Nah, aku barusan baca cerita tentang author yang ceritanya ditolak sampe 27 kali oleh penerbit!
Bayangkan, 27 kali!!
Aku yang baru sekali masa nyerah? Setelah kegagalan di penerbit "M" akupun mencari-cari letak kesalahan dalan penulisanku.
Apa yang kurang dari novelku ini?
Kenapa bisa sampai "ditolak" tanpa kabar?
Aku sih nggak apa-apa kalau ditolak, karena masih amat sangat newbie dan nggak berhak marah dong? Tapi aku butuh penjelasan mas! Penjelasan! 😢
Ditinggal tanpa penjelasan itu syakid 😢 (ealaah malah curhat) :'v
Aku nunggu tiga bulan sambil berharaaaap banget dihubungi sama sama pihak penerbitnya kalau naskahku diterima. Tapi impian tak selalu seindah kenyataan. Miris.
Di awal aku memang songong, merasa naskah yang ku tulis itu udah amat sangat menarik dan pasti bakal ada di toko buku seluruh Indonesia, nyatanya... :')
Nggak mau menyerah, akupun membaca ulang naskah "Octoberain" yang ku kirim lewat email itu. Dan ternyata memang wajar aja kalo penerbit nolak naskahku.
1. Masih banyak banget typonya.
2. Dialognya terlalu baku, nggak enak dibaca.
3. Dialog tag yang aku pake gitu-gitu aja. (Tanya, jawab, sapa, keluh, ujar, ucap, dll).
4. Tanda bacanya masih amat sangat kacau.
5. Banyak adegan yang harus ditambah di dalam naskahnya.Aku nulis naskah itu sampai 130+ lembar loh gaes, dan banyak banget cacatnya dan aku langsung kirim ke penerbit tanpa ngecek EYD di KBBI omaigat!!
Malu.
Aku perbaikilah naskah itu, aku baca lagi dari awal sampai akhir... Hmmm kayaknya sih udah bagus. Nggak ada cacatnya.
Terus aku coba kirim lagi ke penerbit "A". Sama seperti penerbit "M", aku harus menunggu sekitar tiga bulan.
Sebenarnya, tanggal 25 Maret kemarin udah pas tiga bulan, aku tanya dong ke penerbit "A" gimana kabar naskahku diterima atau nggak karena aku nggak mau nasib naskahku sama dengan penerbit "M" yang nggak ada kabar diterima atau ditolak.
Nah, nilai plusnya di penerbit "A" ini fast respon. Katanya aku harus nunggu sebulan lagi, yang artinya tanggal 25 April nanti bakalan dikabari.
Doakan ya gaes! 😢🙏🏻
Aku udah harap-harap cemas nih. Secara kan, jadi penulis yang bukunya ada di toko buku seluruh Indonesia udah jadi cita-citaku sejak kecil...
Wajar kan aku berharap 😢
Eh, kalian ada yang pernah ngirim naskah nggak? Ceritain dong pengalaman kalian!
KAMU SEDANG MEMBACA
Jatuh Bangun Author Wattpad
Phi Hư CấuBerisi segala macam unek-unek Author dan Tips & Trik jadi famous di wattpad (padahal yang nulis nggak famous) HAHAHAH!! Enjoy! ❤️