Mengapa BATU HAJAR ASWAD HITAM ? Guru saya Ustd.Muhammad Rifki Ananda El-Bedageni pernah bercerita bahwa Dahulu, saat pertama kali diturunkan, batu ini berwarna putih laksana susu. Namun, karena dosa-dosa manusia hingga ia menjadi hitam (aswad).
Ibnu Abbas RA meriwayatkan, Rasul SAW bersabda, ''Hajar aswad turun dari surga berwarna lebih putih dari susu lalu berubah warnanya jadi hitam akibat dosa-dosa bani Adam.'' (Hadits riwayat Tirmidzi, An Nasa'i, Ahmad, Ibnu Khuzaemah, dan Al Baihaqi).
Dari Abdullah bin Amru berkata, ''Malaikat Jibril telah membawa hajar aswad dari surga lalu meletakkannya di tempat yang kamu lihat sekarang ini. Kamu tetap akan berada dalam kebaikan selama hajar aswad itu ada. Nikmatilah batu itu selama kamu masih mampu menikmatinya. Karena akan tiba saat di mana Jibril datang kembali untuk membawa batu tersebut ke tempat semula.'' (Hadits Riwayat Al Azraqy).
Riwayat dari Ibnu Abbad RA, menyebutkan, Hajar aswad merupakan batu yang diturunkan langsung oleh Allah SWT dari surga. Rasulullah SAW bersada, ''Demi Allah, Allah akan membangkit hajar aswad ini pada hari kiamat dengan memiliki dua mata yang dapat melihat dan lidah yang dapat berbicara. Dia akan memberikan kesaksian kepada siapa yang pernah mengusapnya dengan hak.'' (Hadits Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, Ad-Darimi, Ibnu Khuzaemah, Ibnu Hibban, At Tabrani, Al Hakim, Al Baihaqi, Al Asbahani).Asal-usul Hajar Aswad juga diungkapkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan istri Rasulullah SAW, Aisyah RA, ''Nikmatilah (peganglah) hajar aswad ini sebelum ia diangkat (dari bumi). Ia berasal dari surga, dan setiap sesuatu yang keluar dari surga akan kembali ke surga sebelum tiba hari pembalasan (kiamat).''
SUBHANALLAH💕
KAMU SEDANG MEMBACA
🥀🌷kata Kata Muslimah 🥀🌷
AcakAku harap kalian suka ya sama kata"ini dan ya kalo ada yang salah kata atau apa kasih tau insya'Allah nanti di perbaiki sama aku ya