Esok harinya ia bertemu dengan sahabat lamanya ketia dia SMA, David, biasa dipanggil Dave. Ia berharap dapat menceritakan perasaannya terhadap Hillary dan tentang essay bodoh yang membawa petaka itu. Sebelumnya ia tidak pernah menceritakan tentang perasaannya kepada siapapun, dan kali ini ia akan memberitahu Dave. Meskipun ia tahu Dave tidak begitu menyukai, atau bisa dibilang ia malah membenci wanita, dan Nate yakin bahwa bercerita pada Dave tidak akan menghasilkan apapun. Tapi apa salahnya bercerita pada seorang sahabat?
Sesampainya di rumah Dave, Nate langsung mengetuk pintu rumah Dave. Dan tak begitu lama Ibunya sudah membukakan pintu untuknya. Seorangg wanita paruh baya bertubuh gemuk, berkulit putih dan rambut yang berwarna hitam pekat sehitam matanya. Sikapnya yang sangat keibuan membuat suasana rumah ini menjadi hidup, beda sekali dengan rumah Nate yang seperti kuburan. Tidak ada teriakan dari seorang Ibu yang menyuruhnya mandi atau makan atau membersihkan kamar. Yang ada ia yang memanggil Bi Minah untuk menyiapkan makan. Ia sangat senang berada si rumah ini, suasana kehangatan yang begitu terasa, nate sangat iri dengan Dave atas keluarganya yang sempurna itu.
"Eh ada Nathan, masuk nak"
"tante, sore te, Dave nya ada?"
"ada dikamarnya, langsung ke kamarnya aj a Nate, sama bilangin ke dia suruh selesain tugasnya hari ini"
"oh iya te, kalo gitu aku langsung ke kamarnya aja ya"
"iya, sana"
"mari te"
Wanita itu hanya membalas anggukan. Nate langsung berjalan menuju kamar sahabatnya itu.
"Hoy, anak males. Gue ada disisni"
"weee, Nate, sejak kapan elo disini?'
"barusan nyampe, nyokap loe nyuruh gue langsung ke sini, Bokap loe mana?"
"oh bokap gue lagi di luar kota"
"tambah kaya aja elo"
"tetep aja nate, lebih kaya elo. Bokap kerja, elo kerja. Uang elo seberapa coba, rumah gede, mobil banyak, asset punya elo sendiri juga ada, Gila lu bro, usaha apaan loe bisa jadi kaya beginian"
"Saham, makanya belajar yang bener, bisa dapet uang sendiri, ngga harus lulus udah bisa punya asset sendiri. Elo aja belajar ngga pernah becus, jalan mulu sih elo, masa ini masih efek samping elo putus si?, malu gue kalo itu alesannya"
"ya emang itu alesannya, gue masih sakit hati sama perbuatan cewe itu"
" bukan salah cewe elo kali, ya elo aja yang salah persepsi, makanya jadi orang jangan gampang jelous"
"Iyadeh terserah elo, kalo beginian pasti elo yang bener"
"ih emang kenyataannya"
"yaudah daripada kita tengkar gara-gara tuh cewe, elo ngapain ke rumah gue setelah sekian lama? Pake bawa donat segala, gue masih bisa beli ya, jangan ngehina loe"
"eh, sapa juga yang ngehina, lagian ini bukan buat elo, ini buat adek-adek elo, awas sampai elo ngambil 1 donat"
"ih galak bener si lu, santai aja paling ni donat ga bakal sampe di tangan adek-adek gue... hahaha, emangnya lo ngapain juga ke rumah gue? tumben bener loe ke rumah gue pake bawa beginian segala"
"eh itu .... gini sekarag gue lagi bimbang banget"
"bimbang apaan lagi, perasaan dari dulu semua pilihan loe bener semua deh hahaha..."
" ih dave seriusan, ini tuh pilihan berat"
Dave mengerutkan dahinya, dia tahu benar bahwa saya butuh dia saat ini, saat itu juga dia membetulkan posisi duduknya dan memindahkan fokusnya kepadaku.
"cerita."
"jadi gini, sebelumnya gue nulis essay buat tugas dosen. Terus essay itu, tanpa sepengetahuan gue, essay itu diajuin dosen gue buat lomba yang diadain sama PT. Angkasa Jaya. Padahal tu essay gue bikin ga niat bener"
"terus?"
"ih otak lo itu rasanya udah ga bekerja lagi deh, masa lo ga paham?"
"paham lah emang lo pikir gue idiot sampe gue ga paham? terus kenapa lo menang? terus? kan kalo menang juga syukur lah, elo itu pinter tapi goblok, bingung dah gue sama elo, bisa nggak sih elo itu ngeliat sekeliling lo. Nate gue itu bingung apa otak lo udah dibutakan sama ilmu sampe elo ga bisa liat sekitar lo lagi. Diluar sana, diluar batas akal yang elo ketahui, diluar batas pengetahuan lo, masih banyak orang yang kepingin jadi elo, berada di posisi elo, dan lo yang udah dapet ini semua? lo nyia-nyiain kemenangan elo lo dan lo bakal nolak kemenangan sama hadiahnya kan? Lo itu idiot asli deh"
"dave lo gatau apa yang gue rasain, gue ga masalah sama gue dapet juara, tapi hadiahnya, itu yang gue ga bisa terima, mana hadiahnya diserah terimain di tempat gituan lagi"
"emang apaan?"
"gue dapet beasiswa lanjut S2 dan dapet kontrak kerja, jabatan tingggi katanya"
"nah loh, lo itu idiot model gimana coba, tobat deh gue punya temen kayak lo. Kan enak to raden Nate. Lo itu nggak punya kaca apa ya? gereget gue sama lo. Lo itu kayak udah dikasih gunung emas tau nggak, arghh susah lah ngomong sama ele. Gini ya elo udah dapet beasiswa, S2 lagi, terus kontrak kerja, sama PT apa itu angkasa apa, bodo lah. Tapi gue tau itu perusahaan besar, mesin kan? banyak yang kepingiin di posisi lo Nate, dan dengan hadiah ini masa depan lo terjamin, sampe lo punya cicit juga bakal terjamin hidup keluarga lo."
"tapi gue ga tau dave apa yang bakalan orang-orang kantor nanti rasain. Gue yakin pasti ada pegawai yang lebih tua atau kerja lebih lama dari gue dan udah nanti-nanti jabatan gue saat itu, dan apa yang bakalan ada di pikiran meraka kalo mereka tau atasannya itu anak muda, anak baru, terus gue dikucilkan, dibenci, dicerca. Sama aja gue kerja sama mayat, gue ga bakal bisa ngomong sama mereka. Pasti itu dave, pasti. Gue ga bakal dianggep atasan, dan yang ada malah progress perusahan nurun karena mereka mungkin nantinya ga bakal setuju ato sepaham sama gue"
"ya bodo lah ama apa yang mereka omongin, toh semua ini juga hasil kerja keras elo. Toh kalo mereka di jabatan elo mungkin mereka ga bisa jadi atasan sebaik elo, so... ambil dulu lah, apapun resikonya adepin aja dulu. Stay cool"
Aku menghembuskan napas panjang dan berat. Itulah dave, semua yang dikatakannya selalu berdasar kenyataan, dan memang hal-hal yang dikatakannya logis. Tapi bagiku semua ini berat. Belum lagi Hillary.
"gitu doang tujuan lo dateng kemari?"
"ada lagi"
"apaan?"
"cewek"
KAMU SEDANG MEMBACA
FAITH
Romantizmcinta yang tumbuh dalam sebuah ikatan persahabatan. Hitam putih kehidupan yang membuat kisah cinta mereka menjadi lebih istimewa.