Cukup pahami

42 1 0
                                    

Kau tak perlu menjadi seorang wanita untuk memahami mereka. Cukup dengan mengingat bahwa ibumu adalah seorang wanita yang tak pantas kau sakiti hatinya. Begitu pula dengan dia, tak selayaknya kau buat mereka berkawan dengan air mata tiap malamnya.
.
Ada banyak hal yang ingin aku sampaikan padamu.
Mungkin ini adalah beberapa ungkapan yang tak pernah seorang wanita sanggup untuk lontarkan padamu. Jika saja kau tau, betapa menjadi seorang wanita itu tak mudah seperti yang kau pikirkan. Aku pun tak mengatakan bahwa wanita adalah yang tersulit,  namun tak semua wanita bisa melalui hidupnya dengan mudah. Jika saja kau tau bahwa banyak sekali yang menjadikan seorang wanita kuat, termasuk didalamnya adalah luka. Tak semua wanita sanggup mengungkapkan kesedihan, tak semua pula ingin diberikan perhatian dengan sembarangan. Hanya saja memendam itu sungguh tak mengenakkan.
.
Jika saja kau tau, bahwa setiap wanita tak ingin memberikan hati dengan cuma-cuma. Hanya karena kata manis dan Indah dari lelaki pujangga. Tidak. Tidak sama sekali. Tapi, hanya saja itulah kelemahannya. Sewaktu-waktu tembok pertahanannya bisa saja runtuh jika kau sirami dengan segala racik katamu itu.
.
Jika saja kau tau, banyak hal yang ingin perempuan ungkapkan pada lelaki. Agar kalian memahami tentang apa yang mereka rasakan.
.
Namun, sudah sepatutnya menjadi wanita lebih memahami dan mengerti sekitarnya. Karena menjadi dewasa tak hanya untuk sendiri. Kelak nantinya pun, diantara mereka akan menjadi ibu dari anak-anakmu.
.
Sebenarnya kau tak perlu tau bagaimana untuk memahami wanita. Tak perlu kau tanyakan lagi caranya. Kau hanya perlu mengingat, bahwa wanita yang kau kenal saat ini, tak sepantasnya tersakiti. Aku minta, ingatlah ibumu. Mungkin saja wanita yang kau temui saat ini adalah dia yang akan menjadi ibu dari anak-anakmu.

PuisirecehTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang