Kalajengking Masuk Kedalam Bajunya tapi Malah Sibuk Mengusir Lalat Di Baju orang

19 3 0
                                    

Kalajengking Masuk Kedalam Bajunya Namun Malah Sibuk Mengusir Lalat Di Baju Temannya

Ini penggalan kalimat yang menggambarkan seseorang yang kelewat sibuk dengan oranglain dibanding dirinya sendiri, ia melupakan kebobrokan dirinya, namun tak pernah lewat mengkritisi kawannya.

Mengetahui berbagai macam pelajaran agama, mulai dari akidah, fikih, adab, akhlak, nahwu, Sharaf dan lainnya, tapi naasnya itu semua hanya sebagai senjata menghardik orang lain. Mengapa tidak sibuk dengan merapihkan diri sendiri?

Jadilah orang sibuk yang bijak, Ibnu Qudamah mengatakan,
Jadilah diantara dua orang sibuk, pertama orang yang sibuk dengan memperbaiki dirinya sendiri, dan kedua, orang yang sibuk memperbaiki orang lain setelah memperbaiki diri sendiri. 

Jangan sibuk dengan fardhu kifayah, namun  yang fardhu ain luput.

Tentu, bukan untuk menimbulkan sikap cuek kepada sesama, tapi ini perkara yang patut diperhatikan dan didahulukan. Allah berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنفُسَكُمْ
Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu;  (QS. Al Maidah:105)

Allah berfirman,
{يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ}

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At Tahrim: 6)

Allah memerintahkan agar memperhatikan diri sendiri lalu orang lain, karena siapa yang tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri, bagaimana ingin menyelamatkan orang lain?


Jakarta, 17 Rajab 1443
18\02\2022
Muhammad Halid Syarie

BACK TO ALLAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang