[5] Jackpot

360 65 2
                                    

Hari ini rasanya gue jadi manusia paling sibuk se-Jakarta raya. Dateng ke kantor langsung beresin setumpuk berkas yang Dira kasih satu menit setelah gue masuk ruangan. Dira cuma nyengir, dengan tampang polos doi naro berkas di atas meja gue yang untuk pertama kalinya bikin gue melongo. Itu berkas apa gunungan? Rasa-rasanya gue jadi bawahan di kantor sendiri. Sejak proyek yang gue tangani mulai on going, kerjaan di kantor makin seabrek. Jujur bikin penat. Tapi gimana lagi. Jadi bos emang se-freak itu.

Melirik jam di tangan, bikin gue makin cenat-cenut. Udah jam 11 aja. Gila! Gue berasa kerja rodi. Berkas masih nyisa dikit, tapi lumayan juga kalo diberesin hari ini juga. Lumayan nyiksa!

Gue mencoba istirahat sebentar di kursi kebesaran sambil melakukan stretching pada leher dan jari tangan gue yang mungkin sebentar lagi bakal punya roti sobek. Dari pagi, gue ngetik kaya orang kesetanan. Awalnya nyantai, makin kesini makin absurd karena pikiran udah bertebangan kemana-mana. Gue butuh makan. Makan porsi besar kalo bisa double jumbo. Mampus! Gue makin mirip bos-bos tua rakus. Bentar lagi ini perut buncit dah.

Pikiran tentang makan bikin gue tergiur dan segera meraih gagang telepon untuk meminta OB membelikan gue makanan porsi besar. Belum sempat selesai menekan tombol, handphone gue bunyi. Dari suaranya keknya telfon. Mendadak rasanya jantung gue mencelos. Keparnoan gue mulai meningkat. Jangan bilang itu nyokap yang telfon? Haish.

Gue pun meraih handphone dan melihat layar pemanggil. Kan bener.

"Halo?"

'Sya? Sibuk nggak? Mama mau minta tolong.'

Oke, breathing, Sya. Mama cuma minta tolong. Semoga minta tolong sewajar-wajarnya minta tolong. Gue bener-bener lagi mumet sekarang kalo emang harus ngeladenin pemintaan nyokap yang aneh-aneh.

"Mama mau minta tolong apa?"

'Jemput Mama di bandara, Sya, sekarang.'

"Hah? Bandara mana?" Bentar-bentar, otak gue masih disconnected. Pikiran gue langsung mengingatkan kalo sekarang nyokap lagi di Surabaya sama bokap. "Bukannya Mama di Surabaya?"

'Mama hari ini pulang, Sya. Tapi sendiri, nggak sama Papa kamu. Lupa nggak ngabarin kamu dulu tadi. Udah ah sini cepetan! Mama laper pengen makan. Sekalian makan siang bareng ya, Sya! Mama tunggu.'

Panggilan diakhiri sepihak. Gue pun menarik napas pelan. Kayanya gue emang harus nyegerin otak dulu bentar. Untuk pertama kalinya dalam seminggu ini, gue bersyukur nyokap telfon. Biasanya kalo nyokap telfon bikin gue was-was. Lo tau sendiri lah tiap nyokap telfon ada aja permintaannya. Syukur cuma minta jemput doang sama makan siang bareng. Tapi gue pasrah. Gue nggak bisa jamin nyokap nggak bakal nyerocos selama makan siang. You know, mommy and her mouth are really best friends you can't escape.

"Ra,"

Dira langsung berdiri begitu gue keluar dari ruangan sambil menenteng jas di tangan kiri. "Kenapa, Pak?"

"Saya mau keluar sebentar, jemput Mama di bandara sekalian cari makan siang. Tolong kamu handle semuanya selama saya nggak di kantor."

"Baik, Pak!"

"Kamu jangan lupa makan siang, Ra." Kata gue sambil memakai jas.

"Nggak bakal lupa, Pak, tenang!"

Gue tersenyum. Lalu pergi meninggalkan ruangan gue yang entah kenapa rasanya kaya neraka hari ini.

oOo

Siang ini gue memutuskan untuk makan di restoran sekitar bandara. Gue males kalo harus muter-muterin Jakarta yang macetnya nggak ketulungan. Apalagi dengan perut laper gini, gue bener-bener nggak bisa bayangin sewaktu muterin Jakarta buat cari makan, terus kejebak macet lama. Mana di samping gue ada nyokap. Jangan ditanya rasanya gimana. Habis dah itu manusia gue makanin sama mobil-mobilnya.

"Sya,"

"Hm?"

Di tengah acara menikmati makan siang, nyokap manggil. Kali ini gue nggak berpikir aneh-aneh karena terlalu menikmati makan siang gue yang rasanya nikmat luar biasa.

"Kapan model permintaan Mama dateng? Mama bener-bener lagi butuh, Sya." Gue liatin nyokap yang raut wajahnya keliatan melas. Oke, gue nggak mau negative thinking sama nyokap sendiri tapi gue pikir ini jebakan. Gue bener-bener udah hafal gelagat nyokap satu ini.

"Tenang aja, Ma." Tanpa berhenti menyendoki makanan di piring. "Arsya lagi urus semuanya. Semoga dua hari lagi Mama bisa ketemu sama modelnya. Arsya janji." Lalu makan lagi dengan lahap seolah-olah untuk pertama kalinya gue menemukan makanan enak dan bikin gue ketagihan.

"Beneran ya, Sya? Kamu nggak bohongin Mama 'kan?"

"Ma," Gue tatap Mama. "Arsya emang bukan anak baik, tapi Arsya nggak pernah buat bohongin Mama. Trust me, Ma. I'll bring her to you."

"Ck...bisa ya bikin Mama luluh." Mama ketawa, gemes kali liat anaknya sholeh gini. "Heran deh, kenapa ya susah banget kamu buat nyari cewek? Emang tipe kamu yang kaya gimana sih, Sya? Mama yakin deh nggak ada cewek yang nggak bakal klepek-klepek denger suara kamu doang. Jangan terlalu milih-milih ah! Tau-tau udah tua aja kamu, Sya."

Kelar ngomongin model, sekarang bahas mantu. Emang nggak ada benernya gue di mata nyokap. "Arsya masih 26, Ma. Masih belum terlalu tua. Mending Mama habisin makanan Mama deh. Arsya harus ba-"

Mama mengernyit karena gue harus menjeda omongan gue barusan. Hape gue geter. Kayanya ada telfon masuk. Gue merogoh saku celana yang nggak tau kenapa rasanya ketat banget cuma mau ngeluarin hape doang. Susah payah gue ngambil itu hape sampe akhirnya ada di genggaman dan memperlihatkan nama Pak Hedi pada layar pemanggil. Kabar baik kah?

"Halo, Pak? Ada apa?"

'Saya mau mengabarkan soal model yang Pak Arsya minta.'

Good. Semoga beneran good news. "Jadi gimana, Pak? Orangnya mau 'kan?"

'Saya sudah menghubungi managernya kemarin. Katanya, dia setuju untuk menemui Pak Arsya hari Sabtu besok di Cafe yang ada di depan Woman Magazine, jam 10. Hanya managernya saja, Pak. Setelah ada kesepakatan dan kedua belah pihak setuju, baru Pak Arsya bisa bertemu dengan Alesya.'

Untuk sesaat gue terdiam bingung. "Harus seribet itu ya, Pak?"

'Katanya untuk menghindari hal-hal buruk pada Alesya, Pak. Apalagi pemberitaan mengenai Alesya sedang panas-panasnya digembor media. Managernya hanya tidak mau Alesya tertekan ketika mengambil job diluar dari Woman Magazine. Begitu yang saya dengar dari Fira, managernya.'

"Oh, jadi gitu ya, Pak." Gue manggut-manggut ngerti. Sekilas lirik nyokap yang ikutan antusias dengerin percakapan gue dengan Pak Hedi di telfon sambil masang wajah penasaran. Sesaat gue tersenyum.  "Kalau begitu, Sabtu besok saya akan menemui managernya. Hanya tinggal melakukan kesepakatan saja 'kan, Pak?"

'Hanya itu saja, Pak.'

"Baik. Terima kasih banyak, Pak Hedi. Saya sungguh berterima kasih atas kerja keras Bapak."

'Sama-sama, Pak Arsya. Semoga semuanya lancar.'

Panggilan pun berakhir dan meninggalkan raut kegembiraan di wajah gue. Bikin nyokap makin penasaran liatnya.

"Siapa, Sya? Menang tender lagi kamu?" Mama akhirnya bicara. "Seneng gitu mukanya."

"Enggak, Ma, bukan. But this is more than winning a tender. " Gue tersenyum sumringah lalu menatap Mama dengan ekspresi sedikit misterius. "Jackpot maybe?"

"Kamu ngomong apa sih, Sya? Jangan kebanyakan nonton film aneh-aneh ah! Serem Mama liatnya." Mama bergidik terus melanjutkan lagi kegiatan makannya yang sempat tertunda karena harus menuntaskan rasa penasaran sewaktu liat gue telfonan tadi. Samar-samar gue tersenyum.

"I'll bring her to you this Sunday, Mom. I promise."

 
 
Bersambung...

Ciee yg ntar lagi ketemu cecan wqwq


20/02/19

Gadis SampulTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang