Suatu pagi yang lain ketika aku bangun dengan banyak pikiran melintas di benakku."Klao."
"...Kamu?"
"Apa masalahnya?" sebuah suara rendah berbisik. Mata Phop penuh kekhawatiran saat dia melihat, yang duduk di sebelahnya, saat kami sarapan. Aku selalu memiliki nafsu makan yang baik setiap kali kami makan, tapi hari ini berbeda: Aku tenggelam dalam pikiranku, benar-benar melupakan makanan lezat di hadapanku.
"Tidak ada apa-apa." Aku sambil membaca, bahkan tidak melirik sekilas sebelum memasukkan sesendok nasi ke dalam mulutku. Meskipun aku tidak melakukan kontak mata di sana, aku tahu di dalamnya tidak pernah meninggalkanku.
"Apakah kamu yakin tidak merasa sakit?"
Tanpa berkata apa-apa lagi, dia mengulurkan tangannya dan meletakkan tangannya di dahiku. Perasaan hangat yang dibawanya membuat jantungku berdetak kencang dan aku segera memesann muka.
"Tidak ada yang salah. Aku hanya... sedikit mengantuk." Setelah dikonfirmasi, orang di sebelah saya setuju. Aku melihat sekeliling dan memperhatikan Than Phraya, pemilik rumah yang sedang pergi ke dinas pemerintahan di Sam Khok, berinteraksi dengan bibinya, sebelum diam-diam melirik ke arah Phop, yang sedang meletakkan makanan di piringnya. Dalam hati, aku berharap dia menyelesaikan makan lebih awal dan melakukan pekerjaan.
"Tapi, aku dulu keluar."
"Boonraksa*. Selamat jalan-jalan. Sedangkan aku, aku akan pergi mengunjungi pasar pakaian, agar lain kali aku pergi ke kuil, aku bisa membawa beberapa pakaian sebagai persembahan."
(*artinya jika berbuat baik maka akan mendapatkan balasan yang baik. Biasanya digunakan sebelum pamit untuk mendoakan keberuntungan.)
"Baiklah." Phop menjawab sebelum tersenyum pada ibunya.
Khun Ying Prayong dan Phop berbincang singkat sebelum dia memanggil para pelayan untuk meninggalkan rumah. Sedangkan Phop yang hendak berangkat kerja mengaku lupa beberapa barangnya sehingga harus kembali ke kamarnya.
Aku sedang duduk di tengah halaman, berniat menunggu sampai semua orang telah pergi sebelum mengurus keperluanku, ketika polisi itu keluar dari kamarnya dan mendekatiku.
"Klao."
Dia duduk di sebelahku, bahu kami hampir bersentuhan. tatapannya yang tajam dan tajam bertemu dengan mataku, membuat jantungku berdetak lebih cepat. Aku mendapati diriku tidak mampu menahan diri untuk tidak berbisik, jadi aku segera membungkuk ke depan dan berdeham untuk menghindari kegagapan saat berbicara.
"Apakah kamu tidak pergi bekerja?"
"Baiklah, tapi aku ingin bicara denganmu dulu."
Sebuah tangan besar meluncur ke bawah untuk menggenggam salah satu darinya. Mata pelayanku Chuay, yang duduk tidak jauh dari situ, sedikit melebar. Dan Kong, pelayannya, berkedip berulang kali. Jika para pelayan yang sebenarnya dekat dengan kami juga bereaksi seperti ini, tidak ada keraguan bahwa yang lain akan lebih terkejut jika mereka melihat skenario yang sama.
"Tolong... mengecewakan." Aku membuang muka dan dengan gugup mengamati sekelilingku, takut lebih banyak orang akan melihatnya. Tangan yang dikirimkan semakin erat.
"Jika ada yang melihatnya, biarkan mereka melihatnya." dia mengucapkannya dengan acuh tak acuh.
Sepertinya Phop tidak akan melepaskan dalam waktu dekat, jadi aku harus mengakhiri percakapan itu secepat mungkin.
"Baiklah. Apa yang ingin kamu bicarakan?"
"Aku perhatikan kamu menghindariku akhir-akhir ini." Suaranya terdengar menyakitkan, membuat hatiku bergetar.