Aku hanya membagikan sesuai dengan pengalan ku.
So, buat kalian yang udah baca Liam Payne's Love Story and was like, what the hell? It's a cheesy and clichès love story.
I know, Guys i know.
Kenapa itu bisa terjadi?
Aku menulis sebelum membaca.
Ngerti maksud nya gak?
Nah, jadi gini.
Menurut aku, dan sesuai dengan pengalaman, kalau kita mau menulis, yang harus di lakukan sebelum nya adalah, banyak membaca.
Dan baca lah cerita dengan genre yang sama dengan cerita yang mau kalian tulis. Itu juga bisa menjadi cara buat menambah perbendaharaan kata kita dan sedikit pengetahuan.
Contoh nyata nya ada, kalo kalian baca The Doctor nya everyonecallmeAl, itu cerita pertama dia, dan kenapa bisa lebih bagus banget dari cerita pertama aku yang alay amit-amit subahanallah banget itu?
Satu kunci nya,
sebelum dia mencoba nulis cerita pertama nya itu, Al udah banyak baca. Dia udah punya banyak perbendaharaan kata nya. Jadi selain emang nulis itu bakat nya dia, terus dia juga mau mengasah nya dengan banyak membaca.
Hasil nya?
Liat aja cerita pertama nya dia.
Beda banget sama aku :'''') aku mah apa atuh.
Nah, kenapa aku bisa nulis alay banget?
Itu cerita udah cerita tahun jebot, dan dulu belom ada wattpad :'') biasa baca dari novel dan novel yang aku punya, aku barus sadar kalo cerita nya itu juga kurang bagus buat jadi referensi.
Jadi, apa kesimpulannya?
Hati-hati dengan apa yang kamu baca. Karna itu juga mempengaruhi apa yang akan kamu tulis.
Sebagai contoh,
Ada satu botol hitam kosong yang kamu isi dengan minyak. Nah, kalo kamu keluarin isi nya, maka yang keluar itu minyak kan?
Intinya, apa yang kamu tabur itu juga yang akan kamu tuai. Kamu nanem jagung, maka yang akan kamu panen ya jagung. Gak mungkin kamu nanem jagung pas panen nya yang di panen duren.
Begitu juga dalam dunia menulis. Kebanyakan baca cerita chessy alay, jadi nanti pas kamu nyoba nulis juga yang keluar hal-hal chessy alay.
So, hati-hati dengan apa yang kamu baca.
Karna aku juga ngerasain.
Kebanyakan baca cerita yang kayak text dan calling gitu. Akhirnya, perbendaharaan kata aku hancur.
Pas aku mau nulis cerita lagi, gak ada deh tuh kalimat baku, yang ada cuman bahasa sehari-hari yang kewl dan gawl gitu.
Yak! Gitu aja yak!
Semoga bermanfaat.
Lovey Dovey,
Elizabeth Lizzy.
KAMU SEDANG MEMBACA
WGB [I] : Writing Secrets
NezařaditelnéSooooo, aku akan sedikit berbagi ilmu buat kalian semua yang mau jadi penulis or sekedar menjadi amatiran aja. I believed dengan "Hukum Tabur-Tuai" Aku disini gak ada maksud menggurui sama sekali, aku cuman pengen ilmu yang aku punya akan aku tabur...