Halo semua^^
Sesuai janji, Rina ingin merayakan ulang tahun novel pertama Rina bersama kalian yang setia menunggu cerita ini.
Sebenarnya, aku mohon maaf kalau semisal ada yang tidak suka dengan apa yang kutuliskan, gaya bahasa yang sungguh mainstream dan kekurangan-kekurangan lainnya. Juga maaf, kalau semisal aku terlalu percaya diri dampai kelewat dari batasnya.
Terima kasih, untuk kalian yang setia menunggu cerita ini walau tak semua menunggu sampai akhir. Terima kasih banyak, kalian telah membaca, membantu vote dan komen dengan komentar yang menyemangatiku, hingga novel pertamaku berhasil kutuntaskan.
Terimakasih juga bagi pembaca lama yang dulu banget sudah membaca dan bantu voment waktu POM atau MW baru netes alias baru mulai kupublish.
Terima kasih, karena tanpa kalian, POM tidak akan seperti ini.
Senang?
Tentu saja!
Bayangkan, saat kalian menulis sebuah cerita, lalu cerita tersebut berhasil kalian selesaikan, ditambah dengan dukungan-dukungan dari pembaca setia.
Oke, di sini Rina mau berbagi sedikit pengalaman. Mungkin tidak begitu penting, tapi Rina hanya ingin berbagi, semoga bermanfaat^^
Menurutku, meski aku gak tahu semua pembaca itu seperti apa, rata-rata, pembaca POM juga seorang penulis --sama denganku-- kan? Mungkin ada di antara kalian yang pernah merasa nyesel sudah nulis, lalu ada pula yang malas melanjutkan, karena beberapa alasan tertentu. Biasanya, karena pembacanya sedikit dan buntu saat ingin melanjutkan cerita.
Nah untuk kalian yang seperti itu, Rina mau berbagi cerita tentang suka duka menulis POM, yang gak semudah itu mencapai 81,9 k views dan 8,2 k votes. Bagiku, angka tersebut sudah lebih dari targetku, dan aku tidak pernah menyangka, kalau POM bisa mencapai angka itu.
Lalu apa yang aku lakukan untuk mendapatkan itu semua?
Apa masih ada yang berpikir bahwa itu kudapatkan secara instan?
Kenyataannya tidak seperti itu. Untuk meraih semua itu, semuanya memiliki usaha. Dan aku mau berbagi usahaku, mungkin kalian juga bisa melakukan hal yang sama agar mendapatkan hasil yang diinginkan^^
Yang pertama, sabar.
Kenapa?
Karena kalau kalian tidak mau bersabar, kalian akan cepat bosan dan merasa kesal sendiri saat melihat views atau angka pembaca stuck di situ, alias tidak bertambah.
Kedua, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, seperti terkena Writer's Block atau buntu saat menulis, ada baiknya kalian menulis kerangka cerita dari awal sampai akhir. Untuk yang ini, ampuh banget untuk mengatasi hal semacam kebuntuan dan bingung menulis next chapter di saat kita dikejar oleh deadline.
Lalu yang ketiga, sebisa mungkin, kalian update cerita rutin dan tidak sekadar menjanjikan pembaca untuk update, tapi menepatinya. Paling enggak, minimal satu minggu sekali, dan terus dilakukan secara rutin. Pembaca yang menunggu, tidak akan merasa apa ya istilahnya, kayak di PHP gitu, kalau kita tiba tiba gak update sesuai jadwal yang kita janjikan. Pasti merasa kecewa~
Rina sudah coba metode di atas, dan kalian bisa cek dari tanggal tanggal publish di setiap akhir chapter. Dan syukurlah, pembaca tetap menunggu walau mereka juga bersabar menunggu jadwal update selanjutnya.
Itu, tulisanku saat cek peringkat, banyaknya pembaca dan vote saat awal awal POM atau yang dulunya berjudul Magic World masih berada di angka seribu ke atas. Dibanding sekarang, catatan di atas membuktikan kalau aku juga pernah ada di masa-masa itu, masa di mana aku ragu melanjutkan karena melihat jumlah views dan vote yang sedikit.Tapi, saat bersabar, terus rutin update, dan menulis plotline biar gak buntu, lambat laun, POM juga memiliki banyak kemajuan, sesuai dengan apa yang kutulis di atas.
Nah, semua gak ada yang instan. Semua butuh usaha. Semua punya tingkatannya sendiri sendiri. Jadi, bagi penulis baru, jangan mudah menyerah ya, dan semoga cerita tentang pengalaman Rina bisa membantu semangat kalian untuk lanjut menulis.
Oke, segitu saja ya~
Mungkin di lain waktu, kita bisa terus berbagi dan saling mendukung satu sama lain. Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya ya~ pasti kujawab kok.
Oh ya, bagi yang mau tanya, aku memperpanjang jadwal Q&A nya kok. Karena yang bertanya cuma sedikit. Mungkin masih ads yang mau bertanya tapi takut, mungkin juga endak. Tapi yah~ aku tetap menunggu kok. Kuperpanjang sampai minggu depan, tanggal 12 oktober 2018. Bisa bertanya di chapter 'Happy Birthday' atau di sini. Mudah kok, pertanyaan apa pun, pasti kujawab.
Oke segitu saja, mohon maaf bila ada salah kata atau hal lain yang kurang enak dibaca, sekian dan terima kasih.
See you~
KAMU SEDANG MEMBACA
POM #1 The Return of the Witch [END]
FantasiAwesome cover by imelda priskila Sudah tamat Piece Of Magic 1 The Return of the Witch (Dulu berjudul Magic World) 4 oktober 2017 - 19 Juli 2018 Highest rank : # 29 in fantasy ( 08 Maret 2018) # 42 in fantasy ( 05 Maret 2018) # 43 in fantasy ( 27 F...