Discussion About Last Question

1K 124 2
                                    

Makasih untuk semua yang udah ngasih aspirasi, komen atau apapun yang ada di otak kalian waktu itu.

Dan aku akan ngebahas di chapter ini.

So, aku setuju sama salah satu komen dan MAAF BANGET aku lupa nama nya.

Pokok nya dan inti nya, maksud dia itu,

Jadi, sequel itu gak harus selalu ada karna hanya permintaan si pembaca.

Dan ada yang komen juga dan aku setuju, bisa aja mereka hanya ikut-ikutan minta dan setelah di buat sequel ujung-ujung nya mereka gak baca juga.

Hasil nya apa?

Percuma.

Pasti, niat awal si penulis buat sequel agar bisa memberikan apa yang pembaca minta.

Tapi kan yang minta juga gak baca. Nah, buat apa di bikin kalo ujung-ujung sakit hati karna gak semua pembaca yang minta itu membaca sequel nya.

Nah, menurut aku kenapa sequel gak perlu. Aku setuju dan sepemikiran banget sama komen yang bilang,

biarin aja misalnya ceritanya ngegantung. Ya biarin aja. Biar kita tinggalin cerita itu ngegantung dan selebih nya biarin pembaca menjadi liar dengan imajinasi nya.

Tapi, ada juga yang belom puas kalau gak ada sequel.

Nah, solusi nya,

hati-hati dan jangan terbuai dengan komen-komen yang minta sequel. Itu bisa jadi jebakan juga. Karna, bisa aja mereka cuman ikut-ikutan minta seqeul tapi ujung-ujung nya gak dibaca.

Nah, dibutuhin juga kepekaan dan insting seorang penulis.

Biasa nya. Kalo menghadapi situasi kelabilan seperti ini, mereka bisa ngegunain isnting dan kepekaan mereka untuk melihat situasi dan keadaan.

Percaya deh, jawaban nya akan muncul sendiri kalau kalian ngegunain insting kalian.

Tapi gak haram kok ngebuat sequel. Sah-sah aja.

Karna, lagi, itu tergantung bagaimana kalian ngebawa cerita kalian juga.

Kalo sequel nya ternyata lebih seru dari first book nya, berarti kalian berhasil.

Ada satu cerita yang bener-bener complicated sampe itu abis sequel nya lagi ada buku baru nya lagi. Jadi sampe tiga buku.

Tapi aku gak bosen baca nya dan yang baca juga setia bahkan lebih banyak. So, bisa di simpulkan kalau dia memang punya passion dalam menulis dan dia berhasil negbawa kita sebagai pembaca untuk tetep setia sama ceritanya. Untuk selalu nunggu chapter baru dari cerita itu and stuff.

Jadi, pergunakan insting kalian sebagai penulis. Hal ini juga menguji diri kalian, apakah menjadi penulis itu karna punya bakat atau hobi aja.

Kalau hobi, percaya deh kalian bakal susah dapetin jawaban nya.

Good luck!

Sincerely,
Elizabeth.

WGB [I] : Writing SecretsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang