Joy lagi lepas dinas. Jadi di rumah. Jadwalnya sih dia perawatan hari ini. Tapi lagi males keluar. Baru keluar kamar, bel pintu rumah bunyi. Posisi dia sekarang paling deket sama pintu utama. Mau gak mau dia yang liat ke depan. Pintu utama pake kaca hias jadi bisa liat ke jalan raya di depan rumah.
Gambaran fisik tamunya itu cowok, tinggi, ganteng, putih, pake kaos putih. Joy liatin bener-bener bukan temen dia. Si cowok itu gak liat Joy, waktu Joy buka pintu rumah, ini pagernya sengaja dibikin sama Jimin lebih tinggi dari badannya. Sekalian buat keamanan juga.
"Cari siapa ya?" Joy buka sedikit gerbang, senyum.
"Masih ingat aku gak kak ?," kata si cowok, kasih liat senyumnya juga.
Joy diem, tandanya mikir, isi kepalanya banyak. Jadi harus dipisahin. Tapi dasarnya cerdas sih cepet inget.
"Ohhh, iya-iya. Masuk aja. Mawar ada di dalam."
Kalian inget kan tragedi Suga hampir marahin Jimin karena nganter Jennie ke rumah, dipikir cowok mesum. Gara-gara Jeka ngomporin. Pas lagi lengkap juga Jimin bersaudara. Cuman gak sampe ribut kayak kejadian pelakor. Sampe depan gerbang aja. Nah, disitu Joy, Rose tau keluarganya Jeka. Begitu pula si Jeka tau Rose sama kakak-kakaknya.
Jeka ngangguk, terus ikutin Joy dari belakang. Agak was-was juga, takut Jimin ada. Tapi kayaknya aman.
"Duduk aja dulu."
Jeka jawabnya sopan banget, beda kalo di rumah. Nyablak. Dia lagi males duduk, karena udah duduk tadi selama perjalanan kesini. Jadi tetap berdiri, dan malah liat-liat sekitarnya. Liat ke kabinet kaca khusus piala. Tempatnya agak masuk ke dalam, dari ruang tamu. Tapi jaraknya masih deket sama ruang tamu.
Senyum-senyum liat piala Rose, fotonya Rose waktu SD pegang piala, gak tau juga kenapa. Sampe gak sadar udah ada si cewek yang dalam foto, berdiri deket dia.
"Eh," Jeka kaget
"Apa?" Rose gak kaget, karena Joy jelas banget kasih tau nya.
Jeka nyengir. "Temenin gue beli buku, kalo ngajak anak-anak, nanti gue malah gak ke toko buku."
Rose diem, mikir mau atau enggak. Kalo ditolak, gak sopan kan, kesannya sok banget. Jeka juga udah bela-belain kesini. Kebetulan ada yang mau dibeli juga. Jadi bisa sekalian.
"Hmmmm, ya udah bentar gue siap-siap." Rose pergi dari situ, si Jeka...yes-yes.
Gak lama Joy datang, bawain minuman aja, cemilan kue-kue kering udah ada disediakan di meja tamu. Joy taruh minuman dingin di atas meja depan Jeka. "Udah ?"
"Iya kak, di suruh nunggu bentar."
Joy manggut-manggut, "Mau jalan kemana?"
"Beli buku, ngajak yang lainnya nanti malah gak ke beli bukunya."
Joy manggut lagi, senyum dikit. "Sekelas sama mawar ?"
Jeka diem dua detik....
"Enggak kak." Jawab Jeka nyengir. Si Joy malah ikut nyengir juga.
❄❄❄
Ini pertama kalinya Rose jalan sama Jeka. Ini juga pertama kalinya Jeka ngajak Rose. Jadi sama-sama pertama kali.
Jeka itu cowok yang misterius kalo di sekolah. Kelakuannya absurd, Dia lakuin apa yang dia mau, dia suka. Kalo bidang akademik Jeka di tengah-tengah pinter beberapa mata pelajaran, masih ada yang di atas dia, tapi kalo kegiatan non akademik. Dia selalu diatas teman-temannya, itu yang bikin cewek suka Jeka. Kecuali Rose yang biasa aja sama semua cowok.
Mereka berdua pisah baca bukunya. Gak tau Jeka baca buku apa. Rose sedikit penasaran. Beneran baca atau gimana. Tadi di jalan juga gak ngobrol. Baru pas mau masuk toko buku ngobrol sedikit, itu pun cuman bahas mading sama osis.
Sambil jalan, Rose bawa buku yang pengen dia beli. Cariin cowok yang pake kaos oblong putih. Diantara rak-rak buku dan kerumunan orang.
Ketemu...
"Gue pikir dia gak serius baca buku. Ternyata serius." Rose ngomong pelan, baru jalan lagi kesana nyamperin. Jeka berdiri depan rak buku, di atas rak nya ada tulisan 'LAW'. Rose liat Jeka, lagi nunduk baca serius, bolak balik halaman.
"Emang ngerti isinya." Rose ngelirik ke buku yang Jeka baca, si Jeka nengok, senyum ke Rose.
"Ngerti dikit, garis besarnya. Nanti bisa dipelajari lagi, itu kan gunanya buku di baca bukan diliatin."
Rose kedip-kedip denger Jeka ngomong. Kaget, cowok nyebelin yang kadang suka enggak jelas. Bisa jawab serius. Gak salah sih jadi ketos. Pikir Rose.
"Mau kuliah di FH?," denger jawaban Jeka. Otomatis Rose bakal lempar pertanyaan ini.
Jeka nutup halaman buku yang dia baca. Ngangkat kedua bahu. "Kemungkinan iya, 70%, kalo enggak lolos di PTK, Akpol, AU, AL."
"Oh, kalo lolos berarti bakal tinggal jauh, udah gak disini lagi ?." Rose baru sadar pas udah pertanyaannya selesai. Kesannya berat kalo Jeka pergi. Mau ditarik ulang kan gak bisa. Memangnya whatsapp.
Jeka senyum miris. "Iya, gak ada juga yang nyariin atau yang nunggu gue."
Jawab gitu pake muka serius. Liat ke Rose.
KAMU SEDANG MEMBACA
[ON HOLD] LITHOPS BLACK • Keluarga Gotham
HumorMemiliki kepribadian bertolak belakang menjadikan mereka tidak seperti satu keluarga pada umumnya. 1. Keluarga Liem 2. keluarga Korinus 3. Keluarga Tobing 4. Keluarga Hartono 5. Keluarga Fernandez P.S cerita menggunakan bahasa (non) baku ...