Sahabat Fi Sabilillah

44 5 0
                                    

Sahabat merupakan salah satu kunci untuk masuk surga kelak mengapa sahabat?

Karena sahabat yang baik(shalih) akan membawakan kita padahal yang baik pula. Hal yang baik akan mendatangkan kebaikan pula. Sahabat yang baik dan setia ia lah sahabat yang selalu mendoakan kita saat kita meninggal nanti.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Orang-orang yang berakal akan berteman dengan orang2 baik (shalih) karena mencintai orang2 shalih cepat tersambungnya dan lama terputusnya.

Sahabat muslimah sungguh indah beteman dengan orang yang shalih, karenanya dapat membuat kita terhindar dari ke burukkan.

Saya memiliki seorang sahabat yang dulunya seperti saya yang selalu berbuat dosa karena telah salah memilih seorang idola. Tapi sungguh nikmat yang Allah SWT berikan sangat indah. Dengan diberikannya hidayah kepada sahabat saya ini, dia bertobat karena Allah, bertobat nya seorang hamba yang banyak berdosa. Kemudian dia mengajak saya untuk bertobat bersama dan sungguh hati saya bergetar saat itu. Saya sangat bersyukur memiliki sahabat sepertinya.

Semoga kita semua bisa mendapatkan dan menjadi sahabat dan orang2 shalih Amiin.

Taubatan NasuhaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang