11. A Hard Day's Night, -part. 2

302 62 7
                                    

Kini giliran Mashiho yang pergi ke ruang oprasi dan mulai tindakan operasi Emily. Di depan ruang operasi saat mereka membersihkan tangan, dokter Youngbae sedikit mengevaluasi Mashiho.

Mashiho: Langkah pertama adalah mengambil alih fungsi jantung dan paru-paru saat operasi, menjaga sirkulasi darah dan kandungan oksigen dari tubuh pasien atau cardiopulmonary bypass

Dokter Youngbae: okey selain kelainan bilik kiri jantung, apalagi yang akan kau hadapi selain ventrikel jantung yang belum terbentuk?

Mashiho: penyempitan atau kelainan katup mitral dan katup aorta

Dokter Youngbae: dalam menyalurkan darah dari jantung ke paru-paru, kenapa pakai saluran RV-PA bukannya Blalock-Taussig?

Masiho: karna RV-PA bisa membatasi aliran diastolic

Dokter Youngbae: waw...you did your homework

Mashiho: saya berjaga semalaman dok, sambil berjaga saya belajar dibantu oleh rekan saya yang resident cardio doctora

Dokter Youngbae: nicely done

Mereka pun segera masuk OR dan memulai tindakan operasi

Saat organ dada dibuka dan segera dimulai tindakan, terjadi sesuatu diluar dugaan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Saat organ dada dibuka dan segera dimulai tindakan, terjadi sesuatu diluar dugaan. Aorta bayinya lebih sempit dari perkiraan para dokter. Hal ini pun tidak terdeteksi dalam scan jantungnya. Diameter Emily hanya 1 milimeter. Dia tidak akan mendapatkan aliran darah yang cukup. Dokter Taeyang tidak bisa melakukan apapun. Dia sudah melakukan yang terbaik namun Emily tetap tidak bisa dioprasi saat itu. Akhirnya tertunda.

⭐️⭐️⭐️

Sementara di ruang bayi kembar lima, Yoshi melakukan co-bedding. Rumah sakit biasa melakukan ini pada bayi kembar dua saat salah satu diantara mereka sakit. Dan keadaan mereka menjadi lebih baik. Yoshi akhirnya mengeluarkan Charlotte dari tempatnya dan menaruhnya di satu tempat bersama dengan Kate. Terkadang bayi merasa stress ketika berada di ICU karena semua aktivitasnya. Dengan cara co-bedding ini, bayi terlihat lebih nyaman karena mereka berdua. Dan metode itu berhasil. Mereka berdua membaik dengan sangat cepat, sampai-sampai Yoshi berfikir bahwa mesin yang bersama mereka rusak. Padahal hasil saturasinya sangat stabil. Charlotte dan Kate berhasil melewatinya.

 Charlotte dan Kate berhasil melewatinya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Off The DoctorsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang