bagian 50

15 4 0
                                    

WAKTU SHOLAT TAHAJUD YANG TERBAIK

بسم الله الرحمن الرحيم

sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”
(QS. Al-Isra’:79)

Shalat di waktu malam hanya dapat disebut shalat tahajud dengan syarat apabila dilakukan sesudah tidur malam,sekalipun hanya tidur sebentar. Jadi, apabila dilakukan tanpa tidur sebelumnya , maka ini bukan shalat tahajud,tetapi shalat-shalat sunnah saja seperti witir dan sebagainya.
Waktu pelaksanaan shalat Tahajud:

Sepertiga pertama : jam 19.00 – 22.00 (utama)

Sepertiga kedua : jam 22.00 – 01.00 (lebih utama)

Sepertiga ketiga : jam 1 sampai masuk waktu subuh, adalah waktu yang paling utama.

Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ ,
“Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”
Rasulullah ﷺ menjawab,
“Tengah malam terakhir, maka shalatlah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)”
(HR. Abu Daud).

“Dari Jabir berkata, bahwa Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, itu berlangsung setiap malam,” (HR. Muslim).

Dengan demikian, kita ketahui bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan shalat tahajud adalah di 1/3 malam terakhir menjelang subuh. Maka laksanakanlah shalat tahajud di waktu tersebut, semoga Allah menyehatkan badan kita dan menyegarkan pikiran kita serta mengabulkan segala hajat hidup kita, dan mengangkat kita ke tempat orang-orang shaleh yang dekat dengan-Nya.

Maka Jangan sia-siakan malammu hanya dengan tidur,
bangunlah sesaat untuk menjalankan shalat tahajjud,
Menangislah kepada Yang Maha Kuasa di malam hari yang paling gelap
di saat orang lain sedang tertidur nyenyak.
Tangkap malam dengan keheningan di dalam hati,
dengan iman yang tulus kepada Sang Ilahi Raabby,
dan lakukan shalat seolah ini adalah malam terakhir bagimu.

Sahabat hijrah 🥀🍂

🥀🌷kata Kata Muslimah 🥀🌷Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang