Praktik pengalaman lapangan atau yang dikenal dengan singkatan PPL adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa/i Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau semester VII untuk mencapai gelar sarjana. Mencakup latihan mengajar secara terbimbing, terpadu, maupun tugas–tugas keguruan dan kependidikan lain untuk memenuhi persyaratan profesi kependidikan.
Disini kita akan terjun ke dunia keguruan yang sesungguhnya, dimana kita akan dituntun menjadi guru yang profesional untuk sekarang dan kedepannya.
Semua yang pernah kita pelajari di kampus benar-benar akan kita terapkan di tempat kita PPL, serta kegiatan ini untuk meningkatkan dan memperdalam keterampilan mahasiswa/i terkait praktik mengajar dan praktik persekolahan seperti administrasi, tata usaha dan kegiatan lainnya.
Sebelum PPL dilaksanakan pada bulan September, kami harus mengikuti ujian komprehensif dan pembekalan yang menentukan kelulusan untuk mengikuti kegiatan PPL ini. Kegiatan pembekalan ini dilakukan guna memberi pemahaman kepada calon peserta terkait tentang pelaksanaan PPL yang akan dilakukan pada sekolah-sekolah yang tersebar.
Kemudian, kami menunggu pengumuman lokasi PPL yang akan diumumkan di grup panitia PPL.
Setelah pengumuman keluar, pihak kampus melaksanakan pelepasan bagi seluruh mahasiswa/i PPL di belakang gedung tarbiyah dengan serangkaian acara.
Lalu, kami berkumpul dengan teman-teman sekelompok dan survei ke sekolah masing-masing tempat PPL untuk menentukan hari penyerahan mahasiswa/i di sekolah tersebut.
Aku dan keenam temanku mendapatkan lokasi PPL di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Dan ku pikir itu hanya MTs/SMP ternyata sebuah pondok pesantren yang notabenenya sangat mengutamakan keagamaan. Tak bisa terbayangkan olehku.
Rebasnya air hujan menjadi teman seperjalanan menuju ke MTs dengan jas hujan dari bahan plastik tipis seharga dua belas ribuan. Rasa takut melingkupi ku saat terlihat gapura bertuliskan ponpes itu, apa aku sanggup mengajar disini?Setelah penyerahan mahasiswa PPL yang dihadiri oleh kepala sekolah MTs, wakabid kurikulum, Waka kesiswaan, dan guru pamong, Kami pun resmi melaksanakan PPL di sekolah ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
PPL
Short StoryBagaimana jadinya kalau kamu ditunjuk jadi ketua tapi belum punya pengalaman sama sekali? Kacau dong pastinya. Nah, ini nih yang dialami oleh salah satu mahasiswa UIN Suska Riau. Dikarenakan keadaan membuatnya menjadi ketua PPL yang tidak pernah ada...