👌Fastabiqul khairat

618 25 0
                                    

🌺 Inti Agama Islam, *Berlomba Melakukan Kebaikan dengan Sukarela*

Seringkali Al-Qur’an dalam berbagai ayatnya menganjurkan untuk melakukan kebaikan secara sukarela.

Bahkan bahasa Al -Qur’an mengajak kita untuk bersegera dan berlomba dalam kebaikan tersebut,

...فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا

“Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan.
Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya.” (QS.Al-Baqarah:148)

Berbuat secara sukarela adalah melakukan sesuatu tanpa pamrih atau berharap balasan dari manusia.
Tapi ingatlah, bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan kebaikan kita.
Karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Mensyukuri (membalas kebaikan hamba Nya).
Allah berfirman,

وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

“Dan barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.” (QS.Al-Baqarah:158)

Setelah mengajak kita untuk berbagi kebaikan dengan sukarela, Al-Qur’an memberikan contoh-contoh perbuatannya.
Seperti menganjurkan untuk memberi sedekah, amar ma’ruf dan mendamaikan perselisihan. Allah swt berfirman,

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ

“Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia.” (QS.An-Nisa’:114)

Contoh lain dari amal secara sukarela adalah membantu atau memberi pertolongan kepada orang lain secara umum, apapun bentuk kebaikan itu.

مَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً يَكُنْ لَهُ نَصِيبٌ مِنْهَا

“Barangsiapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang baik, niscaya dia akan memperoleh bagian dari (pahala)nya.” (QS.An-Nisa’:85)

Tak hanya memberi bantuan, bahkan mengajak orang lain untuk berbuat baik adalah termasuk contoh dari perbuatan sukarela yang ditekankan oleh Al-Qur’an.

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan.” (QS.Ali ‘Imran:104)

Lalu kebaikan apa yang dimaksud  ?

Tentu kebaikan secara umum yang dianjurkan oleh akal dan syariat.

Sedekah adalah kebaikan.
Menyebarkan ilmu…
Menikahkan seorang yang belum menikah…
Membantu orang-orang miskin dan yang membutuhkan…
Membangun rumah sakit dan fasilitas kesehatan…
Menyekolahkan anak-anak yang tak mampu…
Menguatkan agama para pemuda…
Melawan keburukan dan kemaksiatan…

Dan masih banyak lagi bentuk-bentuk kebaikan yang tak mungkin kita sebutkan satu per satu.

Intinya kebaikan itu begitu luas. Dan yang terpenting adalah melakukannya dengan sukarela dan tulus untuk meraih ridho Allah semata.
Dengan tujuan agar bermanfaat bagi masyarakat dan berkhidmat untuk mereka.

Tak cukup demikian,
Al-Qur’an juga memberi contoh tentang manusia-manusia yang hidupnya penuh dengan khidmat dan sukarela demi masyarakat.
Mereka lah para nabi yang menjadi contoh nyata dari ayat-ayat Nya.

🍁 Semoga Bermanfaat🌾

BACK TO ALLAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang