How To Be A Good Writer - Discussion (Part 10)

2.8K 315 29
                                    

Gak nyangka udah sampe discussion yang ke sepuluh aja.

First of all, makasih buat kalian yang doyan banget nanya jadi aku bisa ada kerjaan buat update, JANGAN BOSEN BERTANYA YA!

Pertanyaan nya itu dari :

" @peezygeek : MALAS. DEMI APA DAN SEBANGSA APA ITU ADALAH BESTFRIEND GUE! SAHABAT BANGET! GIMANA DONG GUE GABISA NINGGALIN DIA GIMANAAAAAA? :,( "


fyi , nih orang kalo ngomen gak nahan banget capslock nya bikin gregetttt<3

Pertayaan dia adalah hal yang SERING banget aku ceramahin ke orang lain but aku juga kayak gitu.

DULU ya, sekarang udah dalam proses pembuangan rasa malas.

M>A>L>A>S.

Kayaknya semua orang kayak gini. HAHAHAHA no offends cuman , ayolah , kalian yang punya adek pasti sering banget nyuruh adek kalian buta ngelakuin sesuatu ke kalian kan? Contoh nya , ke warung atau masakin Indomie. Itu aku BANGET!

Malah aku pernah nyuruh adek aku buat ambilin minum. Serius ini udah parah banget. Dan lebih parah nya aku pernah teriak-teriak manggil adek aku yang ada di ruang tamu buat ke kamar karna aku minta tolong ke dia matiin lampu kamar , i mean ERRRR come on , aku ada di kamar why i have to shout my sister name to turn off the lamp padahal aku bisa. So, lihat lah betapa akut nya rasa malas aku itu.

Tapi sekarang udah gakh gitu kok. Udah rada meningkat sedikit rasa rajin nya.

Dan sebenernya aku uda males buat jawabin pertanyaan ini karna kebanyakan orang yang udah aku kasih saran atau masukan mereka tetep aja pada akhirnya bilang "Ya, tapi mau gimana lagi. Rasanya tuh susah banget buat gak males."

Kalo kamu tipe orang yang kayak gitu dari sekarang gausah ngelanjutin baca saran aku ini karna percuma , ryt?

So , saran aku itu gak lain dan gak bukan adalah tumbuhkan NIAT di dalam diri kalian sendiri.

Kalian mau gak males tapi gak punya niat buat ngilangin nya buat apa? Sama aja kalian naruh bibit tumbuhan di aspal. Gak akan tumbuh , gak ada gunanya juga cuman buang-buang waktu.

So, please mulai tumbuhkan niat kalian buat ngilangin rasa MALAS kalian itu.

Setelah itu , mulai hidup disiplin dengan cara , mulai buat schedule kecil-kecilan yang isinya jam berapa kamu bangun , jam berapa kamu doa atau shalat , jam berapa kamu makan , jam berapa kamu bantuin orang tua , jam berapa kamu belajar , jam berapa kamu main. Nah , yang paling penting sisain wkatu dalam 24 jam yang udah di kurangin wkatu tidur itu waktu buat kalian sendiri. Sisain waktu buat "Me Time" karna itu penting.

Sebagai penulis kalian harus punya waktu "Me Time" yang berkualitas buat memunculkan ide baru.

Nah, kalo udah buat jadwal nya , ya, jangan di buat aja. Tempel di tempat yang setiap hari kalian sering lewat atau liat. Kayak misal nya di pintu lemari , di kaca kamar mandi , di selipin di phonecase kalian , atau tempat yang strategis.

Terus di sebelah jadwal itu kalian kasih tabel atau kolom. Nanti kalo jadwal nya udah kalian kerjain langsung di ceklis atau di centang atau di tandain. Nanti kahir bulan atau minggu kalian cek deh tuh. Seberapa banyak tanda centang dan tanda silang. Kalo lebih banyak tanda centang nya berarti kalian berhasil jadi lebih baik tapi kalo sebaliknya kalian harus lebih bekerja keras lagi.

Kalo kalian emang udah niat ngebuang rasa malas kalian pasti cara ini berhasil.

Kita juga harus mikir ke depan. Gak peduli seberapa muda usia kalian tapi kalo pikiran kalian dewasa itu akan membantu kalian.

Emang sih , sekarang enak banget tuh kerjaan nya makan-tidur-mandi(itu juga kalo di suruh)-sekolah-tdur-makan-online.

Tapi kita gatau 5 atau 7 tahun kedepan hasil apa yang akan kamu terima dari kemalasan kamu di masa muda.

Mau sukses emang susah kali, harus banyak yang di korbanin termasuk waktu dan rasa malas.

Inget satu pantun gak yang bilang "Berakit-rakit ke hulu , berenang-renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu , bersenang-senang kemudian."


Nah, di situ jelas banget. Kalo kalian mau bahagia di masa tua maka kalian harus pergunakan masa muda kalian semaksimal mungkin.

Aku harap pikiran sama mata kalian sih lebih terbuka setelah baca saran aku ini.

Makasih sebelum nya.

WARM HUGS,

ME

WGB [I] : Writing SecretsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang