Grammar - 5 : Tenses & Verbs (2)
Yang pertama, tentang 'got/gotten', ini termasuk di verbs. Nah di kata kerja ini, paling musingin itu di verb 3nya.
Verb 1: get
Verb 2: got
Verb 3: got/gotten
(for make things easier, fyi, biasanya verb 3 cuma dipake di kalimat-kalimat perfect tense dan kalimat-kalimat perfect tense ciri khasnya itu mengandung kata-kata i've/i had+v3 atau she has/had+v3)
British sering make 'got' as verb 3nya 'get'. Sedangkan Amerika make 'gotten' as verb3nya 'get'.
Jadi, kalo dimasukin ke perfect tense, jadinya:
AmE: I've gotten blabla
BrE: I've got blabla
Artinya sama, "aku telah mendapat blabla"Yang kedua tentang kepunyaan. Untuk kasus pertama, biasanya beda bangetnya itu ketika nanyain jumlah temen, atau yang sejenis itu yang kita punya.
Misalnya:
AmE: How many brothers do you have? / How many friends do you have at school?
BrE: How many brothers have you? / How many friends have you at school?
Maksudnya sama, tapi cara nanyanya aja yang beda sebenernya.Untuk kasus kedua, American sering make 'have got' buat nyatain kepunyaan dalam percakapan/tulisan nonformal. Formalnya sama kaya British, pake 'have'.
Misalnya:
AmE: You haven't got much talent like them.
BrE: You don't have much talent like them.Jadi, simpelnya kaya gini:
ID/US/UK
Saya telah mendapat/I've gotten/I've got
Saya mempunyai/I've got/I haveIntinya? 'Have got' di UK sama US punya arti yang beda:)
*Vomments?:)
Is this boring? :(
KAMU SEDANG MEMBACA
AmE - BrE [ID] [✅]
Non-Fiction[Non-fiksi] [Bahasa Indonesia] [C O M P L E T E D] American English - British English Have you noticed the differences?