Proker

8 0 0
                                    

Ustadz Yuda sudah mendesak kami sejak beberapa Minggu lalu, beliau meminta kami untuk membuat program kerja (Proker) selama bulan November ini. Yah, kami baru masuk awal November dan perlu mendiskusikan kembali serta mengadakan TM.

Siang itu, ba'da Zuhur. Kami berkumpul di kelas IX Aisyah bersama ustadz Yuda dan anak-anak OSIS. Penanggung jawab pun ditetapkan, satu dari mahasiswa PPL, dua dari akhwat dan dua dari Ikhwan. Lomba yang akan kami adakan adalah mading, rangking 1, puisi dua bahasa (Inggris dan Arab), Tahfidz dan terakhir pidato. Lomba ini akan dilaksanakan dua kali seminggu, yaitu saat jadwal acara pagi MTs. Pada hari Selasa dan Kamis.

Target kami selesai akhir November karena awal Desember kemungkinan UTS dilaksanakan.

Setelah membentuk panitia lomba, penanggung jawab masing-masing menjelaskan teknisi lomba yang ditentukan.

Terhitung dari hari ini, ustadz Yuda mengingatkan PJ Mading untuk mulai bergerak dan mencari peserta karena waktu yang mepet. Dan setiap tiga hari, Mading di change. Mading akhwat dipindahkan ke Ikhwan begitupun sebaliknya.

Pihak sekolah begitu membagul kami untuk melaksanakan program ini terutama ustadz Yuda. Beliau tidak henti-hentinya mengingatkan dan menggerakkan para panitia termasuk kami, agar acara ini lancar sampai akhir.

Tidak terasa hari perdana lomba dimulai, hari Selasa. Aku yang ditunjuk sebagai ketua panitia mulai membuka acara dengan semangat. Tanpa sadar aku tidak pernah grogi lagi tampil depan umum.

"Wa tsaaniyah, sholawat wassalam 'ala nabiyuna Muhammad saw bil lafzhi, allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala Ali sayyidina Muhammad."

Setelah selesai melakukan pembukaan acara, aku pun memberikan microfon ke tangan Sisi. Hari ini dia mendapat tugas jadi MC, sedang aku dokumentasi.

Sisi mulai membacakan satu persatu peserta rangking 1 untuk menduduki kursi yang sudah disediakan. Setiap kelas masing-masing mengirim dua peserta. Setelah semua peserta duduk, Sisi mulai membacakan soal yang terdiri dari soal-soal umum menggunakan bahasa Inggris dan Arab.

~~~

Akhwat = perempuan
Ikhwan = laki-laki
Wa tsaaniyah = dan kedua
sholawat wassalam 'ala nabiyuna Muhammad saw bil lafzhi = sholawat dan salam kepada nabi Muhammad Saw dengan ucapan

PPLTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang