Yeay, Bukuku Terbit!

1.2K 158 25
                                    

Haaaaiii!!! Waaaah lama banget aku nggak update tips di sini bareng kalian 😂 maklum, aku waktu itu sedih banget karena naskah ku di tolak lagi.

2 kali ngirim naskah yang sama di penerbit mayor berbeda membuat aku patah hati(?), Cedih gitu :( ngerasa "kayaknya cita-cita gue dari kecil buat jadi penulis harus gue kubur deh", nggak ada penerbit yang mau nerima karya gue 😢

Dan ternyata usaha tidak pernah mengkhianati hasil!

Terus pas cerita "Aku, Kau, Dan Hijrah" selesai, aku nggak mau naskah itu cuma jadi santapan orang-orang di wetpet, lagi-lagi aku nyari cara supaya bisa terbit dalam bentuk buku, paling nggak ceritaku itu punya nomor ISBN (apa itu ISBN? Cari tau d...

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Terus pas cerita "Aku, Kau, Dan Hijrah" selesai, aku nggak mau naskah itu cuma jadi santapan orang-orang di wetpet, lagi-lagi aku nyari cara supaya bisa terbit dalam bentuk buku, paling nggak ceritaku itu punya nomor ISBN (apa itu ISBN? Cari tau di gugel 😅). Kalo buku ku punya ISBN kan nggak bakal ada yang nyontek jalan ceritanya apalagi berani copy paste, kalo ketahuan bisa aku jebloskan ke penjara NGAHAHAHA! 😈🤣


Sampai akhirnya aku gugling, penerbit mana yang bisa memproses novelku jadi buku secara cepat dan kemungkinan naskah ditolak kecil.

Bertemulah aku dengan sebuah penerbit indie, sekali lagi, aku ga bakalan mau sebut merek 😂 kalo kalian baca cerita "aku, kau, dan hijrah" pasti tau aku nerbitin di mana 😂

Setelah aku baca-baca peraturan terbit di sana, akhirnya aku bertekad untuk mencoba ngirim naskah.

Aku edit deh tuh naskahnya, aku edit sendiri, kasih layout bukunya sendiri, nyari sampul sendiri, pokoknya semuanya aku kerjain sendiri. Karena aku takut penerbit ini nggak ngeditin lagi.

Setelah selesai, aku upload naskahnya lewat website mereka. Waktu yang aku butuhkan untuk bisa terbit hanyaaaaaaaa...

3 HARI!!!

Cepat banget kan? 😆 Itu karena naskahnya udah aku edit sendiri mwehehe. Nah, 3 hari kemudian itu aku di chat via WA, dikabarin kalo novelku sudah terbit dan bisa di beli di Shopee, Tokopedia, Bukalapak beserta nomor ISBN dari perpustakaan nasional yang aku impikan selama ini!!!!

Lalu, apa aku sudah dapat penghasilan dari sana? Belum gais 😂 karena harga bukunya agak mahal, bukan aku nentuin harga buku tapi penerbitnya. Wajar sih, bukunya tebal banget 402 halaman. Setara 2 jilid skripsi 😂🤣 jadi harga bukunya Rp.124.000,- dan sampul yang dipakai bukan sampul yang aku inginkan, tapi gak apa-apa deh, karena aku ngirimnya format JPG tapi mereka cuma nerima format PSD.

Beli yuk 😚

Aku sempat mengajukan turunin harga novel, setidaknya 99.000 gitu tapi kata penerbitnya nggak bisa. Yacuda daku pazra saja :')

Harga yang lumayan itu membuat aku setres sendiri, "gimana mau ada yang beli kalo harganya mahal?"

Curhat lah aku sama temenku yang juga ngerti dunia tulis-menulis, kata dia gini, "mendingan mana ada yang mau nerbitin buku kamu walau mahal atau nggak ada yang mau nerbitin buku kamu? Sabar aja dulu, cerita kamu menarik, pasti bakal ada yang beli."

Nah, sekarang aku mau nunjukin penampakan novelnya:

Jangan lupa order gais😁 cari aja di SHOPEE, BUKALAPAK, DAN TOKOPEDIA judulnya sama kok

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Jangan lupa order gais😁 cari aja di SHOPEE, BUKALAPAK, DAN TOKOPEDIA judulnya sama kok.

Ceritanya menarik nggak sih? Kuy mampir dulu di ceritaku yang judulnya sama, tapi sebagian bab udah dihapus. Ngintip dikit deh di sana. Byebye 😉

Jatuh Bangun Author WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang