#GuePemabuk

Umur gue udah 18 dan gue masih mabuk kendaraan.

Jadi gue itu mabuk kendaraan kalau perjalanan jauh, kecuali kalau naik motor. Sejak zaman dahulu kala, gue punya ritual kalau perjalanan jauh. Gue pasti muntah 1x, abis itu nggak lagi selama perjalanan berlangsung (yah kalau liburan 3 atau bahkan 5 hari ya muntahnya tetep 1x doang).

Buat ukuran pemabuk kendaraan, mabuk kendaraan gue termasuk parah.

Gimana nggak, gue pernah mau renang buat praktik olahraga. Berhubung sekolah gue gak ada kolam renangnya kita akhirnya ke tempat kolam renang yang agak jauh. Kita gak boleh bawa motor masing-masing dan harus naik angkot yang udah disiapin. Pas kita sampai, gue langsung muntah-muntah, padahal masih daerah Jepara ... eh bukan itu udah masuk Kudus, tapi perbatasan sih.

Abis itu temen gue bilang gini, "Unggul mah enak, kalau pengen mabuk tinggal naik angkot. Padahal orang-orang kalau pengen mabuk mah harus beli minuman keras." Kampret.

Sebenernya waktu SMP Praktik renang gue juga di kolam renang itu dan gue gak pernah muntah, paling cuma agak mual. Tapi jarak SMP gue ke Kolam Renang sama SMA ke kolam renang ya jauhan dari SMA, dari SMA ke SMP itu sekitar 15km lebih. Tapi waktu SMP kita naik Bis, yah meskipun sama aja soalnya kalau naik bis itu 1 bis buat 1 kelas dan kalau angkot itu 1 kelas 2 angkot. Nah, ternyata gurunya milih Kolam Renang yang jauh itu gara-gara di sana deket dari rumahnya, sialan banget.

Gara-gara ini juga gue jadi mikir-mikir buat makan atau minum di Bus/Mobil/dll. Takut mual. Kadang gue aja bisa mual gara-gara bau makanan atau minuman di bus, apalagi di mobil yang ukurannya malah lebih sempit. Waktu Study Tour SMP gue sama sekali gak makan nasi yang di kasih pas perjalanan. Pas SMA gue makan 1x gara-gara emang udah gak kuat nahan laper.

Gue juga gak ngerti gimana, gue udah minum obat buat perjalanan, pakai minyak angin sampai balsem, tapi ya tetep aja gitu. Gue di kasih tau temen LINE gua yang juga pemabuk kendaraan, kalau temennya punya kebiasaan aneh biar gak mabuk kendaraan, yaitu nyium bau Rexona. Gue gak mau nyoba, gak bakal berhasil dah pasti. Hidung gue itu sensitif, gue paling gak betah sama bau yang nusuk (tapi kalau bau makanan sih betah-betah aja). Ya idup gue emang rada ribet gara-gara itu.

Pas ke Purbalingga kemarin gue juga muntah, sempet tumpah dikit di jaket malah gara-gara kelamaan gak nemu plastik. Gue udah pengen muntah sejak jam 12, gue tahan mulu gara-gara itu sampai beberapa kali gue paksa tidur, sampai akhirnya jam 4 gue udah gak kuat dan yah gitu. Untungnya sih gue bawa jaket 2, firasat gue emang bisa diandalkan. Dan untunya muntahan gue yang dijaket itu dikit banget. Terus gue di kasih Antangin, ya gue minum, di pom bensin gue minumnya, soalnya gak bakalan ngefek kalau gue minum di bus. Berharap dapet efek bagus, pas kita berhenti di masjid buat salat, malah Antangin yang udah gue minum gue muntahin semua, ya udah deh gitu.

Ngomongin soal ini nih, gue jadi inget Study Tour SMA gue, waktu si Esa gak sengaja minum minuman keras (gue lupa jenisnya).

Jadi waktu itu si Esa main ke kamar hotel temen (1 kamar 4 orang) gara-gara anak kelas gue emang lagi pada kumpul di sana buat main kartu. Nah ada yang bawa minuman keras dan ditaruh di botol Sprite. Si Esa kan haus nih, akhirnya dia tanya itu Sprite asli atau nggak. Tapi gara-gara lagi pada asik main kartu akhirnya gak ada yang jawab. Si Esa yang keburu haus akhirnya minum semuanya sampai abis, terus kepanasan. Dia tanya kok tiba-tiba jadi panas akhirnya ada yang bilang kalau itu Miras. Dia buru-buru gedor kamar mandi di kamar hotel temen gue, eh lagi ada temen gue yang mandi. Akhirnya dia balik ke kamar kita dan buru-buru mandi, abis mandi dia berdiri di depan AC tanpa pakai baju. Gue awalnya bingung dia kenapa lagi, tapi abis di kasih tau itu gue akhirnya ngerti. Gue gak ikut kumpul gara-gara pergi ngopi sih barengsi Fandi (dia beda kelas, tapi kamar nya deket dari kamar gue). Yah, sepanjang Study Tour gue emang lebih banyak ngopi sih, bahkan tiap berhenti di 1 tempat, gue pasti nyari warung buat ngopi. Waktu di Joger, gue ngasih duit ke sepupu gue buat beli baju buat adik-adik gue (kembaliannya boleh dia ambil) terus gue nya ngopi deh. Agak gimana juga sih, tapi ya gak apa-apalah, Simbiosis Mutualisme.

***

Si Esa yang gak pakai baju itu bukan telanjang BTW, cuma gak pakai Baju doang, dia masih pakai celana kolor. Waktu itu gue sama Fandi lagi ngobrol juga sih, soal nyesel ikut Study Tour. Jadi setiap kali kita (bertiga) ketemu pasti ngomongin, "Mending gak ikut aja."

Dan selalu ketemu di setiap tempat pemberhentian (?).

Soal mabuk kendaraan gue ini, anehnya gue gak pernah muntah-muntah kalau pas naik kapal. Gue gak pernah naik pesawat juga sih.

Oke, sekian dan makasih buat semuanya. Salam Porong .v.