"Mas Junseo udah sholat?"
Doyum lari-lari kecil ke kamar kakaknya sambil ngalungin sarung. Wajah dan rambutnya masih basah. Tangan sama kakinya juga. Baru selesai wudhu dia.
"Iya, mas udah selesai. Kamu, sih, lama."
Junseo ngelipet sarungnya terus digantung di gantungan kerudung gitu. Terus banting tubuhnya ke kasur.
"Mas mau bobo?" Tanya Doyum lagi.
"Hm. Mas laper, tapi pengen puasa sampe maghrib. Mas Junseo bobo dulu, ya?"
Belum sempet Doyum jawab, suara ngorok kecil udah terdengar dari mulut Junseo.
"Oyum ke lumah Ncung aja deh."
Dia lari keluar masih dengan sarung yang ngelilit leher jerapahnya. Pas mau buka pintu, bundanya dateng dari dapur.
"Kakak mau ke mana?"
Doyum noleh, "Ke lumah Ncung, Bun."
"Udah sholat dhuhur?"
Doyum menggeleng.
"Sholat dulu, dong, kak. Abis itu baru main."
"Ini Oyum mau sholat di lumah Ncung. Assalamualaikum, Bunda."
Doyum ngibrit ke rumah Jinsung. Nggak jauh-jauh amat, sih. Cuma terpisah tiga rumah dari rumahnya.
"Assalamualaikum."
Mami Jinsung buka pintu dan jawab salam, terus nyuruh Doyum masuk.
"Jinsungnya lagi bobo. Gih ke sana aja."
"Jinsung udah sholat apa belum, Tante?"
Maminya Jinsung mikir bentar. "Kayaknya belum deh, tadi pas mami suruh wudhu tiba-tiba dia udah bobo."
Doyum angguk-angguk. "Oke. Bial Oyum yang ngajak Ncung sholat," setelah itu dia langsung lari ke atas.
"NCUNG!"
Sukses.
Jinsung yang lagi tidur sambil tengkurep dengan wajah dan satu kaki ngegantung ke bawah itu jatuh nyusruk ke lantai.
"Oyum nakal! Bibilku kejedot, nih!" Tangannya ngelus bibirnya sambil berusaha berdiri.
"Hehehe, maaf."
"Kamu ngapain ke sini?"
"Kamu udah sholat? Sholat baleng aku hayuk?"
Jinsung garuk-garuk pipinya. "Ncung udah sholat, kok."
Doyum mengernyit, "Kata Tante tadi kok kamu belum sholat?"
"Aku udah sholat subuh tadi pagi, hehehe."
"Gimana sih, Ncung? Cepetan wudhu lagi, ayo sholat baleng aku."
Jinsung dengan terpaksa jalan ke kamar mandi buat ambil wudhu lagi. Abis itu langsung masuk kamar dan ambil sarung yang tadi dia pake selimut.
"Ncung!!" Doyum teriak gelisah.
Jinsung noleh, "Kenapa?"
"Ini!" Tangannya nunjuk sarung yang ada di lehernya, "nggak bisa lepas!" Napas Doyum udah ngos-ngosan.
Jinsung ikutan panik, dia malah lari-lari muterin kamar sampai naik ke kasur segala. Terus noleh ke kanan-kiri dengan bibir mangap.
"Jangan lali-lalian! Bantuin aku, dong!"
Jinsung berhenti lari, terus nyamperin Doyum dan bantu ngelepasin sarung dari leher Doyum. Hampir setengah jam mereka ngelepas sarung itu sampai keringetan.
Setelah lepas mereka langsung senyum lega.
"Alhamdulillah."
"Makasih ya udah dibantuin ngelepas salung aku. Besok belangkat ke sekolah baleng ya?"
Jinsung ngangguk.
"Aku pulang dulu, Assalamualaikum."
"Waalaikumussalam. Ati-ati di jalan, Oyum!"
Doyum pulang ke rumah sambil senyam-senyum sendiri. Lega rasanya udah nggak kelilit sarung.
Loh, nggak jadi sholat, dong, kalian?
Nyampe di rumah, Doyum ngelihat Bundanya lagi minum susu.
"Bunda, jangan!" Doyum teriak terus lari megang tangan bundanya yang mau minum.
"Bunda nggak boleh batalin puasanya!"
Bundanya cuma ketawa.
"Bunda emang nggak puasa, kak. Dedek bayi yang di dalem perut bunda rewel terus kalo bunda puasa. Jadinya bunda boleh nggak ikut puasa," jelas Bundanya.
Doyum diem aja.
"Belalti Oyum juga boleh puasa setengah hali?"
"Alasannya?"
"Cacing di pelut Oyum dalitadi nangis mulu minta makan. Boleh, 'kan?"
Bundanya senyum maklumin.
"Yaudah, ayok makan bareng bunda. Besok-besok kalo mau puasa setengah hari lagi gapapa. Kamu kan masih TK, ini latihan puasanya. Tapi kalo bisa puasa full, kamu hebat banget, kak!" Bundanya menyemangati.
Doyum senyum lebar, "Oyum mau puasa kayak Mas Junseo juga. Biar Oyum makin kelen dan makin ganteng."
"Bunda, aku mau minum es sirup!"
-END-
Gimana puasanya? Masih kuat, 'kan?
Ayo semangat puasanya, jangan lemes. Hebat, loh, Junseo. Baru kelas 1 sd udah mulai latihan puasa full.
Kalian pertama kali puasa full pas kelas berapa???
Next tidak?
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Ramadhan'19 : PUASA -1THE9- [✓]
FanfictionSeries Ramadhan 1THE9 2019 : PUASA Kisah para bocil Wandenain melewati Ramadhan. Started : Wednesday, May 22 End : Wednesday, June 5