11. Seminar

996 50 0
                                    

Keesokan hari nya

Kitapun sudah berkumpul di  lapangan sekolah, dan siap-siap untuk mengikuti seminar. Dan mendengarkan pengaran dari Bu Shinta

"Ya anak-anak sekolah kita di undang untuk mengikuti seminar... Dan kalian yang mendapatkan nilai UN terbaik kemarin harus menjadi narasumbernya, kalian tenang aja pertanyaannya hanya seputar sekolahan kok" Ucap Bu Shinta yang tau dari mimik wajah kami yang bingung, kenapa kita yang jadi narasumbernya?

Kami pun hanya mengangguk-angguk tanda mengerti. Untuk mempersingkat waktu kitapun langsung naik ke mini bis dan berangkat sekarang.

Selama di perjalanan bis, semuanya bersenang-senang karokean bareng, dan lain-lain.

Oh iya Erika dan Gilsha juga ikut lohh... Walaupun mereka gak termasuk anak yang memperoleh nilai terbaik, tapi mereka diminta Bu Shinta ikut untuk dokumentasi kita nanti saat seminar berlangsung.

Jadi lengkap dechh kita, ada Zega, anak kembar, dan ada Bu Shinta (guru favorit anak GIS). Betapa bahagianya aku hari ini. Ehh sampe lupa ada Jesika juga.

Sesampainya di gedung seminar. Sudah ada banyak orang yang datang. Kamipun segera mempersiapkan semuanya. Erika dan Gilsha pun juga Mempersiapkan kameranya untuk dokumentasi.

Setelah siap... Acara pun di mulai dengan pembukaan yang di bawakan oleh MC dengan semangat.

Dan sekarang adalah waktunya sesi tanya jawab. Banyak penonton yang antusias ingin bertanya...

Dan pertanyaan pertama diutarakan oleh anak SMPN Sahaja.

"Kakak-kakak bisa gak jelasin IPA itu tuhh apa sih, trus IPS juga itu apa? secara pengertiannya. Supaya aku yang bentar lagi juga mau masuk SMA bisa menentukan nantinya masuk IPA/IPS nantinya melalui banyak nya gambaran-gambaran dari banyak orang." Ucap siswa perempuan SMPN Sahaja itu.

"Iya IPA itu Ilmu alam atau ilmu pengetahuan alam (natural science) adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapanpun dan di manapun. Orang yang menekuni bidang ilmu pengetahuan alam disebut sebagai Saintis." Jawab Jesika panjang dan jelas.

"Lalu IPS adalah Ilmu sosial (social science) atau ilmu pengetahuan adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya." Jawab Izqy singkat dan padat.

Pertanyaan kedua :
"Apa sih keunggulan bahkan kekurangan dari IPA maupun IPS?" tanya anak laki-laki dari SMPN 12.

"Kelebihan IPS :
1. Ketika memasuki kuliah berilmu sosial seperti ekonomi. Tidak mengalami banyak kesulitan. Untuk yang suka bersosialisasi mungkin anda berbakat untuk berpolitik. :v
2. Belajar ditekan mempelajari mengenai kehidupan sosial yang ada
3. Menyadari tentang kehidupan sekeliling (Sosial)

Kekurangan IPS :
1. Sulit untuk memasuki jurusan IPA ketika kuliah, Ingat aku bilang " Sulit ya... Bukan tidak bisa!" Jurusan IPS masih bisa hanya saja kalau mau masuk jurusan IPA harus belajar lagi, Tapi masih bisa untuk masuk jurusan IPA ketika kuliah tapi peluangnya sedikit." Jawab Alisha.

"Kelebihan IPA :
Sebagian orang banyak memilih IPA karena menurut mereka Jurusan ini dapat mengambil jurusan IPS maupun IPA sendiri pada waktu memilih jurusan ketika kuliah, Tetapi jurusan ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya:
1. Dapat mengambil jurusan apa saja ketika kuliah
2. Pembelajaran matematika yang diterapkan lebih banyak
3. Jika ingin masuk jurusan IPA tentu akan lebih mudah ketika mengambil jurusan ketika kuliah

Kekurangan IPA :
1. Lebih banyak pada pelajaran ilmu alam, dan sedikit mengetahui tentang realita sosial yang ada di masyarakat. (Karena tidak mendapat pelajaran sosial)
2. Jika mengambil jurusan IPS pada waktu kuliah nanti (Misalnya ekonomi) akan mengalami kesulitan pada mata kuliah pengantar akuntasi." Jawab Elby

IPA or IPS Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang