Here is the Dont's for all of you.
1. Jangan Sombong.
Ini yang paling penting dari yang terpenting. Harus tetap rendah hati no matter what.
Inget cerita aku tentang author sombong itu?
Nah, aku harap kalian yang lagi baca ini gak ada yang seperti itu.
Karna seperti kata petatah, kacang lupa kulitnya.
Well, bisa diterjemahkan menjadi,
Kita terjun di dunia wattpad gak langsung dapet ratusan ribu pembaca kan? Pasti kita mulai semua nya dari Nol.
From zero to hero, ryt?
Nah, jadi, kalau kalian udah melewati masa zero itu dan udah berada di masa hero. Jangan langsung sombong dan besar kepala. Bersyukur aja bisa sampai sekarang ini.
Lebih gondok lagi, masih di masa zero tapi udah sombong banget melebihi yang lain.
Kalau kayak gitu mah mati aja :''')
2. Menelantarkan Cerita.
Mengambil keputusan untuk menjadi penulis walaupun masih amatir juga itu tanda nya kita udah siap menanggung setiap resiko dan melakukan semua tanggung jawab.
Amatir aja ada resiko dan tanggung jawab nya, apalagi yang profesional.
Salah satu contoh nya, untuk terus update cerita yang masih on going. Kecuali!
Kalian mau break sejenak, seengak nya dikasih tau kalau cerita nya ON HOLD.
Jadi kamu gak pehape-in pembaca kamu yang nungguin. Cukup di pehape-in gebetan aja, sama penulis ya jangan :'')))
3. Copy Paste.
BENCI BANGET WOY SAMA ORANG YANG SUKA CO-PAS CERITA ORANG :''))))
Masih mending ada credits atau bilang-bilang kek, tapi kalo udah niru terus gak ada credits atau bilang-bilang, elah udah gak layak hidup plagiat mah :''')
Jahat?
Gak ada yang lebih jahat dari ngambil cerita atau ide cerita orang seenaknya tanpa bilang-bilang. Itu kan termasuk pelanggaran hukum.
Nah, lebih nyesek lagi. Udah niru tapi cerita dia lebih banyak di baca daripada yang ditiru cerita nya. HAHA yampun.
4. Sok Kenal.
Ya ampun.
Maaf kalau ada yang tersinggung atau apapun tapi serius aku gak suka sama orang yang sksd.
Banyak banget dari mereka, bukan kalian, yang main inbox atau leave message bilang,
'Follback El.'
'El, baca cerita aku deh. Makasih sayang :* '
'Kak el! Follback aku ya.'
Bukan sombong atau gimana but i was like, who the hell are you? Gak kenal main minta follback dengan embel-embel El atau Kak El.
Dan kayak nya gitu juga penulis lain. Seenggak nya lakukan pendekatan dulu, itu lebih ampuh dan sopan.
Karna kalau udah dekat, ya otomatis akan di follow balik.
Jangan gak kenal terus minta follow pake bawa-bawa nama biar dikata deket :'''))))
5. Nama.
Aku banget!
Dulu, aku suka kehabisan nama tapi cerita aku ada 3 sampai 4 jadi nama nya gak jauh beda.
Contoh,
di cerita 1 si Lizzy jadi pemeran utama.
Di cerita 2 si Lizzy jadi figuran.
Di cerita 3 si Lizzy jadi pemeran antagonis.
Di cerita 4 si Lizzy jadi nama pembantu nya.
Beda peran sih, tapi nama tetep sama.
Nah, itu jangan sampe kejadian lagi deh sama aku atau sama kalian.
So, aku saranin buat browsing aja di Google nama-nama kayak gitu.
Atau tanya orang tua atau orang terdekat kalian.
6. Menulis Hanya Rutinitas.
Siapa disini yang nulis karna mau menyelesaikan tanggung jawab atau sebagai aktivitas yang di lakukan kalau lagi gak ngapa-ngapain banget?
Gigit nih.
Nyebelin banget.
Nulis tuh gak sembarang nulis. Harus ada gairah nya. Bukan karna rutinitas juga.
Harus benar-benar dengan beban hati. Jadi, kalian juga bisa menyatu dengan ceritanya dan pembaca kalian juga bisa dapet setiap feels nya.
Nikmatin aja. Jangan karna di paksa juga.
-
Aku rasa itu aja. Maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan, aku khilaf :''')))
Penulis Alay,
El.
KAMU SEDANG MEMBACA
WGB [I] : Writing Secrets
RandomSooooo, aku akan sedikit berbagi ilmu buat kalian semua yang mau jadi penulis or sekedar menjadi amatiran aja. I believed dengan "Hukum Tabur-Tuai" Aku disini gak ada maksud menggurui sama sekali, aku cuman pengen ilmu yang aku punya akan aku tabur...