Meningkatkan Jumlah Viewers Cerita

1.2K 199 68
                                    

Nyari pembaca di cerita kita itu gampil gampil susah. Aku suka iri sama author yang ceritanya di vote dan di baca ratusan kali.

TELAH DIBACA 800K KALI.

Kapan ya ceritaku bisa nyentuh angka ratusan? 😭 Hei hei, jangan galau jangan sedih. Aku bakalan bocorin rahasia author2 itu 🤭

Langsung aja, ga perlu banyak bacot :v

1. Bikin prolog semenarique mungkin.
Prolog adalah kunci kesuksesan sebuah cerita. Prolog adalah bab pertama yang menentukan apakah pembaca tertarik baca bab selanjutnya atau nggak. Bikin percakapan yang kece, narasi simpel tapi ngampang dimengerti, kekinian dan tokoh-tokoh yang nggak pasaran.

2. Bikin part sebanyak-banyaknya.
Serius. Coba deh liat viewers cerita yang udah nyentuh angka ratusan ribu atau puluhan ribu, partnya pasti banyak. Lebih dari 35 part :v bahkan ada author yang sengaja nulis ceritanya bertele-tele, sampai 99 part. Gela ga tuh? 😂

3. Setiap update part, jangan lupa tambahin author note dibawahnya (apalagi kalau kamu author newbie), tulis disana "dukung author dengan tekan bintang dibawah sini ya! Satu vote sangat berarti. Terimakasih ❤️"

4. Patahkan setiap part dibagian klimaks.
Maksudnya, misal nih, di part 25 kamu mau bikin adegan si Budi nembak si Tuti, nah, kamu patahkan percakapan mereka untuk part selanjutnya, ini berguna banget bikin readers penasaran dan menanti-nanti episode selanjutnya. Kayak sinetron gitu lho :'v

Budi menatap Tuti dalam, ia menggenggam tangan gadis yang sudah ia cintai sejak masih dalam kandungan itu. Tuti terlihat malu-malu bangke, tak berani menatap Budi.

"Tuti," panggil Budi lembut.

"Iya, Kang Bud?" Tuti mencoba memberanikan diri menatap mata indah Budi.

"Nikah, kuy," ajak Budi sambil mengeluarkan cincin berlian dari kotaknya.

"Ta-tapi, Kang..."

Nah, udah. Stop sampe situ. Biar readers penasaran si Tuti mau jawab apa. Apakah cinta Budi akan ditolak? Atau justru cinta Budi diterima sama Tuti? Jawabannya ada di part berikutnya. Hehe *smirk.

5. Satu part usahakan nyampe 800- 1000 words!
Iya, ceritaku sendiri rata-rata satu partnya 1500 words. Kenapa harus segitu banyak kak? Aku ga sanggup nulisnya.

Zeyeng, makin banyak words-nya makin senang si readers karena nggak harus nonton iklan dulu buat liat part selanjutnya. Nah kalo cerita kamu cuma 500 words? Aku mah males baca cerita yang satu partnya singkat-singkat.

6. Baca sendiri cerita kamu berulang kali.
Wkwkwk, ini cara paling ngenes sih. Aku pernah praktekin 😂🤭 jadi pas kamu liat work-nya, kamu tekan pratinjau. Scrooooll terus sampe bawah, terus keluar. Terus masuk lagi ke work itu, terus tekan pratinjau lagi, scrooooll lagi, keluar lagi. Begitu seterusnya. Wkwkwkwk 😂😂

7. Saling ngasih umpan balik.
Umpan balik alias feedback juga merupakan elemen(?) penting di tips kali ini. Karena e karena, dengan saling feedback bukan cuma bisa nambah jumlah viewers cerita, kamu juga jadi punya wawasan dan kosakata baru tiap kali baca cerita orang.

"Waaah, aku nggak pernah pake dialog tag ini."

"Waaah, ini penulisannya salah. Harusnya nggak gini."

Nah, kalian bisa nambah ilmu baru dan ngasih masukan juga buat cerita yang kalian baca itu. Baca, vote dan Komen lah yg jujur di lapak orang. Udah gitu baru deh komen di lapaknya "hai kak, feedback-nya ya❤️"



Jadi, sekarang udah ngerti kan? Semangat nulisnya ya beibeh, saranghae! 😘

Jatuh Bangun Author WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang