Sebelum baca ada baiknya vote dulu. Vote itu sebagai bentuk apresiasi dan menghargai ilmu yang didapat dari lapak ini. Kalo berkenan follow juga authornya Tiaoktiva 😁
***
Udah jadi rahasia umum kalo nyari followers di wetpet itu susah banget. Aku sendiri sampe jatuh bangun dan stress kalo kehilangan satu followers aja.
Why why why kamu unfollow aku? 😭
Kamu jahat Jaenudin!
Gimana nggak, followers itu adalah elemen(?) penting di dunia perwetpedan. Tanpa followers apalah arti cerita cinta yang kita tuangkan di dunia oren ini. *azeeek
Apalagi, nggak ada yang jual beli followers wetpet atau viewer cerita kita. Untuk author pemula, bakalan susah banget nyari followers apalagi kalo work-nya baru satu :'v
Kenapa sih jumlah followers bisa sepenting itchu?
1. Followers bisa membuat nama kita sebagai author yg diakui makin bersinar
2. Followers bisa bikin rating cerita kita menanjak.
3. Followers yang jumlahnya bejibun itu juga jadi salah satu poin penting kenapa penerbit mau khitbah naskah kita.Dan masih banyak egen.
Terus gimana dong biar bisa dapat followers banyak? (Songong banget ga sih aku ambil tema ini padahal folls ku baru 700 orang wkwk)
Nih, ku kasih tips, semiga bermanfaat.
1. Untuk yang suka nulis FF. Gampil banget sih ini 🤭 kalian cuma perlu follow fans idol yg sesuai dengan tokoh di cerita kalian. Cara tau kalo dia suka sama idol itu??
Misal nih, cerita kalian diperanin sama Jungkook Wannaone dan Lisa Gfriend, kalian tinggal cari penulis FF yg followers-nya udah banyak yg ceritanya juga di peranin sama mas Jungkook, liat followersnya dia. Kalo ada yg pake PP mas Jungkook atau mbak Lisa udah pasti mereka itu pens(?)nya. Nah, berikutnya tinggal DM aja kurang lebih gini "hai kak, suka Jungkook sama Lisa ya? Wah pas banget di lapakku ada cerita tentang mereka loh! Yuk mampir. Oh iya follbacknya boleh ya?"
So izi rait?
2. nah kalo buat penulis non FF, agak susah. Ga ada tips khusus kayak penulis FF. Kalian cuma harus liat followers di akun author terkenal terus periksa satu2 akun mereka. Kalo followersnya nggak lebih dari 100 kemungkinan besar itu adalah akun reader. Nah, follow deh.
Ngerti gak?
Nggak ya? :'v
Kayak biasa, ask for follback via DM. Ngomong yang sopan dan jangan memaksa. "Assalamualaikum kak, boleh minta follbacknya? Oh iya mampir di lapakku yuk, ada cerita seru judulnya "Si Budi Pergi Ke Pasar" makasih ya kak."
Dan ini yang paling penting!!!
JANGAN PERNAH UNFOLL ORANG YANG UDAH FOLLBACK KAMU. HARAM HUKUMNYA.
"Kak, kalo dia nggak follback gimana? Sia2 dong aku DM-in satu2."
Ya tinggal unfoll. Capek sih tapi harus periksa di akunnya dia, dia ngefollback kita atau nggak 😂
Yang jelas kamu sebagai Author harus ramah sama setiap reader, jangan nyuekin kalo ada komentar yang mereka tinggalkan di cerita kamu karena bisa2 mereka pada lari semua kalo kamunya songong.
Belum terkenal aja udah sombong! Apalagi udah terkenal? 🤭
Yaudah segitu dulu.
Mau tips "ningkatin viewer cerita?" Vote dulu lah makanya :v
KAMU SEDANG MEMBACA
Jatuh Bangun Author Wattpad
Non-FictionBerisi segala macam unek-unek Author dan Tips & Trik jadi famous di wattpad (padahal yang nulis nggak famous) HAHAHAH!! Enjoy! ❤️