4

337 14 9
                                    

"Anak-anak, kita kedatangan dua murid baru. Silahkan perkenalkan diri kalian."

"Hai. Gue Sean Anthony, panggil aja Sean."

"Hai semuanya. Gue Deva Kristanto. Panggil aja Deva. Bagi yang cewe jangan liatin gue mulu, gue tau kok gue ganteng. Jangan kelamaan liatnya nanti naksir."

"Huuuuuuu"

Hari ini nasib gue apes banget. Masa gue sekelas sama dua cowo brengsek itu? Eh cuma Deva deh yang brengsek. Sean mah baik, ganteng lagi. Deva narsis banget sumpah. Masa dia bilang diri sendiri ganteng? Geli gue.

"Oke, kalo mau kenalan lebih lanjut nanti waktu istirahat aja ya. Sekarang kita mulai pelajarannya. Hari ini kita ada ulangan."

"Loh bu, gabisa dong! Kok mendadak gitu? Ah ibu mah." Kata Audrey.

"Kan saya sudah bilang di awal semester kalau kalian harus siap kalau ada ulangan dadakan."

"Kalo nilai saya jelek gimana bu?" tanya Audrey lagi.

"Ya itu resiko kamu. Ayo tasnya taruh di depan!"

Gue perhatiin, mukanya Deva santai-santai aja. Dari tampangnya sih dia bego. Teori gue, orang ganteng pasti bego. Kalo pinter, pasti dia ga ganteng. Nah Deva kan ganteng, berarti dia ga pinter. Setau gue, anak-anak pinter itu biasanya jelek. Eh kok gue malah merhatiin Deva. Mending gue mikirin ulangan, mampus, gue belom belajar. Ya bodoamat lah, kerjain aja sebisa gue.

                       =Gaudette=

"Ish mobil gue pake mogok segala elah."

"Yahh terus gimana dong Bel? Gue pulang naik apa?"

"Nah gue juga lagi bingung. Gimana kalo kita naik angkot aja?"

Belum sempat Audrey menjawab, terdengar suara klakson mobil dari arah belakang. Sontak, gue dan Audrey langsung nengok ke belakang. Itu salah satu ciri makhluk hidup : dapat menerima dan mereaksi rangsang. Eh kok malah jadi IPA ya.

"Lo pada ga pulang?" tanya seseorang dari dalam mobil yang ternyata adalah Sean.

"Maunya sih pulang, tapi mobil gue mogok." jawab gue.

"Mau nebeng gue ga?"

"Boleh boleh!" jawab Audrey semangat.

"Yaudah lo sama Audrey aja ya, gue naik angkot. Lagian ngerepotin lo juga, ga enak gue."

"Yaudah, bye Mabel!" kata Audrey.

"Eh, yakin lo mau naik angkot? Ikut gue aja lagi. Ga ngerepotin kok."

"Gausah gapapa. Nanti lo bolak balik."

"Yaudah gue anterin Audrey dulu ya, bye."

Gue ga ngomong apa-apa, cuma melambaikan tangan gue. Gue berjalan menyusuri trotoar buat nyari angkot. Ga lama, angkot jurusan ke rumah gue lewat. Gue naikin dah tuh angkot.

                          =Gaudette=

"Audrey, temenin gue ke perpus dong, gue mau nyari referensi buat B.Indo nih, belom bikin gue."

"Aduh sorry banget Bel, bukannya apa-apa nih, cuma gue harus pulang. Hari ini pembokat gue pulang kampung dan gue harus ngurusin ade gue, jadi gue harus cepet-cepet pulang. Sorry banget bel."

"Oh yaudah gapapa kok. Bye drey."

"Bye!"

Ah malesin banget dah, gaada temen. Padahal kalo jam-jam segini tuh perpus lagi sepi-sepinya. Malah kadang gaada orang. Jadi ga enak kalo diliatin mulu sama penjaga perpus. Lagian, gue jadi nginget sesuatu. Coba aja ada yang bisa nemenin gue. Yaudahlah terpaksa, daripada tugas gue ga kelar-kelar. Gue langsung ke perpus begitu si Audrey keluar.

Gue masuk ke dalam perpus, aroma buku masuk ke dalam hidung gue. Udah lama gue ga nyium aroma kaya gini. Sesuai dengan tebakan gue, perpusnya kosong. Memang, akhir-akhir ini minat membaca murid-murid di sekolah gue menurun, termasuk gue. Dulu waktu kelas 10 gue sering banget ke perpus, tiap hari malah. Soalnya.. dulu ada yang nemenin gue. Dia selalu bisa ngertiin gue, nemenin gue disaat gue terpuruk. Dia selalu ada disaat gue butuhin dia. Tapi, sekarang dia udah gaada buat gue. Ya, orang itu Ferdi. Selama 2 tahun terakhir ini, itulah alasannya gue gamau ke perpus. Gue cuma ke perpus jarang-jarang, itupun ada yang nemenin. Gue menarik nafas panjang. Gue memantapkan langkah gue dan masuk ke dalam perpustakaan.

Gue berjalan menuju rak-rak buku. Gue nyari di bagian biografi. Enaknya siapa ya yang bisa gue jadiin buat referensi. Hmm, Chairil Anwar aja kali ya. Gue nyari-nyari buku tentang Chairil Anwar. Sebenernya gue paling males nyari-nyari buku di perpus. Ribet. Kadang malah buku yang gue cari ga ketemu-ketemu. Dan kali ini terulang lagi. Buku tentang Chairil Anwar ga gue temuin. Putus asa, cieilah gitu doang putus asa lol, gue duduk di kursi yang nyaman di perpus. Gue jadi kangen saat-saat dulu gue pas masih kelas 10.

-flashback-

Ferdi dan Amabel memasuki ruangan perpustakaan. Aroma dari buku-buku yang tertata rapi menyeruak ke dalam indra penciuman mereka. Mereka menuju rak buku kesukaan mereka, novel sains fiction.

"Lo suka buku ini Bel?"

"Iya Fer. Gue suka banget."

"Wah kesukaan kita sama. Nanti lo main ke rumah gue aja, gue punya banyak koleksi novel ginian."

"Wahh hebat lo." ucap Amabel dengan tatapan kagum.

"Duduk situ yuk!" ajak Ferdi setelah mereka mengambil novel favorit mereka.

Amabel hanya mengangguk mengikuti Ferdi dari belakang.

Mereka duduk bersebelahan, sambil membahas isi novel tersebut dengan ceria. Senyum tersungging di kedua pipi mereka. Kebahagiaan terpancar dari wajah mereka.

-flashback end-

Duh kok gue malah nge-flashback. Jujur, sampe sekarang gue masih sedih. Gue masih ngerasain sakit karena cinta. Gue.. gue butuh seseorang yang bisa dampingin gue disaat senang maupun susah. Tapi gue gamau lagi terjerat dalam cinta, cinta yang menyakitkan.

Tiba-tiba gue denger ada suara buku yang jatuh. Siapa ya? Perasaan cuma gue yang ada disini. Pas gue liat, ternyata itu buku biografi Chairil Anwar. Wih, pas banget. Gue mengambil buku itu, siapapun lo, makasih ya. Gue kayanya senyum dengan sendirinya deh. Disini gaada siapa-siapa, tapi gue malah senyum senyum sendiri. Ah, mungkin gue udah mulai gila.

GaudetteTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang