How To Be A Good Writer - Disscussion (Part 12)

1.4K 150 19
                                    

Aku sebenernya mau update new chapter. Tapi bingung dengan topik yang mau di bahas.

Dan terimakasih juga buat yang udah komen pertanyaan di previous chapter.

Itu membantu banget.

Well, aku mau jawab satu pertanyaan dari pertanyaan-pertanyaan kalian.

Pertanyaan ini juga yang aku rasain sih sebenernya. Jadi mau ngejawab. Semoga bermanfaat!

Bagaiman cara membagi waktu antara update dengan kesibukan sehari-hari (sekolah, les, kerja, belajar dll.)

> Aku ngerasain ini banget. Ngerasain betapa sibuk nya dan banyak nya hal-hal lain yang masih harus di kerjakan selain update wattpad.

Kayak sekolah, les (tapi aku orangnya males les jadi aku gak ngambil les apapun), terus aku juga lagi sekolah non formal juga, belum lagi kegiatan organisasi, kegiatan rohani, rapat dan semacam nya.

Nah!

Kalian kan pasti ngerasa waktu kalian udah tersita sama hal-hal seperi itu.

Jadi ngerasa 24 jam sehari itu kurang.

Nah kalo menurut aku dan yang udah pernah kita bahas juga.

Mulai buat jadwal kecil-kecilan buat diri kita sendiri.

Jadwal kita belajar (enak nya sekarang lagi liburan) , bangun, sholat atau berdoa, dan jadwal update cerita pun juga harus di sisipkan.

—disini maksud aku update cerita itu udah termasuk ngetik dan upload nya ya—

Bener deh menurut aku itu cara yang paling ampuh.

Walaupun kalian masih muda. Tapi mulai dari masa muda kalian lah kalian coba buat hidup kalian teratur atau lebih sistematis lagi.

Mau sukses kan?

Pastilah, nah untuk mencapai kesuksesan kan gak hanya tinggal ngedip terua melek lagi kita langsung jadi orang sukses.

Dibutuhkan proses.

Nah, anggap aja bikin jadwal kayak gini dan nerapin di hidup kalian itu sebagai proses kalian menuju kesuksesan.

Sukses menjadi soon-to-be penulis yang sukses —Amin!!!—

Kenapa?

Kalian mikir kalian masih muda dan masih butuh main dan bersenang-senang?

Gini deh, mungkin kalian belom ngerasain dampak yang kalian lakukan sekarang. Tapi itu PASTI akan berasa di masa depan nanti.

Kalau kalian memakai masa muda kalian dengan membuang-buang waktu dan menerapkan kata 'Y.O.L.O' di hidup kalian yaudah itu sih udah keliatan akan jadi apa masa depan kalian nanti.

Tapi bukan berarti kalian harus terus hidup serius.

Semua ada waktu nya, kan?

Gitu juga hidup.

Ada waktu nya kita serius buat ngelakuin visi-visi kita untuk mencapai goals kita.

Tapi ada masa nya juga kita 'istirahat'. Ambil waktu sehari dalam seminggu untuk di jadikan Me Day.

Waktu dimana kalian merilekskan otak kalian, pikiran dan tubuh.

Nah, terus selain bikin jadwal kecil-kecil itu.

Harus ada komitmen.

Komitmen kalian dalam menulis. Percaya deh kalau ada komitmen.

Secapek apapun kalian hari ini pasti akan menyempatkan waktu buat update.

Karna apa?

Karna kalian punya komitmen dan kalian bukan tipe orang yang suka melanggar atau menyepelekan tanggung jawab.

Tapi kalo emang kalian juga punya passion. Percaya deh, secapek apapun kalian hari itu

Semuanya tuh rasa nya hilang pas udah duduk di depan laptop dan ngebuka website wattpad.

Aku berharap ini ngebantu kalian ya. Aku mohon banget kalo bisa leave your vomment.

Karna kalo kalian gak leave komen aku jadi ngerasa semua yang aku bagi-in percuma dan gak bisa klian tangkep.

Lovr mwah,
Me.

WGB [I] : Writing SecretsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang