🌾 Satu Ayat yang Merangkum Sejarah Kehidupan Manusia

234 15 0
                                    

🕋 Khazanah Al-Qur'an🌴

Rabu, 03 Januari 2018

🌾 Satu Ayat yang Merangkum Sejarah Kehidupan Manusia

Allah swt berfirman,

تَاللَّهِ لَقَدْ أَرْسَلْنَا إِلَىٰ أُمَمٍ مِنْ قَبْلِكَ فَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ فَهُوَ وَلِيُّهُمُ الْيَوْمَ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
“Demi Allah, sungguh Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau (Muhammad), tetapi setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan mereka (yang buruk), sehingga dia (setan) menjadi pemimpin mereka pada hari ini dan mereka akan mendapat azab yang sangat pedih.” (QS.An-Nahl:63)

Kali ini kita akan berhenti pada sebuah ayat yang luar biasa.

Ayat ini menyajikan makna dan pelajaran yang luas, menampilkan kondisi masyarakat secara nyata dan menyimpulkan kisah panjang perjalanan manusia.

Dan pelajaran-pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Allah telah membagi segala sesuatu dalam kehidupan manusia dengan sempurna. Tak terkecuali pembagian para nabi dan rasul di setiap tempat dan waktu.

2. Rasulullah saw telah mengabarkan bahwa telah sempurna hujjah bagi umat-umat terdahulu.
Semuanya telah dijelaskan oleh para nabi dan rasul, namun mereka lebih memilih untuk meninggalkan kebenaran dan mengikuti setan.

3. Ayat ini mengungkap bahwa senjata utama Iblis di dunia ini adalah menghiasi amal buruk dengan tampilan yang indah.

Sehingga manusia tidak sadar bahwa dia sedang berada dalam keburukan dan kesesatan.
Manusia dibuat selalu merasa benar dan bersih dari dosa.

4. Ayat ini juga menjelaskan kepada kita bahwa sepanjang sejarah, para nabi dan rasul adalah penghubung antara manusia dengan Risalah Allah swt.

5. Siapapun yang menjadikan setan sebagai pemimpinnya maka ia tidak akan mendapat rahmat Allah di akhirat kelak.

Tidakkah ia berpikir bahwa selama ini ia hidup di dunia bersama setan, lalu ia berharap hidup di akhirat bersama Allah  ?

🍁 Semoga Bermanfaat🍀

BACK TO ALLAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang