Apa Responmu Dalam Menghadapi Masalah Hidup?

94 5 0
                                    

Pada suatu hari, seorang gadis kecil datang ke ayahnya sambil menangis, “Ayah, aku sudah tidak kuat lagi! Rasanya masalah di dalam sekolah tidak ada hentinya datang ke dalam hidupku! Aku tidak tau apakah aku dapat menahan ini semua setiap hari!”

Sang ayah mengajak gadis ini masukke dalam dapur; lalu dia menyalakan kompor dan mendidihkan tiga panci berisi air. Satu panci diisinya dengankentang, satu diisinya dengan telor, dan satunya lagi diisinya dengan bijikopi.

Ini membuat sang gadis kecil sangat kebingungan, “Apa yang sedang ayah lakukan?”

Tetapi sang ayah tidak mengatakan apa-apa kepada si gadis kecil. Dia hanya meminta si gadis kecil untuk bersabar. Setelah 10 menit, sang ayah mematikan kompor dan memindahkan kentang, telor, dan kopi itu dari panci.

Pertama, sang ayah meminta si gadis kecil untuk menekan kentang yang baru keluar dari air mendidih tersebut. Ketika si gadis kecil menekannya, ia terkejut, kentang itu menjadi sangat lembek sehingga hancur tertekan.

Kedua, sang ayah meminta si gadis kecil untuk membuka cangkang telor.Ketika si gadis kecil membuka cangkangnya, ia melihat bahwa isi telor itu sudah matang, sehingga menjadi keras.

Ketiga, sang ayah meminta si gadis kecil untuk melihat hasil dari biji kopi yang direbus itu. Si gadis kecil melihat secangkir kopi harum yang sudah siap untuk diminum.

Si gadis kecil lalu bertanya, “Ayah, apa maksud dari semua ini?” Sang ayah menjawab: “Anak-ku… Kentang, telor, dan kopi ini mengalami hal yang sama. Mereka dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Kentang yang awalnya keras menjadi lembek setelah dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Telor yang awalnya memiliki isi yang cair, isinya menjadi keras setelah dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Dan yang terakhir adalah biji kopi, biji kopi adalah yang paling menarik diantara ketiganya. Setelah mereka dimasukkan ke dalam air yang mendidih, mereka mengubah air mendidih itu menjadi sesuatu yang baru yang nikmat.

“Jadi… Yang manakah kamu?” tanya sang ayah kepada si gadis kecil.

Di dalam hidup, setiap orang pasti akan mengalami banyak permasalahan. Tetapi setiap orang akan memiliki respon yang berbeda-beda dalam menghadapi permasalahan tersebut. Ada yang akan berubah ke arah yang lebih baik, dan akan ada yang berubah ke arah yang lebih buruk. Kamu ingin jadi yang mana?

Hidup di dalam Tuhan bukanlah berarti akan bebas dari segala macam masalah. Hidup di dalam Tuhan adalah tentang menghadapi segala permasalahan bersamaNya. Belajarlah dari masalah yang kita hadapi… Dan ubahlah pengalaman dari menghadapi masalah tersebut menjadi sesuatu yang positif.

“Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya” (1 Petrus 5:10).

RENUNGAN ALKITAB Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang