بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِSebelum mulai sholawat dulu Yup
Sebagaimana pada sabda Nabi Muhammad SAW:
"Orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat adalah
orang yang paling banyak bershalawat kepadaku."
(HR. Tirmidzi)________
"Janganlah kita mencari ilmu dengan kekuasaan dan kemuliaan diri. Namun hendaknya mencari ilmu itu dilakukan dengan mengobarkan jiwa, sanggup menghadapi kesulitan hidup dan berkhidmat kepada para ulama"
— Al-imam Asy-Syafi'iSatu bulan setelah kepergian sang ayah yang menguras tenaga dan emosi, hari ini adalah hari pertama pengajian yang dipimpin oleh Ziyad, menggantikan ayahnya. Duduk di depan meja dengan Kitab terbuka, Ziyad merasa gugup mau bagaimana pun selama ini, ia hanya mengajar anak-anak mengaji di rumahnya namun ini kali pertamanya untuk mengisi kajian sebagai penerus sang ayah. Di temani oleh Ustadz Yusuf duduk di sampingnya sebagai pendamping, memberikan dukungan dan arahan.
"Assalamualaikum, warahmatullahi wabbarakatuh." ucap Ziyad dengan suara bergetar, menatap jamaah yang mulai berdatangan.
"Waalaikumsalam, warahmatullahi wabbarakatuh."ucap jamaah dengan serentak.
"Mohon maaf sebelumnya, mungkin pengajian kali ini agak berbeda dari biasanya. Jujur, ini pertama kalinya saya menjadi pengisi kajian. Sebelumnya, saya hanya mengajar anak-anak mengaji di rumah. Jadi mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian saya."
"Tidak apa-apa, Mas. Kami sama-sama belajar," jawab salah satu jamaah dengan ramah, memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan Ziyad.
"Baik, bismillahirrahmanirrahim. Kita mulai kajian malam ini dengan membahas tentang apa itu Islam."
Ziyad memulai dengan pertanyaan sederhana untuk menggali pemahaman jamaah. "Sebelumnya, apakah ada yang sudah tahu apa itu Islam?"
"Saya boleh jawab, Ustadz?" tanya salah satu jamaah sambil mengangkat tangan.
"Silakan."
"Islam itu I: Isya, S: Subuh, L: Lohor atau Dzuhur, A: Ashar, M: Maghrib. Jadi, kesimpulannya, semua rangkaian shalat lima waktu itu berpengaruh penting terhadap keislaman seseorang," jelasnya dengan percaya diri.
Ziyad tersenyum mendengar jawaban tersebut. "Ada lagi yang bisa menyimpulkan apa itu Islam? Silakan angkat tangan."
"Saya, Ustadz," sahut seorang jamaah.
"Silakan."
"Islam adalah agama yang paling mulia."
"Betul," kata Ziyad.
KAMU SEDANG MEMBACA
SEWINDU | ON GOING
Teen Fiction[BUDAYA KAN FOLLOW SEBELUM DIBACA] Mengikhlaskan semua yang Allah takdirkan, itu memang tidak mudah. Seperti kisah "SEWINDU" kisah ini menceritakan Seorang gadis yang bernama Yasinta Nasya Aulia atau sering disebut 'tata' telah menghadapi delapan ta...