23

130 11 1
                                    


"Ini udah keputusan Bunda. Ayah harus terima, biar Rio yang urus surat cerai"

"Rio"

"Kenapa? Kenapa Ayah mau nikah lagi? Kenapa Ayah tega ninggalin kita? Kurang apa kita selama ini, ada yang salah sama sikap kita, ada yang bikin Ayah ga betah?" Air mata gue ga bisa di bendung lagi, sedangkan Bunda udah nangis dari tadi.

"Aira dengerin Ayah" Ayah duduk depan gue bertumpau pada lutut sambil menggenggam tangan gue dengan erat.

"Aira tau Om Arya?" gue geleng kepala, karena gue beneran ga tau siapa Om Arya yang di maksud Ayah.

"Om Arya teman Ayah sama Om Fahmi. Kita deket kaya keluarga, saling bantu kalo ada masalah. Dia bos ayah, perusahaan yang ayah kelola sekarang itu milik dia. Om Arya meninggal sebulan yang lalu karena penyakitnya. Sebelum meninggal Om Arya pesen Ayah buat jagain keluarganya-"

"Dengan cara menikahinya?"

"Itu yang Om Arya mau. Ayah-"

"Ga bisa nolak? Jadi selama ini Ayah jarang pulang karena ini, Bunda sering nangis juga karena Ayah, Abang jarang dirumah karena masalah ini juga kan? Jadi cuma Aira yang ga tau? Ya udah terserah kalian, pendapat Aira ga di butuhkan juga kan?"

"Bukan gitu sayang. Caca punya penyakit yang serius, mereka juga udah ga punya keluarga lagi. Ga ada yang jaga mereka. Kalian kan ada Abang ada Om Fahmi juga yang bakal jaga kalian"

Gue ketawa pelan, yang bikin semua orang mandang gue heran. Dengan Air mata yang ga bisa berhenti, gue ketawa kaya ada hal lucu, MIRIS. Lucu aja, kenapa jadi ngelimpahin semua tanggung jawab ke Abang. Kaya ngadepin tugas negara yang penting, ninggalin kita yang berharga, demi sesuatu yang lebih berharga. Apa kita di mata Ayah ga ada apa-apanya

"Abang masih kuliah, dia juga nanti punya seseorang yang harus di jaga. Ga adil aja, kenapa ngelimpahin ini ke Abang. Tanpa Ayah suruh Abang juga akan jagain kita. Semoga Abang ga kaya Ayah melepas tanggung jawabnya. Maaf kalo Aira lancang.  Maaf juga Aira ga bisa dateng ke acara pernikahan kalian"

Seketika itu juga gue lari ke kamar, nangis meraung di bawah bantal. Ga ada lagi perdebatan nonton sinetron, ga ada lagi perdebatan tentang makanan, ga ada lagi tim buat nyerang Abang, ga ada lagi yang jail selain Abang. Mulai detik ini gue kaya udah ga punya Ayah. Ketukan pintu ga bikin gue nyingkirin bantal di atas kepala.

"Aira ini Abang. Abang masuk ya?" tanpa persetujuan pun Abang tetap masuk.

"Sini Abang peluk" tanpa pikir dua kali, gue langsung peluk Abang yang duduk di tepi ranjang. Hening. Yang ada hanya suara tangisan gue dan tepukan Abang di bahu.

"Jangan benci Ayah"

"Belum bisa untuk sekarang" gimana ga benci. Walaupun dengan alasan yg masuk akal, tapi tetep aja, hanya dua pilihan buruk.Bunda jadi istri pertama, atau diceraikan. Mana ada wanita yang mau di poligami, ada sih tapi untuk wanita yang mempunyai kemurahan hati yang sangat besar. Gue aja mending cerai walaupun gue cinta mati sama suami, dan dipermudah masuk surga, masuk surga banyak cara tanpa harus mendua.

"Maaf Abang jarang di rumah nemenin kamu sama Bunda. Abang juga ga tau harus gimana, jujur Abang juga kecewa banget"

"Tapi apa ga ada cara lain?"

"Abang juga mikir gitu, tapi mereka udah ga punya keluarga lagi. Siapa yang jalanin perusahaan, kalo anaknya ga mungkin, dia punya penyakit yang serius, dan ibunya juga ga mungkin, karena beliau ga tau apa-apa soal perusahaan"

"Masa ga punya kakak atau adik dari kedua belah bihak"

"Mereka itu dulu menikah tanpa direstui orang tua. Pas meninggal pun ga ada keluarga satupun yang mengunjungi. Bukanya Abang belain mereka tapi itu emang  kenyataanya"

"Udah sekarang tidur, ga usah mikirin masalah tadi. Ada atau enggak nya Ayah kan ada Abang yang selalu ada buat kamu" dengan senyum jailnya, yang tadinya haru biru jadi kesel pengen nampol itu muka. Gue dorong pelan dada Abang dengan muka kesal, yang bikin Abang makin ketawa lebar.

"Ngeselin banget. Makanya Abang kuliah yang bener, cari kerja yang gajinya gede, cari bini urusan nanti. Dan mulai besok Abang yang nganter jemput"

"Iya sayang, terus Ian gimana?"

"Bodo males sama dia"

"Cemburu sama Caca?"

"Enggak ngapain"

"Abang sih bukanya belain Ian. Tapi ya, dia berkorban banyak loh buat tinggal lagi di Bandung. Banyak ngebangkang juga omongan orang tuanya, salah satunya dijodohin sama Caca. Heran deh kenapa Ian lebih milih kamu yang mukanya pas-pasan, ga kaya Caca yang mukanya mulus kaya artis korea"

Bantal melayang ke wajah Abang, yang langsung lari ke arah pintu sambil kerawa keras. Nyesel gue udah belain, dia malah ngerendahin gue, dasar Abang laknat, durhaka, ngeselin.

"Hehhhh.. " capek lahir dan batin. Pusing gue kenapa masalah beruntun gini. Belom selesai masalah hati, ada lagi yang lebih menyakiti. Dua-duanya cowok yang berarti dalam hidup gue ke ambil sama satu keluarga. Jeka untuk anaknya, Ayah untuk ibunya. Untung mereka ga punya saudara, mungkin Abang gue juga nyangkut.

Tidur Aira, ga usah mikirin Jeka. Buang semua perasaan lo. Kenapa Jeka ga ngajakin lo pacaran karena ini, karena dia udah di jodohin sama orang lain. Bener kata Abang, kenapa juga Jeka milih gue yang ga ada kelebihan ini. Dari fisik, gue di bilang gendut enggak lah tapi berisi dikit, udah minyakan, jerawat ya ada, pori-pori juga gede, kulit ga seglowing artis korea.

Kalah telak gue sama Caca. Apalagi sebentar lagi Caca jadi saudara gue. Yaallah berarti Jeka calon ipar gue, dunia semengerikan itu ternyata. Kenapa sih gue punya takdir yang ngenes gini. Kalo jadi sinetron azab bagus ini, pujaan ku menjadi iparku sedangkan Ayahku memilih wanita lain kasihan banget dia. Judul apaan itu. Kepala gue makin absurd, otak gue makin sengklek. Dah ah besok sekolah, mungkin ada cogan yang deketin gue kaya di novel gitu. Semoga besok ada pangeran yang jadiin gue putrinya.




TBC

Cipokable ( SLOW UPDATE ) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang