Cara Ngirim Naskah Ke Penerbit

2K 320 25
                                    

Ternyata banyak banget teman-teman di wattpad ini yang punya potensi tapi nggak tau cara ngirim naskah.

Apakah kita harus menunggu penerbitnya duluan yang menghubungi kita? Atau kitanya aja yang langsung ngirim naskah ke penerbit?

Tapi, gimana caranya kak?

Kamu, sebagai penulis newbie yang followers wattpadnya masih ratusan kayak aku, kayaknya mustahil deh dilirik penerbit duluan. Kita yang harus ngirim, bukan menunggu.

Kecuali followers dan readers kita udah puluhan ribu (minimal), ya ada keemungkinan dilirik penerbit.

Cara kirim naskah ada dua, hardcopy (sudah diprint dan dikirim ke alamat penerbit yang kamu tuju),
Softcopy (dalam bentuk doc, kirimnya via email penerbit)

Nah, penting nih. Jangan asal ngirim. Kalian harus tau juga sosial medianya penerbit tujuan kalian (Instagram, Twitter, Facebook, No.HP) pokoknya minial salah satu yang aku kurungin tadi harus kalian punya, novel-novel seperti apa aja yang pernah mereka terbitkan, apakah genrenya sama dengan genre naskah kalian?

Nggak lucu dong kalian ngirim naskah teenlit atau romance ke penerbit yang khusus nerbitin buku-buku sejarah, pelajaran, filosofi...

Kasih tau dong kak, penerbit-penerbit mana aja yang lagi nerima naskah?

Semua penerbit tuh jarang ngasih batasan waktu. Mereka nerima-nerima aja naskah novel selama authornya mau sabar karena yang ngirim naskah (apalagi ke penerbit besar) bejibun, sehari bisa sampai puluhan orang yang ngirim naskah. Wajar kalian harus nunggu minimal 3 bulan konfirmasi dan maksimal 6 bulan. Lewat dari itu? Berarti... Ya begitulah :')

Nah, ada dua macan penerbit, yautu penerbit mayor dan penerbit indie.

Bedanya?

Info nama-nama penerbit?

Vote dulu baru boleh swipe up!

Note: Kalo ada typo, emang sengaja nggak mau aku edit. Biar lucu. 😂

Jatuh Bangun Author WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang