(5)

5K 226 9
                                    


Malem itu gue kembali aktif masak setelah sepekan lebih rehat, kayak biasa sehabis salat magrib anak kosan udah pada kumpul balkon lantai 3 buat makan malem bareng. Udah kayak anjing telantar liat tulang pas gue bawa panci sop daging sapi yang baru matang dari dapur, trus taruh di tengah mereka yang duduk melingkar di balkon.

Setelah semua hidangan udah tersaji hangat dengan kepulan asap beraroma rempah khas masakan rumahan, mereka pun segera berebut ambil bagian selepas ridwan selesai pimpin doa makan.

Kurang dari setengah jam, semua hidangan di wajan dan panci ludes. Cuman ada sisihan ampas bongkol kunyit serta potongan tulang ikan yang berserak di pinggir piring makan mereka.

Saling bersendawa dengan tampang puas sambil mengelus perut kenyang mereka. Saat itulah ridwan berdeham coba meminta sejenak perhatian mereka.

“Oke, guys. Malam ini, saya ingin berbagi kabar bahagia ke kalian semua,” ungkap ridwan dengan intonasi stabil dan jarak teratur seakan semua udah tersusun rapi dalam kepala. “Saya sudah memutuskan akan melamar isal dalam waktu dekat ini. Tapi,” sambung ridwan menggantung sambil lirik gue yang segera berestafet kata bareng dia.

“Kami butuh seorang wali untuk menjadi saksi dalam prosesi ijab-kabul kami. Adakah di antara kalian yang bersedia?” pinta gue sambil memandang mereka dengan sorot penuh harap.

Serempak, mereka bertukar pandang satu sama lain. Kentara sekali kalo mereka enggan membantu kami.

“Sori nih, sal. Bukan maksud gue nggak solider, tapi beneran. Gue nggak bisa bantu,” kata cowok penghuni kamar sebelah gue. “Jatah cuti tahunan gue udah abis kepake buat pesta kawinan beruntun sepupu gue kemarin. Gilak, mereka kawin udah kayak balapan aja. Nggak ada yang mau ketinggalan. Masa, seminggu liburan abis cuman buat kondangan doang?”

Sementara yang lain kompak mengangguk. “Gue pun nggak bisa kalo cuti dadakan gini. Bulan ini aja gue udah seminggu absen karena alami kecelakaan. Bahkan gue mesti ambil lemburan biar bisa kejar target bulanan.”

Bahu gue kian merosot lesu seiring penolakan sopan mereka. “Jadi, kalian beneran nggak bisa meski cuman sehari? Kalian bisa dateng pas hari akad nikah aja,” bujuk gue masih gigih mengambil hati mereka.

Sejenak mereka memandang muka mengiba gue dengan raut bimbang. Tapi kemudian, menggeleng pelan.

“Soal biaya akomodasi biar kami berdua yang urus. Kalian tinggal dateng aja,” sambung gue sambil tatap mata mereka bergiliran searah jarum jam.

“Gue mungkin bisa,” sela cowok penghuni seberang kamar gue. Secercah harapan kembali terbit di hati gue. “Tapi apakah cukup bolak-balik dari jakarta ke kampung lo ditempuh dalam kurun waktu seharian? Belom lagi masalah macet yang udah jadi langganan setia setiap ruas jalan utama di ibu kota.”

Sependar binar asa segera melesap dari sorot mata gue. “Ta-tapi, lo masih bisa na—”

Ucapan itu menggantung hampa di udara kala jemari ridwan genggam dan remas lembut tangan gue, trus geleng kepala pelan ketika gue menoleh ke dia. “Cukup, sal. Jangan paksa mereka.”

Gue buang napas gusar sambil kedik bahu, trus mengangguk paham. “Yeah, oke.”

“Yak, terima kasih atas perhatian kalian semua dan maaf sudah menganggu waktu luang kalian,” tutup ridwan sambil beralih menatap mereka dengan raut penuh sesal. “Selamat beristirahat dan semoga malam kalian menyenangkan.”

Setelah acara makan malam bubar, ridwan bantu gue beresin tumpukan piring kotor ke dapur. Peluk gue dari belakang pas gue lagi sibuk bilas piring setelah gue gosok pake busa sabun di bawah kucuran air keran wastafel.

“Cepet keriput lho kalo sering ngambekan,” kata ridwan sambil senderin kepala ke pundak gue, trus elus pipi gue dengan usapan kasar brewok tipis di rahang dia.

Gue dorong kepala ridwan mundur pake kedikan bahu kasar. “Kenapa tadi kamu nggak bantu aku?”

“Percuma aja. Sampe mulut berbusa pun, mereka tetep bakalan menolak bujukan kita,” sahut ridwan sambil putar badan gue hadap ke dia. “Aku nggak mau kamu sampe ngemis ke mereka cuma karena masalah sepele.”

Gue dengus sama sikap mengampangkan ridwan. “Kita bisa batal nikah kalo nggak ada wali kamu.”

“Kata siapa nggak ada?” tanya ridwan dengan senyum jail.

Gue kontan mengerang sambil putar bola mata. “Oh, jangan lagi.”

“Kita nggak punya pilihan, sal. Kita udah kehabisan waktu,” bujuk ridwan sambil tangkup pipi gue, trus bungkukin punggung agak rendah biar kepala dia sejajar sama gue. “Cuma mereka harapan kita.”

Gue masih belom bisa terima. Dani pasti bakalan berulah buat hancurin hari bahagia gue sebagai aksi balas dendam ke gue karena udah rebut ridwan dari dia. Kalo aja dulu gue nggak mengusir ridwan dari kosan, dani pasti nggak bakalan ada di antara kami sekarang.

“Mereka udah sepakat mau bantu dan kita bakal berangkat besok pagi,” sambung ridwan bikin gue keperangah.

“Sejak kapan aku setuju sama rencana kamu?”

Ridwan cubit gemas pipi kembung gue. “Keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak. Jadi, aku menang.”

“Jelas menang; mereka sekutumu,” sindir gue sambil raih kain lap, trus keringin tangan.

“Oke, ayo kita tidur biar besok nggak telat bangun,” ajak ridwan sambil gandeng tangan gue. “Kenapa, sal?” tanya ridwan pas gue tetap bergeming di depan wastafel cuci piring.

Gue segera dongak tatap ridwan sambil pasang muka nelangsa. “Capeeek.”

Spontan, ridwan angkat badan gue ala bride style.

“Ish ... bukan bopong, kutil. Tapi gendong,” protes gue sambil cubit hidung bangir ridwan.

Ridwan tergelak. “Sesekali biar romantis. Sekalian ajang latihan biar nggak kagok nanti pas di malem pertama kita.”

Btw, gue sama ridwan udah sepakat nggak bakal ngewe sebelom kita menikah. Meski gue udah nggak virgin dan ridwan pun jelas pembobol ulung karena dia udah beberapa kali pacaran sebelum sama si perek tania. Tapi baru gue pacar cowok pertama dia.

Yah meski bukan lobang belakang (anus) gue yang pertama bisa menelan dan menikmati batang kontol ridwan karena udah keduluan sama si muka dua. Siapa lagi kalo bukan si dani.

Dengan bantuan alarm ponsel, gue bangun tepat jam empat pagi. Setelah mandi gue salat subuh di masjid bareng ridwan dan segera kemasin barang begitu sampe ke kosan. Karena cuman bawa barang bawaan dikit. Tiga setel baju ganti sama peralatan mandi karena emang cuman bentaran kita bakal menginap di rumah bokap gue.

“Wan?” panggil gue pas jalan turun ke lantai dasar bareng ridwan yang gendong ransel ukuran besar. “Dani bakalan ikut kita nggak?”

“Ikut.”

Gue kontan mendengus sebal. “Kok diajak, sih?”

“Kasihan kalo ditinggal sendirian di rumah,” jawab ridwan tanpa beban sambil tengok ke arah gue yang jalan di belakang dia. “Lagian aku sama dani udah nggak ada hubungan. Cuman temenan aja, oke?”

“Dani udah gede kali. Dia nggak bakal mati kelaparan atau gosong kesetrum lobang stop kontak meski berada di rumah sendirian selama sebulan. Tanpa pengawasan,” debat gue rada curiga sama sikap peduli ridwan. “Lagian kenapa sih, kamu masih peduli sama dia?”

“Yah, karena masih ada utang budi?” tanya ridwan sambil kedik bahu. “Jadi bikin aku sulit bersikap kasar tanpa alasan jelas ke dia.”

“Bela aja terus,” sungut gue sambil berderap turun lewatin ridwan. “Aku nggak apa, kok.”

To be continue >>>

Gelora Cinta saat Mudik Lebaran 3 [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang