Trik Promosi Cerita Berkelas

2K 331 97
                                    

Nih, aku kasih tau rahasia promosi cerita biar kelihatan berkelas 😂🤭 tapi vote dulu, Lastri!


Sejujurnya nih, setiap hari adaaaa aja author-author wetpet yang promosiin ceritanya di wallku, dengan berbagai kalimat yang mereka rasa menarik dan nggak lupa linknya juga dicantumkan disana.

Begini lho, bukannya aku sombong atau gimana. Nggak semua orang suka kalo ada orang lain promosi di wallnya dia, selain itu promosi di wall orang melanggar peraturan wetpet gais. Jadi, stop promosi begitu ya di wall orang.

Apalagi kalo kamu ga follow orang yang punya wall itu, terus kamu seenak jidat tanpa rasa bersalah promosiin cerita di wall dia? Setidaknya follow dulu tsay sebelum promot di wall orang. Okeh? 😊

Aku pribadi bukannya tertarik tapi malah merasa terganggu. Beda orang beda sifat ya kan? Sekali lagi bukan sombong, aku cuma mau isi wall ku itu adalah pengumuman-penguman penting tulisanku sendiri, bukan isinya promosi-promosi dari cerita-cerita orang.

Awal-awal nulis cerita di wetpet aku memang agak frustasi dan putus asa karena nyaris nggak ada yang baca ceritaku. Seriusan!

Aku juga dulu pake metode "promo di wall orang" kayak kamu (yang ngerasa, maaf bukan nyindir nih. Takutnya pada baper kan trus auto unfoll aku. Wakakaka🤭) becandaaaa

Karena aku sering copy paste kalimat promosi dari satu wall ke wall lain akhirnya errorlah wetpet ku sodarah sodarah!

Nggak bisa komen, nggak bisa vote, nggak bisa follow. Nggak bisa semua pokoknya! Kesel kan? 😂 Aku bego banget waktu itu sumpah. Maklum noob.

Terus, kalo bukan promosi di wall orang gimana dong kak biar orang tau kalo aku juga penulis di wetpet? (Btw, cara baca yang bener tuh watped, bukan wetpet. Aku cuma suka aja bilang wetpet 😂)

Gini caranya:

1. DM aja followers wetped kamu "hai, tukaran voment (vote&coment) mau nggak? Baca cerita aku yang xxxx yaa! Nanti aku feedback" apa sih susahnya tinggal DM doang? Aku pribadi nggak pernah nyuekin orang yang minta feedback via dm. Beda sama yang promot di wall, selain auto delete, aku juga nyuekin aja apa yang dia tulis tadi. Hehe peace!😆 Kenawhy? Karena menurutku dia lebih niat promosiin ceritanya daripada spam di wall orang :)

2. Manfaatkan sosmed kamu yang lain. Kayak Instagram misalnya, youtube, twitter dll. Aku sering tuh screenshot sedikit cerita aku setiap ada part baru, terus masukin ke story IG dan ga lupa pake hashtag #wattpadindonesia #wattpadquotes #wattpad dan tulis "link on my bio @tiaoktivaa". Nah, pastinya kamu nggak boleh lupa cantumin link cerita di IG ya!

Sesekali upload juga quotes-quotes keren dari cerita kamu ke Instagram. Pake hashtag semenarique mungkin!

Kalo di youtube, aku sih masukin trailer cerita "aku, kau dan hijrah" dan viewernya udah lumayan. 800x ditonton. Aku cantumin juga link ceritanya. Nggak menutup kemungkinan mereka tertarik abis nonton trailer ceritaku bakalan penasaran dan langsung capcus ke profil wetpet ku gais 😊

3. Promosiin di story WA dan suruh temen2 kamu bantu promosi juga. Temenku tuh dulunya ga suka baca, apalagi lewat HP, tapi setelah dia ngeliat screenshot ceritaku dan ngintip dikit lewat link yang juga aku taruh di wa story, jadilah dia tertarik donlot wetpet khusus buat baca ceritaku! KHUSUS LHO GAIIISS! The power of percakapan yang menarik di cerita tuh 😆

Udah, segitu aja. Itu semua trik-trik yang selalu aku lakukan kalo mau promote cerita. Kalian punya tips juga? Share dong!

Oh iya, pesanku, jangan pernah malu buat promosiin cerita kalian sendiri. Itu hasil karya kamu lho! Jangan malu! Harus bangga dan buktiin ke orang-orang kalo kamu itu punya bakat nulis juga!

Habis ini aku share tentang "ngatasin minder karna jadi penulis" yaaaa. Yang penting VOTE dulu 😆

Jatuh Bangun Author WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang