, Universitas Chulalongkorn)"Mau aku antar ke kamar mandi dulu, Khun Klao?"
"Tidak, itu tidak masalah." Aku tersenyum kering, mengambil perlengkapan mandi termasuk mangkuk, lulur labu dan kunyit dan dengan enggan menuju ke dermaga. Dalam drama-drama kuno, aku melihat orang-orang mandi bersama. Oleh karena itu, mungkin tidak akan ada kamar mandi yang sepenuhnya tertutup seperti pada zaman aku.
Huh, siapa sangka aku punya kesempatan untuk merasakan gaya hidup kuno? Versi otentik seperti ini sebenarnya tidak diperlukan. Aku benar-benar tidak ingin mengalaminya.
Aku mencuci dengan kecepatan cahaya karena air di saluran sangat dingin dan setelah selesai aku bergegas pulang ke rumah untuk berganti pakaian. Kemudian Chuay membawakanku sebuah meja berisi makanan untuk duduk dan makan di gazebo di tengah rumah.Makanan kedua aku sebagian besar masih terdiri dari nasi dan ikan, dan ada juga sambal terasi dan sayur-sayuran di piring. Rasanya yang pedas sekali hingga membuat orang seperti aku yang tidak pandai pedas menangis. Lain kali, aku seharusnya meminta koki untuk menambahkan lebih sedikit cabai. Kalau tidak, aku pasti menderita maag.
Chuay turun untuk melakukan beberapa pekerjaan di belakang rumah sementara aku duduk dan makan. Aku mengambil kesempatan ini untuk melihat-lihat.
Rumah yang aku tinggali dibangun dengan gaya tradisional Thailand, tidak kecil maupun besar. Namun meski begitu, dilihat dari barang-barang dekoratif dan kebutuhan sehari-hari, harganya cukup mahal. Hal ini juga menandakan bahwa pemilik rumah tersebut adalah orang kaya. Sejauh yang kulihat, tidak banyak pelayan, selain itu... Selain aku, rumah ini sepertinya tidak memiliki pemilik lain, atau aku belum bertemu siapa pun."Klao, apakah kamu sudah merasa lebih baik sekarang?"
Saat aku menjelajahi daerah tersebut, aku mendengar suara yang familiar. Suaranya terdengar dari tangga menuju rumah.
"I... Um... Jom?" Aku hendak menelepon temanku seperti biasanya, tapi untungnya aku mengganti namaku tepat waktu. Pandanganku mengikuti sosok pemuda jangkung yang mengenakan kemeja tanpa lengan dan celana longgar, dengan tas bahu yang berat tersampir di bahunya. Ekspresiku pasti agak aneh, karena kudengar dia tertawa kecil saat dia mendekat dan duduk di sebelahku.
"Apa yang kamu bicarakan? Sekarang hanya aku, apa kamu tidak memanggilku Phi lagi?"
"Phi? Ah...maafkan aku...P'...Jom." Jawabku, berusaha untuk tidak terdengar terlalu mencurigakan. Sementara itu, aku mengamati wajah "P'Jom" dengan cermat.